Begini Cara Mengubah Alamat Di Kartu NPWP DI 2024

Bagaimana Cara Mengubah Alamat di Kartu NPWP? Berikut Ini Adalah Ulasan Dari Bloghrd.com!

Alamat merupakan salah satu informasi penting dalam Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di Indonesia.

NPWP adalah identifikasi pajak yang diperlukan oleh setiap Wajib Pajak (WP), baik individu maupun perusahaan, untuk menjalankan kewajiban perpajakan mereka.

Namun, terkadang WP perlu mengubah atau mengganti alamat yang tertera di Kartu NPWP mereka.

Artikel ini akan membahas cara-cara untuk mengubah alamat di Kartu NPWP, baik melalui proses online maupun offline.

1. Mengubah Alamat Kartu NPWP Melalui Online

Dalam era digital, banyak layanan perpajakan dapat diakses secara online, termasuk mengubah alamat di Kartu NPWP.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah alamat NPWP secara online:

a. Mengisi Formulir Perubahan Data WP pada Aplikasi e-Registration:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses website resmi DJP (Direktorat Jenderal Pajak) di www.pajak.go.id.
  • Setelah masuk ke website, cari dan akses aplikasi e-Registration.
  • Di dalam aplikasi e-Registration, Anda akan menemukan formulir perubahan data WP. Isi formulir ini dengan informasi yang benar sesuai dengan perubahan alamat Anda.

b. Mengirimkan Dokumen yang Disyaratkan ke KPP Lama:

  • Setelah mengisi formulir perubahan data WP, langkah selanjutnya adalah mengirimkan dokumen yang disyaratkan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) lama Anda.
  • Dokumen ini biasanya berupa salinan digital (softcopy) dokumen yang menunjukkan perubahan alamat Anda. Anda dapat mengunggah dokumen-dokumen ini melalui Aplikasi e-Registration atau mengirimkannya melalui Surat Pengiriman Dokumen yang telah ditandatangani.
BACA JUGA :  ​Seperti Ini Berakhirnya Rezim Kerahasiaan Perbankan

c. Penanganan Permohonan Mengubah Alamat NPWP:

  • Permohonan pemindahan secara elektronik akan diproses oleh KPP lama Anda. Namun, jika dokumen yang disyaratkan belum diterima oleh KPP dalam 14 hari kerja setelah permohonan, permohonan tersebut dianggap tidak diajukan.
  • Jika permohonan diterima dan dokumen lengkap, KPP lama akan mengeluarkan Surat Pindah dan Surat Pencabutan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) yang akan disampaikan kepada Anda.

d. Penerbitan Kartu NPWP Baru:

  • Setelah Surat Pindah dan Surat Pencabutan SKT diterbitkan oleh KPP lama, KPP baru akan menerbitkan Kartu NPWP baru dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) yang mencantumkan alamat yang baru sesuai permohonan Anda.

2. Mengubah Alamat Kartu NPWP Melalui KPP

Selain melalui proses online, Anda juga dapat mengubah alamat Kartu NPWP dengan mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) secara langsung.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah alamat Kartu NPWP melalui KPP:

a. Permohonan Secara Tertulis:

  • Pengajuan permohonan perubahan alamat ini dilakukan secara tertulis. Anda harus mengisi dan menandatangani Formulir Pemindahan Wajib Pajak yang disediakan oleh KPP.

b. Melengkapi Dokumen-dokumen yang Disyaratkan:

  • Selain formulir pemindahan, Anda juga harus melengkapi dokumen-dokumen yang disyaratkan oleh KPP. Dokumen ini biasanya mencakup bukti perubahan alamat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

c. Penyampaian Permohonan:

  • Anda dapat menyampaikan permohonan secara langsung ke KPP lama Anda.
  • Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan permohonan melalui Kantor Pelayanan, Pos, atau perusahaan jasa ekspedisi atau jasa kurir.

d. Bukti Penerimaan Surat:

  • KPP lama akan memberikan Bukti Penerimaan Surat jika permohonan Anda dinyatakan lengkap.

e. Keputusan dari KPP Lama:

  • Berdasarkan permohonan Anda, KPP lama akan memberikan keputusan dalam waktu paling lama 5 hari kerja setelah Bukti Penerimaan Surat diterbitkan.
  • Jika permohonan diterima, KPP lama akan menerbitkan Surat Pindah dan Surat Pencabutan SKT yang akan disampaikan kepada Anda. KPP baru akan menerbitkan Kartu NPWP baru sesuai dengan perubahan alamat Anda.
  • Jika permohonan ditolak, KPP akan menerbitkan Surat Pemberitahuan Tidak Dapat Dipindah yang akan disampaikan kepada Anda.
BACA JUGA :  NOP: Pengertian dan Cara Menemukannya Jika Hilang

Dengan mengetahui cara mengubah alamat di Kartu NPWP, Anda dapat memastikan bahwa informasi perpajakan Anda tetap terkini sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Penting untuk selalu mematuhi kewajiban perpajakan dan memastikan bahwa semua perubahan data WP dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Dengan begitu, Anda dapat menjalankan kewajiban perpajakan Anda dengan baik dan terhindar dari potensi sanksi perpajakan.

Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com