Para Penerjemah Rata-Rata Puas Dengan Gajinya - bloghrd.com



Anda mungkin belum atau kurang mengenal profesi penerjemah karena di sekitar Anda jarang terdengar berita mengenai keberadaan seorang penerjemah. Akan tetapi, beberapa tahun belakangan, bidang penerjemahan mulai memperoleh keberhasilan yang besar di seluruh dunia, saat ini pun mulai banyak asosiasi/perkumpulan penerjemah termasuk Indonesia salah satunya. Apa yang menyebabkan nama profesi penerjemah bisa begitu melejit akhir-akhir ini? . Hal ini dikarenakan meningkatnya permintaan dalam program pertukaran antar budaya.
Penerjemah sering didefinisikan sebagai pekerjaan yang menerjemahkan dokumen asli dari satu bahasa ke bahasa lain dengan tetap menjaga keaslian isi dari teks/dokumen yang diterjemahkan. Penerjemah sendiri terbagi 2 yaitu penerjemah tulisan (translator) yang hanya menerjemahkan tulisan/ teks dalam suatu dokumen.
Dan satu lagi yaitu penerjemah lisan (interpreter) yang menerjemahkan secara lisan. Karena dilakukan secara lisan, penerjemah lisan biasanya lebih memerlukan banyak konsentrasi dan keahlian bahasa yang akan diterjemahkan. Mengapa begitu? Karena waktu untuk menerjemahkannya sangatlah pendek, penerjemah lisan mendengar perkataan dari sumber, disaat yang bersamaan pula mereka memproses terjemahannya dalam kepala mereka setelah itu mengatakannya kepada orang yang membutuhkan terjemahan. Karena itu biasanya gaji penerjemah lisan jauh lebih besar dibanding gaji penerjemah tulisan.
Lalu berapa kira-kira bayaran yang bisa didapat oleh seorang penerjemah, baik gaji penerjemah lisan maupun tulisan?
Berikut adalah tabel gaji/bayaran rata-rata per bulan yang didapat oleh penerjemah berdasarkan Survei Bloghrd.com.
Gaji Kotor rata-rata per bulan dilihat dari jenis pekerjaan dan tahun pengalaman

Jenis Pekerjaan Tahun Pengalaman
Tidak ada pengalaman (dalam Rupiah) Kurang dari 5 tahun (dalam Rupiah) 5 – 10 tahun (dalam Rupiah) Lebih dari 10 tahun (dalam Rupiah)
Penerjemah 5.578.592 5.691.287 -6.116.908 6.546.538–7.091.780 < 7.381.201
BACA JUGA :  Gaji Upah Pekerja Perawatan Anak

Gaji Bersih rata-rata per bulan dilihat dari jenis pekerjaan dan tahun pengalaman

Jenis Pekerjaan Tahun Pengalaman
Tidak ada pengalaman (dalam Rupiah) Kurang dari 5 tahun (dalam Rupiah) 5 – 10 tahun (dalam Rupiah) Lebih dari 10 tahun (dalam Rupiah)
Penerjemah 4.660.132 4.754.273 -5.360.428 5.468.716 -5.924.189 < 6.165.960

*catatan: hasil gaji berdasarkan tingkat pendidikan S1, lama pengalaman kerja dan berlaku bagi pekerja di perusahaan non asing. Paparan gaji di atas merupakan hasil dari data survei gaji yang telah Bloghrd.com lakukan selama 2 tahun ini.
Informasi lain yang kami ketahui mengenai profesi Penerjemah :

  • Usia rata-rata orang-orang yang menjalankan pekerjaan ini adalah 32
  • Jam kerja rata-rata dalam seminggu bagi orang-orang yang menjalankan pekerjaan ini adalah 37 jam/minggu
  • 50% responden Survei Gaji yang berprofesi sebagai penerjemah mengaku bahwa mereka puas terhadap pekerjaan dan gaji mereka. 50% sisanya netral.
  • 71% responden Survei Gaji yang berprofesi sebagai penerjemah adalah laki-laki, sisanya perempuan.
  • Asosiasi penerjemah rata-rata mempunyai anggota dibawah 50 orang penerjemah.

Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam menentukan karir Anda. Jangan lupa untuk berbagi informasi gaji kepada teman-teman yang membutuhkannya dengan mengisi Survei Gaji. Kami tunggu partisipasinya
Sumber:
Bloghrd.com. Survei Gaji
 
Berapa gaji Kamu ? Silakan isi di Survei Gaji
 



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com