Apakah Loker PT Melia Sehat Sejahtera Penipuan?

Menurut Investigasi, PT Melia Sehat Sejahtera: MLM dan Bisnis Syariah Adalah Bisnis Real Multi Level Marketing, Bukan Penipuan.

Dalam dunia bisnis yang beragam, salah satu bentuk perusahaan yang populer adalah PT atau Perseroan Terbatas. PT adalah entitas hukum yang dikenal dengan modal sahamnya, dan bisnis seperti PT. Melia Sehat Sejahtera adalah contoh yang menarik. PT. Melia Sehat Sejahtera adalah perusahaan yang mengadopsi sistem kerja Multi Level Marketing (MLM), di mana pemasaran produknya melibatkan sejumlah anggota atau yang sering disebut sebagai “member.” Dalam model ini, seorang member bukan hanya konsumen, tetapi juga berfungsi sebagai pemasar dan distributor produk.

Apakah Loker PT Melia Sehat Sejahtera Penipuan?

PT. Melia Sehat Sejahtera adalah contoh bisnis syariah di mana pekerjaan agen atau distributor, dalam terminologi fiqh Islam, disebut akad ji’ᾱlah. Ini adalah jenis transaksi yang melibatkan pemanfaatan jasa orang lain dengan memberikan imbalan. Bagi individu yang tergabung dalam PT ini, bonus diberikan jika mereka berhasil menjual produk dan merekrut member baru, sesuai dengan ketentuan perusahaan yang telah ditetapkan.

Perusahaan ini memiliki produk unggulan, salah satunya adalah Melia Propolis, sebuah suplemen komersil yang terbuat dari getah alami yang dihasilkan oleh lebah madu saat membuat sarang. Produk ini adalah salah satu yang diunggulkan oleh PT MSS.

Pendiri dan Prestasi PT Melia Sehat Sejahtera

Perusahaan ini adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang Multi Level Marketing (MLM), dengan salah satu pemimpinnya adalah Sukur H Nababan, seorang tokoh yang telah meraih “Golden Personality Award” dari Kantor Berita Politik RMOL. Sukur Henry Nababan, S.T., lahir pada tanggal 14 Oktober 1968, dan saat ini juga menjabat sebagai anggota DPR-RI selama tiga periode (2009–2014, 2014–2019, dan 2019–2024).

PT Melia Sehat Sejahtera dikenal dengan lima pilar inti, termasuk profil perusahaan, dokumen legalitas, rangkaian produk, dan sistem pemasaran yang dimilikinya. Bahkan, komunitas MSS (Melia Sehat Sejahtera) ini telah ada sejak tahun 2003 dan berhasil mendapatkan penghargaan Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) selama dua tahun berturut-turut.

Menghindari Jerat Penipuan Berkedok Investasi

Marketing Plan dan Sistem Bonus

Dalam praktik MLM di PT. Melia Sehat Sejahtera, terdapat beberapa tahap yang harus dilalui agar seseorang dapat menjadi member. Setelah melalui serangkaian proses dan tahapan, para member yang terpilih akan mencari member baru. Semakin banyak member yang berhasil dijaring, semakin besar potensi untuk mendapatkan bonus. Dalam sistem ini, bonus akan didapatkan berdasarkan jumlah member yang berhasil direkrut, dan perusahaan akan memberikan imbalan sesuai dengan kontribusi mereka dalam menjalankan bisnis.

Untuk memaksimalkan peluang mendapatkan bonus dari PT. MSS, Anda dapat menggunakan sistem jaringan yang membangun dua tim yang dikenal sebagai sistem binary. Perusahaan ini menawarkan berbagai macam bonus yang dapat diperoleh oleh para member sebagai insentif untuk memperluas jaringan mereka dan menjual produk perusahaan.

Penipuan Berkedok Lowongan Kerja Di PT Melia Sehat Sejahtera: Waspada!

Terlepas dari potensi peluang bisnis yang ditawarkan oleh PT MSS, penting untuk selalu berhati-hati dalam mencari pekerjaan atau peluang bisnis lainnya. Ada beberapa tanda yang harus Anda waspadai saat menerima tawaran yang terlihat mencurigakan:

  1. Tidak menyebutkan posisi pekerjaan: Tawaran kerja yang sebenarnya akan mencantumkan posisi pekerjaan yang jelas. Hindari tawaran yang tidak menyebutkan pekerjaan yang ditawarkan.
  2. Menawarkan gaji yang tidak masuk akal: Jika gaji yang ditawarkan terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk pekerjaan tertentu, itu bisa menjadi tanda bahaya. Lakukan riset tentang standar gaji di industri tersebut.
  3. Meminta sejumlah uang kepada kandidat: Tidak ada alasan sah untuk meminta uang dari calon karyawan sebagai bagian dari proses perekrutan. Ini adalah tanda pasti penipuan.
  4. Menggunakan bahasa tidak formal: Tawaran pekerjaan yang asli akan menggunakan bahasa formal dan profesional. Jika tawaran tersebut menggunakan bahasa yang tidak pantas atau tidak formal, waspadailah.
  5. Persyaratan terlalu mudah: Jika tawaran tersebut terlalu mudah untuk menjadi kenyataan, seperti janji gaji besar tanpa pengalaman, ini bisa menjadi tanda penipuan.
BACA JUGA :  Gaji Upah Pejabat Pembuat Peraturan Perundang-Undangan

Ingatlah untuk selalu menjalani pemeriksaan menyeluruh tentang perusahaan atau peluang bisnis sebelum mengambil keputusan. PT. Melia Sehat Sejahtera adalah perusahaan yang sah, tetapi penipuan yang mengatasnamakan perusahaan dapat terjadi. Keamanan dan kewaspadaan adalah kunci dalam menjalani proses perekrutan atau berbisnis dengan aman.

Tambahan: Sharing Pengalaman Di Prospek Melia Sehat Sejahtera (MSS) Dari Kaskuser

Pertama2 ane mengucapkan sama Thread Kaskus ini: Kelakuan MLM Melia Sehat Sejahtera dan Trit2 tentang busuknya MSS lainnya,Berkat dia ane berhasil keluar dari jeratan2 nyari downline2 apalah itu dan batal buat gadai iPhone.

Akhirnya,ada juga yang angkat MSS ini ke Kaskus,awalnya ane kira MSS ini adalah usaha yang bener. Ternyata eh ternyata,MSS ini adalah MLM juga (Kalo kata temen Ane sih bukan) dan yang lebih bikin Ane kaget lagi,setelah Ane liat Thread ini ternyata MSS adalah penipu luar biasa,bualan mimpi dan janji2 manisnya memang bisa menghipnotis Ane,padahal ane udah berharap Kalo ikut ini bisa bayar utang nyokap sama beli Gadget baru. Tapi terima kasih Kaskus,sudah menyadarkan ane untuk (akhirnya) tidak ikut MLM laknat ini.

Disini gue mau Sharing pengalaman masuk ke MSS terus diceramahin sama Leader-nya. Jadi begini,dua bulan yang lalu Ane baca status BBM temen sekolah (STM) Ane,isi status-nya “ada yang mau penghasilan 100-300 ribu perhari ? PING Me ya” setelah Ane baca status itu,Ane bereaksi pengen dong. Sekarang logika aja sih,siapa sih yang gak mau duit ratusan ribu perhari,apalagi dengan duit perhari gitu Kalo di kumpulin bisa buat bayar utang nyokap Ane.

Nah,terus Ane BBM dah tuh temen sekolah Ane,singkatnya Ane mau tuh ikut doi,tapi setelah Ane tanya apaan pekerjaannya ? Doi jawab Kalo cuma ngasih informasi aja,terus gue tanya informasi apaan dulu nih dan temen Ane jawab ya ngasih informasi ke orang2 gitu,informasi tentang obat2an. Disini Ane udah ngira Kalo ini pasti MLM,tapi pas Ane tanya MLM doi jawab bukan dan Ane disuruh untuk pergi kesana besok di jalan Minangkabau No. 58,Manggarai.

Sebenernya sih Ane tau Kalo itu MLM,tapi karena gak enak udah ditawarin sama temen,ya udah Ane ikutin aja tuh kemauan doi. Sekalian Ane mau masukin lamaran di bursa lowongan kerja di Ruko Cempaka Mas,besoknya Ane pergi dah kesana dengan berbekal lamaran,kartu TransJakarta sama duit 60 ribu,tapi yang 50 ribu di taro di Kaos kaki. Sampe di Manggarai,Ane cari2 dah itu tempat dan gak ketemu2,sampe jalan ke Pasar Rumput,Ane BBM lagi tuh temen Ane dimana lokasi tempatnya dan doi jawab di sebelah universitas Muhammadiyah,udah langsung Ane kesana dan mampir dulu ke alfamidi buat beli air minum,dan temen ane udah nunggu di depan pintu masuk tempat itu,setelah Ane liat nama tempatnya yaitu Melia Sehat Sejahtera.

Hati udah mulai gak enak berpikir mau diapain nih Ane di dalem tempat ini,pas masuk ke dalam kantornya Ane liat orang2 lagi pada duduk kayak di kantin gitu,awalnya Ane kira itu kantin. Ternyata itu tempat untuk mem-prospek kita.

Ternyata temen Ane itu member MSS. Ane duduklah disana sambil mengeluarkan kepolosan sambil ngomong ke temen Ane “butuh lamaran gak nih” terus die jawab “Udeh taro aja lamaran lo,soalnya gak perlu” nah,Abis itu temen Ane ngobrol bareng sama perempuan sekitar 26-27 tahun,entah apa yang diobrolin,2 menit kemudian temen Ane duduk bareng sama ane dan bilang “itu yang nanti bakalan ngobrol sama lo,ngajarin lo tentang beginian (kerja di MSS maksudnya)” Ane mah iya2 aja dah.

Dan gak lama perempuan itu duduk bareng Ane sama temen Ane. Pertama doi nanya nama sama umur Ane,Ane jawablah. Terus doi ngomong salam dahsyat,Ane ketawa kecil tuh,doi ngomong salam dahsyat kayak yang di RCTI itu. Singkatnya doi ngejelasin sesuatu yang sama sekali gue gak ngerti pake ada segala piramida2 apalah gitu,gue sih iya iya aja sok ngerti dan akhirnya gue tambah yakin Kalo ini MLM.

Setelah si perempuan ini ngejelasin semua kurang lebih sejam (Ane dateng jam 11 dan berakhir jam 12). Perempuan ini ngomong “udah jelas belom ?” Ane cuma jawab “laper mbak,belom makan dari pagi” dan Ane ngajak temen Ane yang member MSS itu buat ngajak makan. Yang Ane tangkep dari kata2 mbak itu adalah penghasilan ratusan ribu sampe jutaan perhari dan si mbak ini udah ikut MSS selama setahun tapi kalo dilihat2 kok hape masih BB Gemini,gue berpikir mungkin ada hape lainnya di tas,tapi pas si mbak ini keluarin isi tasnya gak ada hape lain,ya minimal Samsung-lah,gue jad bertanya dalam hati. Kok kerja ikut MSS setahun belom bisa beli hape bagus sih ?

Setelah itu,temen ane ngomong kalo si mbak itu asalnya dari lampung dan kerjanya di pemda,sekarang dia keluar ikut MSS untuk menghidupi keluarganya,udah seminggu dia di Jakarta,rela keluar dari kantor pemda lampung cuma buat ikut beginian doang. Nah,karena perut ane udah laper banget,langsung ane paksa temen ane buat makan,lumayan kan dibayarin. pas mau ke pintu keluar temen ane ngomong katanya nanti bakalan ketemu sama Motivator yang udah bikin gue tertarik masuk sini,ane mah diemin aja karena laper,setelah itu kita berdua makan soto di depan Kampus Muhammadiyah.

Setelah kita makan,ane ditemuinlah sama Motivator temen ane itu namanya Edu,kalo ane liat tampilan si Edu ini kayak mau jalan2,santai banget. Kalo ane liat di trit2 tentang MSS,yang udah jadi leader itu pake jas sama dasi,tapi dia pake baju kerah sama celana pendek. kata temen ane itu sih selain Motivator doi juga leader. Nah,disinilah perbincangan ane sama si Edu dimulai.

Pertama dia (Edu) nanya nama sama umur ane,abis itu dia nanya pernah kerja dimana terus di bagian apa sama kontrak kelar kapan. Udah kayak orang di-interview di suatu perusahaan,ane jawab aja semua beserta kontrak kerja ane,ane bilang aja udah selesai dari bulan maret kemarin,si Edu ini nanya sambil maen hape ya gue mah cuek bebek juga,gue duduk juga sedikit serampangan,kaki taro di atas paha pokoknya nyantai banget dah,terus dia balik ngomong kalo dia juga abis nganggur sekitar bulan februari,si Edu ini kerja di Grapari Telkomsel (lupa di bagian apa),dia nganggur karena pengen keluar dan gabung di MSS,karena bisa merubah hidupnya,ane mah iya2 aja.

Terus dia nanya gaji Terakhir ane,ane jawab aja 2,4 juta. Terus dia nanya lagi,berapa ongkos-makan-jajan sama pulsa ane sebulan ?? Dalam hati ane,buset dah nih orang,kepo amat dah sampe sedetail itu nanyanya. Ya ane jawab,sebulan itu kepake cuma sedikit buat ongkos-makan-pulsa sama jajan,karena rumah ane (Cempaka Putih) sama tempat kerja ane deket (ane kerja di Cipaganti Cempaka Mas),terus dia bilang kalo ane hemat banget,gue jawab aja iya.

Buktinya ane bisa beli iPhone 4S dalam waktu sebulan hanya dari uang THR+Gaji+Jual Nokia Lumia,itu juga masih ada sisanya. terus dia ngomong,itu sisanya kemana ?? Kenapa gak ikut ke MSS aja. ane jawab aja,lah,udah abislah bang buat keperluan sehari2,buat beli makanan kucing di rumah dan lain2. terus ane dibilang sombonglah karena kerjaan gitu aja (ane kerja jadi General Affair),gak ngerti juga dibilang sombong dan juga karena duduk gue yang sok juga dibilang kayak orang sombong,dalam hati ane ya suka2 gue-lah,kenapa ente yang ngatur.

Di kerjaan dia (Edu) sebelumnya katanya pernah ngomelin HRD sama Manajer-nya,dan dia bilang itu kerjaan paling rendah yang pernah dia kerjakan. mendingan kerjaan begini (MSS),uang tinggal masuk rekening,gak perlu capek2 pokoknya banyaklah yang dia omongin ke ane. Pusing euy.

Setelah itu,datanglah bapak2 (katanya sih Habib) dan dia mulai lagi ngejelasin cara kerja di MSS,sampe2 itu bagan piramida di keluarin lagi. ane mah ngangguk2 aja,sekalian dia tunjukkin sms dari MSS kalo si Habib ini dapet ratusan ribu-jutaan perhari-nya,disini ane sempet kagum dan akhirnya tertarik,tertarik belum tentu buat join. musti dipikir2 dulu dan ngomong sama orang tua.

Setelah si Habib pergi,si Edu ngomong kalo kerja disini enak dan nyuruh ane buat join,terus dia liat hape iPhone 4S ane dan bilang jual aja itu hape,dalam hati ane… Buset dah dijual,kagak dah,ane sayang sama iphone 4s ini. terus dia nawarin diri buat beli hape ane,dari 2 juta sampe 3 juta tetep ane tolak,kata dia kalo lo jual ini hape dan masuk sini,dalam dua minggu lo udah bisa beli hape iPhone 5S. ane mikir dan selama ane mikir,si Edu aja hape-nya Asus,kenapa gak iPhone ?

Temen ane yang member pun hape-nya masih Sony Xperia (lupa tipenya). terus temen ane bilang bulan depan (Desember) mau beli mobil dan bakalan keluar dari kerjaannya yang sekarang (temen ane kerja di daerah Sarinah,lupa namanya). Karena ane gak mau kehilangan iPhone 4S ane bilang aja digadai,dan dia setuju. disini ane kayak dihipnotis.

skip… skip… skip… dia (Edu) bilang kalo udah kegadai balik lagi ya dan dia janjian sama ane hari Jumat (ane dateng ke MSS hari Rabu),setelah itu ane pulang bareng temen ane itu naik motor. dan motor temen ane itu Honda Blade,harusnya sih kalo udah sebulan gitu apalagi dapet mingguannya juga bisa beli yang lebih bagus lagi dong. akhirnya ane diturunin di pertigaan jalan Minangkabau,dan ane pulang naik busway sementara temen ane lanjut ke tempat kerjaannya. Oh iya,kata si Edu itu kalo ane bisa bayar uang pendaftarannya dulu 30 ribu,ane bilang aja gak punya duit,ini aja cuma bawa duit 10 ribu sama kartu transjakarta. padahal ane punya duit 50 ribu di kaos kaki.

Setelah sampe rumah,ane ceritain semua sama nyokap tentang ini dan bodohnya ane,ane gak pergi ke tempat bursa lowongan kerja itu,kan lumayan bisa masukin lamaran. Setelah ane ceritain itu semua,nyokap ane cuma ngomong: “Itu mah MLM,mendingan gak usah. apalagi dimas gak bisa ngomong/presentasi” ane terdiam sejenak dan nyokap ane ngomong lagi: “dimas,pekerjaan itu gak ada yang instan. cuma diem doang terus dapet duit,gak ada itu. kalo mau dapet duit banyak ya usaha,kerja keras,berdoa sama sholat”

Hari jumat,ane di bbm sama temen ane itu. doi bilang jadi gak dateng,terus ane bilang gak jadi,soalnya ada urusan keluarga (bohong). terus ane dikasihlah pin bbm si Edu,setelah ane di Acc,doi nanya jadi dateng gak hari ini,ane bilang lagi gak bisa dateng karena urusan keluarga dan dia gak bales lagi,singkatnya temen ane sama si Edu itu terus2an buat jadi gak join ? karena kesel ane diemin aja itu bbm. sampe kurang lebih satu minggu gak ada tawaran lagi buat join ke MSS,sebenernya ane lagi usahain buat gadai iphone,tapi entah kenapa rasa sayang ane ke iPhone sama kata2 emak ane ini kuat banget. akhirnya ane batal buat gadai itu iphone dan gak jadi join MSS apalagi setelah liat Trit di atas tadi.

Tiga hari yang lalu ane bbm temen ane,basa basi nanya kerjaan dan ternyata temen ane itu masih kerja di tempat kerjanya yang sekarang,pas ane tanya katanya mau keluar kerjaan di akhir tahun,dia gak jawab. pas ane nanya masih join di MSS,dia bilang masih dan tetep ngajak ane ikut,ane bilang aja gak jadi dan ane kasih dah trit2 tentang jeleknya MSS. dia jawab kalo itu cuma persaingan bisnis aja sama black campaign atau apalah itu. tapi pas ane bilang kalo MSS itu udah sampe nipu Presiden SBY sama Jokowi,die gak bales bbm ane lagi.

POKOKNYA SALAM BANGSYAAAATTT….. EH LANGSYAAAATTT…. EH DAHSYIIITTTTT….. EH MASKUDNYA DAHSYAAAATTTTT….

Ada yang berkenan buat berbagi tentang MLM MSS ini. Yang udah kena,yang nyaris kena sama mantan member MSS.

Tambahan: Ane heran sama member MSS itu,kok dia bisa2nya menghina pekerjaan orang lain ? Dibilang rendahlah,kacung bos-lah,macem2 yang jelek pokoknya. Dan yang lebih mencengangkan lagi pas si Edu ngomong kalo ada anak kelas 4 SD ikut MSS dari hasil minjem duit orang tuanya… Buset dah. satu lagi,temen ane beruntung masih punya kerjaan jadi bisa bayar utang pinjem temen2 sama sodara2nya dari gaji bulanannya itu,soalnya temen ane itu ngambil 7 paket yang harganya (dibuletin) 4,5 juta.

Dapet mobil,dapet pesawat jet,dapet kapal pesiar…. HAHAHAHAHAHA BULSIT BROO… Janji palsu

Kalo ane ikut paket,otomatis dapet propolis sama Biyang (biyang kerok) terus ane pake ke orang tua ane,kalo orang tua ane kenapa2,emang mereka mau tanggung jawab ??

Mendingan kerjaan yang bener ajalah,gaji bulanan ada tunjangan kesehatannya,THR sama bonus lainnya.

Kata temen ane,artis juga banyak masuk MSS…. Gue mikir,ngapain artis segala ikut MLM kayak begitu,kan penghasilan dia udah gede sebagai artis. mau boongin ane ternyata. (sumber)

Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!

BACA JUGA :  Gaji Upah Pemrogram Aplikasi


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com