Suka Minum Teh Hijau? Ini Dia Manfaatnya Bagi Kesehatan - bloghrd.com

Apakah Anda suka minum teh hijau? Teh hijau memang dianggap sebagai salah satu minuman sehat di dunia yang berasal dari tanaman Camellia Sinensis. Jenis teh ini minim proses dan memiliki kandungan yang tinggi, seperti antioksidan dan polifenol. Antioksidan dan polifenol dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain menangkal radikal bebas, mencegah kanker, dan anti peradangan.

Jenis teh ini dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tentu saja, setiap orang melakukan berbagai cara agar bisa tetap bugar dan sehat dalam beraktivitas, salah satu caranya dengan rutin meminum teh hijau setiap harinya. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, teh hijau juga memiliki dampak positif bagi kecantikan. Tak heran, banyak orang yang memanfaatkan peluang ini sebagai ladang bisnis.

Asal-Usul Teh Hijau 

Ternyata, teh hijau memiliki asal-usul yang menarik untuk ditelusuri lho. Sejarah dari teh hijau ini bermulai dari Negara Cina yang sudah menggunakannya sebagai pengobatan sejak 4.000 tahun silam. Saat ini, para peneliti nutrisi pun sudah menemukan berbagai manfaat yang dimiliki teh hijau bagi kesehatan tubuh.

Pada tahun 1994, sebuah jurnal yang diterbitkan secara khusus untuk kalangan ahli kanker menyebutkan bahwa teh hijau yang dikonsumsi rutin oleh masyarakat Cina membuat mereka minim risiko mengidap kanker. Belakangan ini, ada bukti baru bahwa meminum teh rutin juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah serta menyeimbangkannya. Wah, banyak sekali manfaatnya!

Sejarah bangsa Cina menyebutkan bahwa teh hijau sudah digunakan sebagai minuman sejak tahun 2000 tahun sebelum Masehi, tepatnya pada zaman dinasti Kaisar Shen Nung. Di Indonesia sendiri, tanaman teh hijau pertama dibawa serta dikembangkan oleh penjajah Belanda dan diekspor ke negara tersebut. Sejak itulah, penanaman teh terus dikembangkan dan diperluas.

BACA JUGA :  Workflow Management System: Pengertian dan Manfaat

Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan 

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan. Apa sajakah?

Menurunkan Kolesterol 

Apakah Anda memiliki masalah dengan kadar kolesterol tinggi? Jika iya, teh hijau bisa menjadi alternatif yang tepat. Menurut sebuah riset yang dilakukan di Western University of Health Sciences, California, teh hijau adalah minuman yang efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL). Tercatat, mengkonsumsi 10 cangkir teh hijau per harinya dapat menurunkan kadar kolesterol dengan optimal.

Menurunkan Berat Badan 

Tahukah Anda bahwa ternyata teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan lho! Walaupun sejatinya teh ini tidak benar-benar menurunkan berat badan, tapi dapat menggantikan peran minuman manis yang biasa Anda konsumsi. Minuman manis, seperti soft drink atau minuman kaleng mengandung kalori dan gula yang tinggi.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya mulailah untuk mengurangi minum minuman manis tersebut, terlebih jika Anda sedang menjalankan program diet. Sebaiknya, ganti minuman Anda dengan teh hijau karena mengandung kalori yang rendah dan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Meningkatkan Daya Ingat

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psycopharmacology pada tahun 2014 silam menunjukkan bahwa teh hijau membantu meningkatkan fungsi kognitif otak manusia, khususnya untuk daya ingat. Selain itu, tim peneliti juga mengungkapkan bahwa teh hijau bisa digunakan untuk pengobatan gangguan kognitif yang berkaitan dengan gangguan neuropsikiatri, seperti demensia.

Mengurangi Risiko Kematian Akibat Jantung

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of the American Medical Association pada tahun 2006 menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi teh hijau akan membantu mengurangi risiko kematian karena penyakit kardiovaskular. Studi yang dilakukan di Jepang ini berlangsung selama kurang lebih 11 tahun sejak tahun 1994 dan diikuti oleh 40.000 peserta berusia 40 hingga 79 tahun yang memiliki masalah kesehatan pada jantung. Dari studi tersebut ditemukan bahwa peserta yang mengonsumsi setidaknya lima cangkir teh hijau per hari memiliki risiko kematian lebih rendah dibandingkan peserta yang minum kurang dari secangkir teh per harinya.

BACA JUGA :  Belajar dari Bank Sampah dan Cara Pengelolaannya

Mengurangi Risiko Kanker 

National Cancer Institute mengungkapkan bahwa kandungan polifenol yang ada di dalam teh hijau dapat membantu menekan pertumbuhan tumor. Para peneliti percaya bahwa kandungan ini dapat membunuh sel-sel kanker serta menghentikan pertumbuhannya.

Meningkatkan Pembakaran Lemak 

Jika Anda berencana untuk membakar lemak di tubuh lebih banyak, terutama saat berolahraga, sebaiknya minumlah teh hijau. Teh hijau memiliki manfaat untuk membakar jumlah lemak lebih banyak, terutama saat sedang berolahraga. Hal ini dibuktikan dari penelitian bahwa orang yang mengkonsumsi teh hijau sebelum olahraga mampu membakar sektiar 17 persen lemak lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak meminum teh hijau.

Minuman Sehat untuk Diet 

Teh hijau juga bermanfaat untuk membakar lemak dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Di dalam teh hijau terkandung kadar katekin yang dapat membakar lemak tubuh secara optimal sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mendukung program diet Anda.

Mencegah Diabetes

Teh hijau ternyata juga memiliki efek positif terhadap penyakit diabetes. Sebuah riset menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu meningkatkan kinerja insulin dan mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

Menstabilkan Tekanan Darah 

Tahukah Anda? Mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan membuatnya lebih terkontrol lho. Hal ini sangat baik bagi Anda yang memiliki kadar tekanan darah yang rendah.

Manfaat Teh Hijau bagi Kecantikan 

Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata teh hijau juga bagus untuk kecantikan lho. Apa sajakah? Simak ulasannya berikut ini.

Mempercantik Kulit Wajah

Mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat membantu mempercantik kulit wajah. Teh hijau membantu mengeluarkan racun dari kulit, mengurangi peradangan, menyembuhkan noda dan bekas luka, serta meningkatkan elastisitas kulit.

BACA JUGA :  12 Cara Cepat untuk Bangkit dari Kegagalan Usaha

Mengurangi Mata Bengkak dan Lingkaran Hitam 

Antioksidan dan tanin yang terkandung di dalam teh hijau ternyata bermanfaat untuk mengobati mata yang bengkak serta mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Zat alami ini dapat menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di area mata yang dapat mengurangi peradangan serta pembengkakan.

Mengobati Jerawat 

Teh hijau mengandung katekin yang efektif untuk mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan sifat anti bakteri yang dimiliki katekin serta membantu mengatur ketidakseimbangan hormon, dan anti inflamasi yang menjadi pemicu jerawat. Berdasarkan penelitian dalam Journal of Investigate Dermatology pada tahun 2012 silam, Epigallocatechin-3gallate (EGCG) adalah komponen dalam teh hijau yang dapat mengobati jerawat dengan menghambat pertumbuhan bakteri.

Mencegah Penuaan 

Manfaat teh hijau lainnya adalah dapat membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung polifenol yang dapat menetralisir radikal bebas berbahaya yang memicu kerusakan di kulit dan mempercepat proses penuaan.

Dapat Dijadikan Sebagai Toner 

Selain dapat dikonsumsi, ternyata teh hijau juga dapat dimanfaatkan sebagai toner untuk wajah lho. Ya, manfaat teh hijau lainnya untuk kecantikan kulit adalah mengangkat kotoran, mengecilkan pori-pori, serta menghidrasi kulit.

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai teh hijau dan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Banyaknya manfaat yang dimiliki teh hijau tentu menjadikannya sebagai salah satu alternatif minuman yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Anda bisa mengkonsumsi teh hijau minimal satu kali sehari setiap hari untuk mendapatkan efek secara maksimal.


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com