Gaji Upah Pembuat Sepatu dan YBDI - bloghrd.com



Pembuat sepatu dan pekerja yang terlibat dalam pembuatan sepatu memiliki tugas yang penting dalam industri ini. Mereka bertanggung jawab untuk membuat, mengubah, dan memperbaiki ukuran sepatu, kebiasaan, atau alas tulang kaki. Mereka juga terlibat dalam pembuatan barang-barang dari kulit sintetik, seperti tas koper, tas tangan, dan sabuk/ikat pinggang. Namun, mereka tidak terlibat dalam pembuatan pakaian, topi, dan sarung tangan yang terbuat dari kulit. Selain itu, mereka juga berpartisipasi dalam pembuatan berbagai barang yang berhubungan dengan sepatu.

Pembuat sepatu dan pekerja ini memiliki kemampuan untuk menghiasi, memperkuat, atau menyelesaikan sepatu, tas koper, tas tangan, dan sabuk/ikat pinggang. Mereka terampil dalam mengolah bahan-bahan alami atau sintetik menjadi produk yang berkualitas. Dalam hal ini, mereka berperan penting dalam menciptakan sepatu dan barang-barang aksesoris yang estetis dan fungsional.

Dalam hal pendidikan, mayoritas pembuat sepatu dan pekerja yang terlibat dalam pembuatan sepatu memiliki tingkat pendidikan semi-terampil. Mereka memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan dan pengalaman kerja di industri ini. Meskipun tidak memerlukan pendidikan tinggi, mereka harus memiliki pemahaman yang baik tentang bahan-bahan, teknik pembuatan, dan proses produksi yang berkaitan dengan pembuatan sepatu.

Bagi mereka yang bekerja sebagai pembuat sepatu dan pekerja yang terlibat dalam pembuatan sepatu, gaji adalah salah satu hal yang penting. Menurut data terbaru, mayoritas dari mereka mendapatkan gaji antara IDR2,711,476 dan IDR4,491,912 per bulan pada tahun 2023. Ini adalah jumlah yang cukup menguntungkan, mengingat tingkat pendidikan yang diperlukan untuk pekerjaan ini.

BACA JUGA :  Gaji Upah Guru Sekolah Dasar

Bagi mereka yang baru memulai karir sebagai pembuat sepatu dan pekerja yang terlibat dalam pembuatan sepatu, upah bulanan rata-rata berkisar antara IDR2,711,476 hingga IDR3,652,120. Ini adalah angka yang bisa diharapkan untuk pemula yang masih belajar dan mengembangkan keterampilan mereka di industri ini.

Namun, setelah memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun, pendapatan mereka akan meningkat. Pada saat itu, mereka dapat mengharapkan pendapatan antara IDR2,984,818 dan IDR3,973,218 per bulan. Ini menunjukkan bahwa pengalaman dan keterampilan yang diperoleh dari bertahun-tahun bekerja di industri ini berdampak positif pada gaji yang diterima.

Dalam keseluruhan, pekerjaan sebagai pembuat sepatu dan pekerja yang terlibat dalam pembuatan sepatu adalah pekerjaan yang membutuhkan keterampilan dan pengetahuan khusus. Meskipun tidak memerlukan pendidikan tinggi, mereka harus memiliki pemahaman yang baik tentang proses pembuatan sepatu dan barang-barang aksesoris terkait. Dalam hal gaji, mereka dapat mengharapkan pendapatan yang layak, terutama setelah memiliki pengalaman kerja yang cukup. Oleh karena itu, pekerjaan ini dapat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang tertarik dalam industri pembuatan sepatu.



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com