Gaji Upah Buruh Angkat Barang - bloghrd.com



Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai tugas dan tanggung jawab seorang pemegang muatan. Pekerjaan ini meliputi berbagai aktivitas seperti membungkus, memuat, dan membongkar muatan perabot/perkakas serta barang-barang rumahtangga lainnya. Selain itu, pemegang muatan juga bertanggung jawab dalam proses memuat dan membongkar muatan kapal dan pesawat kargo, termasuk muatan lainnya. Mereka juga memiliki peran dalam membawa dan menumpuk barang-barang di berbagai macam gudang penyimpanan barang di Indonesia.

Untuk dapat melaksanakan tugas mereka dengan baik, seorang pemegang muatan tidak memerlukan tingkat pendidikan yang tinggi. Mereka dapat bekerja dengan baik meskipun hanya memiliki tingkat pendidikan tidak terampil.

Namun, walaupun tingkat pendidikan mereka rendah, gaji yang diterima oleh mayoritas buruh angkat barang tergolong cukup lumayan. Pada tahun 2023, mayoritas buruh angkat barang mendapatkan gaji antara IDR2,801,088 hingga IDR4,605,071 per bulan. Gaji ini dapat menjadi motivasi bagi mereka untuk tetap bekerja keras dalam melaksanakan tugas mereka sehari-hari.

Bagi mereka yang masih berada pada level pemula, upah bulanan yang diterima berkisar antara IDR2,801,088 hingga IDR4,194,250. Ini merupakan gaji awal yang dapat mereka peroleh ketika baru memulai karir sebagai pemegang muatan. Namun, seiring dengan bertambahnya pengalaman kerja selama 5 tahun, pendapatan mereka akan meningkat dan berada di kisaran antara IDR2,960,530 hingga IDR4,263,287 per bulan. Hal ini menunjukkan bahwa pengalaman kerja dapat berpengaruh terhadap tingkat gaji yang diterima oleh seorang pemegang muatan.

Melihat data mengenai gaji mereka, dapat disimpulkan bahwa profesi sebagai pemegang muatan tidaklah sepele. Meskipun hanya membutuhkan tingkat pendidikan yang rendah, mereka memiliki tanggung jawab yang penting dalam proses pengangkutan dan penataan barang. Selain itu, gaji yang diterima juga cukup menggiurkan, terutama bagi mereka yang telah memiliki pengalaman kerja yang cukup.

BACA JUGA :  Gaji Upah Ahli Teknik Sipil

Dalam melakukan tugas mereka, seorang pemegang muatan harus memperhatikan keamanan dan keselamatan dalam memuat dan membongkar barang. Mereka harus mengikuti prosedur yang telah ditentukan agar tidak terjadi kecelakaan atau kerusakan pada barang yang diangkut. Ketelitian dan ketepatan waktu juga menjadi hal yang penting dalam pekerjaan ini, mengingat pemegang muatan sering kali bekerja di bawah tekanan waktu.

Secara keseluruhan, pekerjaan sebagai pemegang muatan merupakan pekerjaan yang tidak bisa dianggap remeh. Meskipun hanya membutuhkan tingkat pendidikan yang rendah, mereka memiliki peran yang penting dalam proses pengangkutan dan penataan barang. Gaji yang diterima juga cukup menggiurkan, terutama bagi mereka yang telah memiliki pengalaman kerja yang cukup. Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki minat dan kemampuan dalam melakukan tugas tersebut, profesi sebagai pemegang muatan dapat menjadi pilihan yang menjanjikan.



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com