Gaji Upah Pekerja Bawah Air - bloghrd.com



Penyelam yang bekerja di bawah permukaan air memiliki tugas yang beragam dan penting. Mereka menggunakan alat pernafasan khusus untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti memeriksa, memasang, dan memindahkan alat perlengkapan dan struktur di dalam air. Selain itu, mereka juga melakukan pengujian atau percobaan, menggunakan alat peledak jika diperlukan, dan melakukan pemotretan atau pengamatan kehidupan dalam air. Tidak hanya itu, penyelam juga memiliki tanggung jawab untuk menemukan dan mendapatkan kembali barang-barang yang hilang maupun orang-orang yang membutuhkan pertolongan di dalam air.

Untuk menjadi penyelam bawah air, tingkat pendidikan yang dibutuhkan adalah semi-terampil. Hal ini menunjukkan bahwa pekerjaan sebagai penyelam bawah air membutuhkan keterampilan khusus dan pengetahuan yang tidak bisa diperoleh hanya melalui pendidikan biasa. Seorang penyelam bawah air harus menguasai teknik-teknik khusus dalam menggunakan alat-alat pernafasan dan melakukan kegiatan di bawah permukaan air dengan aman.

Selain keterampilan dan pengetahuan, gaji juga menjadi hal yang penting bagi seorang penyelam bawah air. Menurut data yang ada, mayoritas penyelam bawah air di Indonesia mendapatkan gaji antara IDR2,677,098 dan IDR4,299,510 per bulan pada tahun 2023. Gaji ini bisa bervariasi tergantung pada pengalaman dan tingkat keahlian seorang penyelam.

Bagi penyelam bawah air pemula, gaji bulanan mereka berkisar antara IDR2,677,098 hingga IDR3,864,326. Hal ini menunjukkan bahwa sebagai pemula, gaji yang diterima masih di bawah rata-rata. Namun, seiring dengan pengalaman kerja yang bertambah, pendapatan seorang penyelam bawah air akan meningkat. Setelah memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun, pendapatan mereka diperkirakan akan berada di antara IDR2,879,343 dan IDR4,081,048 per bulan.

BACA JUGA :  Gaji Upah Pengajar Pendidikan Kejuruan

Dengan gaji yang cukup menggiurkan, menjadi penyelam bawah air bukanlah pekerjaan yang bisa dianggap remeh. Selain itu, tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang penyelam bawah air juga menuntut keahlian dan ketekunan yang tinggi. Oleh karena itu, tingkat pendidikan semi-terampil menjadi syarat utama untuk menjadi penyelam bawah air yang sukses.

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang penyelam bawah air juga harus memperhatikan faktor keselamatan. Kegiatan di bawah air memiliki risiko yang tinggi, seperti tekanan air yang besar, kegelapan, dan kemungkinan terjebak di dalam struktur atau alat peralatan di dalam air. Oleh karena itu, seorang penyelam harus selalu mematuhi prosedur keselamatan yang telah ditetapkan dan menggunakan alat-alat pelindung diri yang sesuai.

Dalam kesimpulan, menjadi penyelam bawah air adalah pekerjaan yang menarik namun juga menuntut keterampilan dan ketekunan yang tinggi. Tingkat pendidikan semi-terampil menjadi syarat utama untuk menjadi penyelam bawah air yang sukses. Selain itu, gaji yang diterima oleh seorang penyelam bawah air juga cukup menggiurkan, terutama setelah memiliki pengalaman kerja yang cukup. Namun, dalam melaksanakan tugasnya, seorang penyelam harus selalu memperhatikan faktor keselamatan agar dapat menjalankan pekerjaannya dengan aman dan efektif.



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com