Pentingnya Ikut HR Training dan Manfaat Yang Didapatkan - bloghrd.com

Sumber daya manusia merupakan sumber daya yang paling menentukan maju atau tidaknya perusahaan. Secanggih apapun teknologi yang dimiliki dan sebanyak apapun modal yang dimiliki apabila tidak dikerjakan oleh orang-orang yang berkompetensi dan bermotivasi tinggi, sulit bagi suatu perusahaan untuk dapat berkembang dengan optimal. Hal inilah yang menjadi latar belakang ramainya ada HR training.

Karena di sisi lain, sumber daya manusia juga adalah aspek yang sulit untuk dikelola, karena memiliki daya pikir dan karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu penting bagi para pengusaha atau manager untuk memahami ilmu manajemen sumber daya manusia agar dapat mengelola sumber daya manusia di perusahaan dengan efektif dan efisien.

Yang menjadi tantangan tersendiri adalah, saat ini, tidak semua tenaga yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia memiliki latar belakang keilmuan dari manajemen sumber daya manusia atau psikologi.

Beberapa dari mereka dibutuhkan juga dari latar belakang ilmu hukum dan juga akuntansi karena bagian personalia sangat terkait dengan pembuatan produk hukum (perjanjian dan peraturan perundang-undangan seperti UU Ketenagakerjaan) serta masalah penggajian dan pajak. Anda harus mengusahakan agar orang-orang di bagian personalia apapun latar belakang ilmunya, dapat memiliki setidaknya pengetahuan dasar di bidang manajemen sumber daya manusia, hukum dan juga akuntansi.

Manfaat Mengikuti HR Training

Untuk itu penting bagi Anda untuk membuat atau mengirimkan tenaga personalia perusahaan Anda pada human resources training. Urgensi HR training tersebut adalah agar tenaga personalia memiliki pengetahuan dasar untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

Rekrutmen untuk Mendapatkan Calon Pegawai Terbaik

Salah satu tugas bagian personalia yang paling krusial adalah melakukan rekrutmen pegawai. Saat proses rekrutmen, bagian personalia menjadi ujung tombak bagi perusahaan untuk bisa mendapatkan pegawai terbaik yang sesuai dengan perusahaan. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kemajuan sebuah perusahaan sangat bergantung pada sumber daya manusia di dalamnya.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa para tenaga personalia memahami strategi rekrutmen (best practice) yang dapat perusahaan Anda gunakan. Sehingga strategi tersebut sesuai dengan kultur perusahaan dan tujuan jangka pendek-menengah-panjang.

HR Training dapat membantu para tenaga personalia untuk mengevaluasi sistem rekrutmen yang sudah perusahaan jalankan selama ini. Selain mengevaluasi, tentunya diharapkan melalui HR Training para tenaga personalia mendapatkan insight baru dan juga action plan yang dapat diterapkan di perusahaan.

Menyusun Sistem Peningkatan Kompetensi Pegawai

HR training dapat membantu tenaga personalia untuk mengetahui bagaimana cara yang paling tepat untuk memenuhi gap competency yang dimiliki oleh pegawai agar dapat menjalankan pekerjaannya dengan baik.

Dalam hal ini, tenaga personalia harus menguasai berbagai opsi, seperti penyusunan/ perencanaan pelatihan, atau menggunakan metode coaching di tempat kerja, atau dengan cara yang lain. Diharapkan melalui HR training, tenaga personalia dapat memilih opsi yang paling efisien dalam hal dana dan waktu, sekaligus efektif mampu meningkatkan kompetensi pegawai.

Menyusun Sistem Penilaian Kinerja yang Adil yang Memotivasi

Sistem penilaian kinerja yang adil dan memotivasi alam hal ini adalah sistem yang memungkinkan adanya pemberian target kinerja yang sesuai dengan jabatan dan posisi pegawai. Dimana target kinerja ini ditetapkan dan disepakati antara pegawai dan atasannya, serta mengalami evaluasi secara berkala. Agar sistem penilaian kinerja dapat memotivasi pegawai untuk memberikan kinerja terbaiknya, biasanya sistem ini terkait langung dengan rewards berupa insentif.

Mengetahui Informasi Terbaru terkait Dunia HR

HR training juga kerap mengundang para expertise sebagai narasumber yang dapat menjelaskan, atau bahkan memprediksi isu-isu ketenagakerjaan. Misalkan saja, bagaimana perkembangan teknologi dan pengaruhnya pada perusahaan.

Pengetahuan ini tentu akan membuat perusahaan memiliki informasi untuk mampu mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi. Hal-hal terkait dengan wawasan dari luar inilah yang kadang sulit didapatkan dari belajar secara otodidak. Hal ini terutama penting untuk jenjang manajer ke atas, tidak melulu dari bagian personalia karena memahami sumber daya manusia bukanlah area khusus bagia personalia. Mengikuti HR training bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan wawasan yang bagus.

BACA JUGA :  UMP/UMK Banten

Sarana Berbagi Kasus dan Pengalaman

Dalam HR training yang baik, yang diikuti oleh peserta yang terseleksi, sharing knowledge tidak hanya terjadi searah, dari pengajar ke peserta. Melainkan juga anta peserta. Para peserta bisa bercerita tentang kasus dan pengalaman yang terjadi di perusahaannya, sehingga para peserta dapat saling belajar dan mendiskusikan solusi terbaik berdasarkan berbagai pengalaman yang telah didengarkan.

Brainstorming dan diskusi seperti ini juga bermanfaat untuk meningkatkan motivasi tenaga personalia untuk terus berkembang serta beradaptasi dalam menyelesaikan isu-isu dan tantangan sumber daya manusia yang terjadi di dalam perusahaannya.

Tingkatan HR training sendiri bermacam-macam. Ada yang dasar namun, jika diperlukan Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengambil atau memfsilitasi tenaga personalia Anda dengan sertifikasi di bidang Human resources sebagai berikut:

Beberapa Contoh Sertifikasi Human Resources dan Penjelasan Lengkapnya

Setidaknya, saat ini ada tiga jenis sertifikasi yang dikenal dalam dunia manajemen sumber daya manusia.

Tentu saja masing-masing sertifikasi memiliki kekhususannya masing-masing. Berikut adalah ketiga jenis sertifikasi huan resources serta rincian kompetensi yang ada di alamnya:

Certified Professional in Human Resources Management (CPHRM): Membangun Keunggulan Profesionalisme dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Pendahuluan

Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks dan dinamis, manajemen sumber daya manusia (SDM) memiliki peran yang sangat krusial dalam mencapai kesuksesan organisasi. Keberhasilan suatu perusahaan tidak hanya ditentukan oleh produk atau layanan yang ditawarkan, tetapi juga oleh kemampuan dalam mengelola, mengembangkan, dan memotivasi SDM-nya. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Certified Professional in Human Resources Management (CPHRM) adalah sertifikat yang memberikan fondasi yang kuat dalam bidang manajemen SDM.

Mengenal Certified Professional in Human Resources Management (CPHRM)

CPHRM merupakan salah satu sertifikat yang diakui secara internasional dalam bidang manajemen SDM. Sertifikat ini dirancang untuk membekali para profesional dengan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan untuk sukses dalam peran manajemen SDM. Dalam mengikuti program CPHRM, peserta akan diperkenalkan pada berbagai aspek penting dalam manajemen SDM yang mencakup:

1. Strategic Human Resources Management

Dalam modul ini, peserta akan memahami bagaimana mengintegrasikan fungsi SDM dengan tujuan bisnis strategis perusahaan. Konsep-konsep seperti perencanaan strategis SDM dan pengembangan strategi SDM untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan akan dibahas secara mendalam.

2. HR Planning, Recruitment & Selection

Mengelola SDM dimulai dari tahap perencanaan, perekrutan, dan seleksi yang efektif. Peserta akan mempelajari metode-metode untuk merencanakan kebutuhan SDM, strategi perekrutan yang tepat, serta teknik seleksi yang akurat.

3. Organization Development, CBHRM & Organization Culture

Pemahaman tentang pengembangan organisasi, manajemen perubahan, dan pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja SDM adalah fokus dari modul ini. Peserta akan belajar bagaimana membangun budaya kerja yang positif dan produktif.

4. Learning & Development

Modul ini membahas pentingnya pengembangan karyawan melalui pelatihan dan pengembangan. Peserta akan mengerti bagaimana merancang program pelatihan yang relevan dan efektif dalam meningkatkan keterampilan dan kompetensi karyawan.

5. Talent Management

Manajemen bakat dan potensi karyawan menjadi kunci dalam membangun organisasi yang kompetitif. Peserta akan belajar bagaimana mengidentifikasi, mengembangkan, dan mempertahankan bakat-bakat potensial di dalam perusahaan.

6. Career Management

Dalam modul ini, peserta akan memahami bagaimana merancang jalur karir yang jelas dan memberikan kesempatan pengembangan untuk karyawan. Konsep seperti penilaian kinerja dan pengembangan karir akan dibahas secara mendalam.

7. Performance Management

Manajemen kinerja adalah proses yang memastikan karyawan bekerja sesuai dengan target dan standar yang telah ditetapkan. Peserta akan memahami bagaimana merancang sistem manajemen kinerja yang efektif.

8. Total Rewards

Penghargaan kepada karyawan tidak hanya berupa gaji, tetapi juga mencakup insentif, tunjangan, dan fasilitas lainnya. Dalam modul ini, peserta akan mempelajari bagaimana merancang paket penghargaan yang mampu memotivasi dan mempertahankan karyawan.

9. Industrial Relations

Manajemen hubungan industri dan komunikasi yang baik antara pengusaha dan karyawan adalah hal penting dalam mewujudkan lingkungan kerja yang harmonis. Peserta akan belajar tentang peraturan ketenagakerjaan, penyelesaian sengketa, dan negosiasi.

10. HR Services & HR Technology

Dalam era digital, teknologi memiliki peran penting dalam manajemen SDM. Modul ini membahas penerapan teknologi dalam layanan SDM seperti sistem manajemen informasi SDM (HRIS) dan pengelolaan data karyawan.

Manfaat Mengikuti Program CPHRM

Mengikuti program CPHRM memberikan sejumlah manfaat bagi para profesional yang bergerak di bidang manajemen SDM:

BACA JUGA :  Perbedaan UMR dan UMK Serta Serba-Serbi Upah Minimum

1. Meningkatkan Kompetensi

Program CPHRM memberikan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek dalam manajemen SDM. Dengan demikian, peserta akan meningkatkan kompetensinya dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi berbagai program SDM.

2. Meningkatkan Daya Saing

Memiliki sertifikat CPHRM dapat meningkatkan daya saing para profesional dalam dunia kerja. Sertifikat ini merupakan bukti bahwa peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tren dan praktik terbaru dalam manajemen SDM.

3. Menjadi Ahli dalam Bidang Manajemen SDM

Dengan menguasai berbagai konsep, metode, dan praktik terbaik dalam manajemen SDM, peserta CPHRM memiliki kesempatan untuk menjadi ahli dalam bidang ini. Mereka dapat memberikan kontribusi strategis dalam merancang kebijakan dan program SDM yang berdampak pada kesuksesan organisasi.

4. Akses ke Jaringan Profesional

Mengikuti program CPHRM juga membuka akses kepada jaringan profesional yang luas. Peserta dapat berinteraksi dan berbagi pengalaman dengan para profesional SDM dari berbagai industri dan sektor.

Kesimpulan

Certified Professional in Human Resources Management (CPHRM) adalah sertifikat yang memberikan landasan yang kokoh bagi para profesional yang ingin berkarir dalam bidang manajemen SDM. Program ini membekali peserta dengan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan dalam dunia bisnis yang berubah cepat. Dengan mengikuti program CPHRM, para profesional dapat membantu organisasi mencapai keunggulan kompetitif melalui pengelolaan SDM yang efektif, inovatif, dan berorientasi pada hasil.

Human Resources Business Professional (HRBP): Meningkatkan Kinerja Bisnis melalui Manajemen Sumber Daya Manusia

Pendahuluan

Dalam era bisnis yang terus berkembang dan berubah dengan cepat, peran manajemen sumber daya manusia (SDM) semakin mendapatkan perhatian yang lebih besar. Manajemen SDM bukan hanya tentang administrasi atau aspek manusia semata, tetapi juga menjadi mitra strategis dalam mencapai tujuan bisnis. Dalam upaya untuk mengoptimalkan kinerja bisnis melalui pengelolaan SDM, Human Resources Business Professional (HRBP) adalah sertifikat yang memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam menghubungkan fungsi SDM dengan tujuan bisnis secara holistik.

Mengenal Human Resources Business Professional (HRBP)

HRBP merupakan sertifikat yang ditujukan bagi para profesional di bidang SDM yang ingin menjalankan peran yang lebih strategis dalam mendukung keberhasilan bisnis. Sertifikat ini membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengintegrasikan fungsi SDM dengan strategi bisnis yang lebih luas. HRBP memfokuskan pada pemahaman tentang bagaimana manajemen SDM dapat berkontribusi dalam mencapai tujuan dan pertumbuhan organisasi.

Komponen-Komponen HRBP

Sertifikat HRBP terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait untuk mengembangkan pemahaman yang komprehensif tentang peran SDM dalam mendukung bisnis. Berikut adalah komponen-komponen utama dari HRBP:

1. HR Administration

Modul ini membahas aspek administrasi SDM yang meliputi pengelolaan data karyawan, dokumen, perizinan, dan aspek administratif lainnya. Peserta akan mempelajari pentingnya keakuratan dan keamanan data karyawan dalam mendukung pengambilan keputusan yang efektif.

2. Recruitment & Selection

Perekrutan dan seleksi karyawan yang tepat adalah langkah penting dalam membangun tim yang produktif. Peserta akan belajar tentang strategi perekrutan yang efektif, metode seleksi yang akurat, dan bagaimana menjalankan proses yang adil dan transparan.

3. Employee Relations & Communication

Hubungan yang baik antara karyawan dan manajemen memiliki dampak positif pada kinerja dan budaya organisasi. Modul ini membahas bagaimana membangun hubungan yang harmonis, menangani masalah-masalah karyawan, serta berkomunikasi secara efektif.

4. Compensation & Benefits

Paket kompensasi dan tunjangan tidak hanya tentang gaji, tetapi juga termasuk insentif, tunjangan kesehatan, dan aspek lainnya yang memotivasi karyawan. Peserta akan memahami bagaimana merancang paket kompensasi yang sesuai dengan nilai dan kontribusi karyawan.

5. Training & Development

Pengembangan karyawan melalui pelatihan dan pengembangan adalah investasi jangka panjang bagi pertumbuhan organisasi. Dalam modul ini, peserta akan belajar bagaimana merancang program pengembangan yang relevan dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan.

6. Health, Safety & Security

Kesejahteraan dan keselamatan karyawan adalah prioritas utama bagi manajemen SDM. Peserta akan mempelajari bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan mendukung produktivitas.

Manfaat Mengikuti Program HRBP

Mengikuti program HRBP memberikan sejumlah manfaat bagi para profesional yang bergerak di bidang SDM:

1. Memahami Kontribusi SDM terhadap Bisnis

Program HRBP memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana fungsi SDM dapat berkontribusi terhadap pencapaian tujuan bisnis. Peserta akan belajar bagaimana mengintegrasikan kebijakan dan praktik SDM dengan strategi bisnis yang lebih luas.

2. Meningkatkan Kemampuan Strategis

Dengan fokus pada peran strategis SDM, peserta akan meningkatkan kemampuan dalam menganalisis tantangan bisnis, merancang solusi SDM yang relevan, dan mengukur dampaknya terhadap hasil bisnis.

BACA JUGA :  Apakah Surat Keterangan Kerja & Paklaring adalah dokumen yang sama?

3. Memimpin Perubahan

Dalam dunia bisnis yang berubah cepat, manajemen SDM seringkali terlibat dalam proses perubahan. Peserta akan belajar bagaimana menjadi agen perubahan yang efektif dan mendukung adopsi perubahan oleh karyawan.

4. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Penerapan praktik-praktik terbaik dalam SDM dapat meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas karyawan. Dengan menguasai konsep-konsep tersebut, peserta dapat membantu organisasi mencapai tujuan dengan lebih efektif.

5. Mengelola Hubungan Karyawan

Memahami bagaimana membangun hubungan yang positif dengan karyawan dapat meningkatkan loyalitas, keterlibatan, dan kepuasan mereka. Peserta akan belajar bagaimana mengelola hubungan karyawan dengan pendekatan yang proaktif.

Kesimpulan

Human Resources Business Professional (HRBP) adalah sertifikat yang memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang peran strategis manajemen SDM dalam mendukung keberhasilan bisnis. Dengan mengikuti program HRBP, para profesional dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi mitra strategis dalam perencanaan dan pengambilan keputusan bisnis. Program ini tidak hanya membantu peserta mengoptimalkan pengelolaan SDM, tetapi juga mendorong mereka untuk menjadi pemimpin yang berperan aktif dalam mengarahkan organisasi menuju kesuksesan jangka panjang.

Human Resources Management Professional (HRMP): Memimpin Transformasi SDM untuk Keunggulan Bisnis

Pendahuluan

Dalam era bisnis yang dinamis dan terus berkembang, peran manajemen sumber daya manusia (SDM) semakin penting dalam memastikan kesuksesan dan keberlanjutan suatu organisasi. Manajemen SDM tidak lagi hanya tentang administrasi atau aspek manusia semata, tetapi juga tentang bagaimana SDM dapat menjadi katalisator bagi transformasi dan pertumbuhan bisnis. Human Resources Management Professional (HRMP) adalah sertifikat yang memberikan wawasan mendalam tentang peran strategis SDM dalam menghasilkan keunggulan kompetitif dan bisnis yang berkelanjutan.

Memahami Human Resources Management Professional (HRMP)

HRMP adalah sertifikat yang dirancang bagi para profesional di bidang manajemen SDM yang ingin meraih pemahaman yang lebih dalam tentang peran strategis mereka dalam mengarahkan organisasi menuju pencapaian tujuan bisnis. Sertifikat ini berfokus pada bagaimana SDM dapat berfungsi sebagai pemimpin bisnis yang berpengaruh dan memainkan peran penting dalam mendorong transformasi dan pertumbuhan.

Komponen-Komponen Utama HRMP

Sertifikat HRMP terdiri dari komponen-komponen yang berfokus pada aspek-aspek kunci dalam manajemen SDM. Berikut adalah beberapa komponen utama dari HRMP:

1. HR as a Business Leader

Modul ini mengajarkan tentang bagaimana SDM dapat berperan sebagai pemimpin bisnis yang berpengaruh. Peserta akan mempelajari bagaimana menghubungkan strategi SDM dengan tujuan bisnis yang lebih luas, serta bagaimana mempengaruhi pengambilan keputusan strategis.

2. People Development & Talent Management

Pengembangan dan pengelolaan bakat adalah kunci keberhasilan organisasi. Modul ini membahas bagaimana mengidentifikasi, mengembangkan, dan mempertahankan bakat-bakat terbaik dalam organisasi.

3. HR Service Delivery

Pemberian pelayanan SDM yang efektif dan efisien kepada karyawan sangat penting dalam menciptakan pengalaman kerja yang positif. Peserta akan memahami bagaimana merancang dan mengelola layanan SDM yang responsif dan sesuai dengan kebutuhan karyawan.

4. Measurement

Pengukuran adalah landasan bagi pengambilan keputusan yang informasional. Modul ini membahas bagaimana mengukur efektivitas praktik SDM, seperti produktivitas karyawan, keterlibatan, dan dampak pada kinerja bisnis.

Manfaat Mengikuti Program HRMP

Mengikuti program HRMP memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi para profesional SDM:

1. Menjadi Mitra Strategis

Dengan memahami bagaimana SDM dapat berkontribusi pada tujuan bisnis, peserta program HRMP dapat menjadi mitra strategis dalam pengambilan keputusan bisnis. Mereka dapat memberikan wawasan berharga yang mendukung perencanaan dan pelaksanaan strategi bisnis.

2. Mendorong Pertumbuhan Bisnis

Program HRMP membekali peserta dengan keterampilan untuk mengembangkan dan mengelola bakat dalam organisasi. Dengan memiliki tim yang berkualitas, organisasi dapat meraih pertumbuhan yang berkelanjutan dan kompetitif.

3. Memimpin Transformasi Organisasi

Dalam era perubahan yang cepat, peserta program HRMP akan belajar bagaimana menjadi pemimpin transformasi yang efektif. Mereka dapat memainkan peran dalam mengubah budaya, struktur, dan praktik organisasi untuk menghadapi tantangan bisnis.

4. Meningkatkan Pengalaman Karyawan

Dengan memahami kebutuhan dan harapan karyawan, peserta dapat merancang dan menyampaikan layanan SDM yang lebih baik. Ini dapat meningkatkan keterlibatan karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.

5. Mengukur Dampak SDM

Pengukuran adalah kunci dalam mengukur efektivitas dan dampak praktik SDM. Peserta akan belajar bagaimana menggunakan data untuk mengukur kinerja SDM dan menyusun strategi perbaikan yang berdasarkan bukti.

Kesimpulan

Human Resources Management Professional (HRMP) adalah sertifikat yang memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana manajemen SDM dapat memainkan peran yang lebih strategis dalam mencapai tujuan bisnis. Dengan memahami konsep-konsep seperti kepemimpinan bisnis, pengembangan bakat, pemberian layanan SDM yang efektif, dan pengukuran dampak, peserta program HRMP dapat mengoptimalkan peran mereka dalam memimpin transformasi organisasi. Program ini mendorong para profesional SDM untuk berpikir lebih luas dan menerapkan praktik-praktik terbaik dalam mendukung keberhasilan bisnis dan pertumbuhan jangka panjang.


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com