Gaji Upah Juru Tata Usaha Akuntansi dan Pembukuan - bloghrd.com



Juru tulis akuntansi dan tata buku memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keakuratan catatan keuangan suatu perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk menghitung, mengelompokkan, dan mencatat data keuangan dengan menggunakan angka-angka yang akurat. Tugas mereka meliputi melakukan penghitungan rutin, memindahkan data transaksi, dan memeriksa kembali tugas-tugas yang telah dilakukan untuk memastikan kebenaran data keuangan yang digunakan dalam pemeliharaan catatan akuntansi.

Dalam menjalankan tugas mereka, juru tulis akuntansi dan tata buku harus memiliki tingkat pendidikan yang semiterampil. Mereka harus memahami prinsip dasar akuntansi dan memiliki pengetahuan yang baik dalam mengelompokkan dan mencatat data keuangan. Meskipun tingkat pendidikan mereka tidak setinggi tingkat pendidikan yang diperlukan untuk menjadi seorang akuntan profesional, namun kemampuan mereka dalam melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan akuntansi sangatlah penting.

Salah satu hal yang mungkin menjadi pertimbangan bagi mereka yang tertarik untuk bekerja sebagai juru tulis akuntansi dan tata buku adalah gaji yang mereka terima. Menurut data yang ada, mayoritas juru tulis akuntansi dan tata buku di Indonesia mendapatkan gaji antara IDR2,908,249 hingga IDR4,515,488 per bulan pada tahun 2023. Gaji ini dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti pengalaman kerja, tingkat pendidikan, dan lokasi tempat bekerja.

Bagi mereka yang baru memulai karir sebagai juru tulis akuntansi dan tata buku, gaji yang diterima biasanya berada dalam kisaran antara IDR2,908,249 hingga IDR4,710,147 per bulan. Ini adalah gaji untuk level pemula yang belum memiliki pengalaman kerja yang cukup. Namun, seiring dengan bertambahnya pengalaman kerja, gaji mereka juga akan meningkat. Setelah memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun, pendapatan juru tulis akuntansi dan tata buku dapat berada di kisaran antara IDR3,237,475 hingga IDR5,189,964 per bulan.

BACA JUGA :  Pekerja Rumah Tangga

Tentu saja, gaji yang diterima oleh seorang juru tulis akuntansi dan tata buku tidak hanya ditentukan oleh pengalaman kerja. Faktor-faktor lain seperti kualifikasi pendidikan, keahlian khusus, dan tanggung jawab pekerjaan juga dapat mempengaruhi besaran gaji yang diterima. Selain itu, lokasi tempat bekerja juga dapat memengaruhi tingkat gaji. Biasanya, di daerah perkotaan gaji yang diterima akan lebih tinggi dibandingkan dengan daerah pedesaan.

Dalam kesimpulannya, juru tulis akuntansi dan tata buku memiliki peran yang penting dalam pemeliharaan catatan keuangan suatu perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk menghitung, mengelompokkan, dan mencatat data keuangan dengan menggunakan angka-angka yang akurat. Tingkat pendidikan yang diperlukan untuk menjadi juru tulis akuntansi dan tata buku adalah tingkat pendidikan semiterampil. Gaji yang diterima oleh juru tulis akuntansi dan tata buku bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk pengalaman kerja, tingkat pendidikan, dan lokasi tempat bekerja. Mayoritas juru tulis akuntansi dan tata buku di Indonesia mendapatkan gaji antara IDR2,908,249 hingga IDR4,515,488 per bulan pada tahun 2023.



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com