Gaji Upah Juru Tata Usaha Pengarsipan dan Penggandaan - bloghrd.com



Petugas penyalinan dan pengarsipan surat-menyurat, kartu-kartu, faktur-faktur, kwitansi-kwitansi, dan catatan lainnya memiliki tugas yang sangat penting dalam menjaga keberlanjutan dan keteraturan dokumen di suatu instansi atau perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk menempatkan dan memindahkan bahan-bahan dari arsip sesuai dengan kebutuhan serta menjaga kelengkapan dan kerapihan dokumen tersebut.

Dalam melaksanakan tugasnya, petugas penyalinan dan pengarsipan menggunakan pengelompokkan berdasarkan huruf abjad dan susunan menurut angka atau sistem pengarsipan yang telah ditentukan. Dengan adanya pengelompokkan ini, petugas dapat dengan mudah mencari dan menemukan dokumen yang dibutuhkan, sehingga mempercepat proses pencarian dan penggunaan dokumen tersebut.

Selain itu, petugas penyalinan dan pengarsipan juga memiliki tugas untuk mencetak salinan dokumen, memeriksa keakuratan dokumen, serta mengirim dokumen melalui faksimili. Hal ini dilakukan agar dokumen dapat diterima dengan cepat dan tepat oleh pihak yang dituju, sehingga tidak terjadi keterlambatan atau kesalahan dalam proses pengiriman dokumen.

Tingkat pendidikan yang dibutuhkan menjadi petugas penyalinan dan pengarsipan ini adalah tingkat semi-terampil. Dalam menjalankan tugasnya, mereka membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus dalam mengelola dan mengarsipkan dokumen dengan benar. Oleh karena itu, pendidikan yang diperlukan untuk menjadi petugas penyalinan dan pengarsipan adalah tingkat semi-terampil.

Selain tugas-tugas tersebut, gaji yang diterima oleh petugas penyalinan dan pengarsipan juga dapat menjadi pertimbangan bagi mereka yang berminat bekerja dalam bidang ini. Berdasarkan data yang ada, mayoritas petugas penyalinan dan pengarsipan mendapatkan gaji antara IDR2,565,649 dan IDR4,806,612 per bulan di tahun 2023. Gaji ini dapat bervariasi tergantung dari tingkat pengalaman dan kemampuan yang dimiliki oleh petugas.

BACA JUGA :  Jaminan Sosial : Program Yang Ditawarkan Jamsostek

Bagi mereka yang masih pemula, gaji yang diterima berkisar antara IDR2,565,649 hingga IDR4,991,272 per bulan. Namun, setelah memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun, pendapatan petugas penyalinan dan pengarsipan ini akan meningkat menjadi di antara IDR2,873,912 dan IDR5,549,973 per bulan. Hal ini menunjukkan bahwa pengalaman kerja dapat mempengaruhi tingkat gaji yang diterima oleh petugas penyalinan dan pengarsipan.

Dalam mencapai tingkat gaji yang lebih tinggi, petugas penyalinan dan pengarsipan perlu terus mengembangkan kemampuan dan pengetahuannya dalam bidang ini. Mereka dapat mengikuti pelatihan atau kursus yang berkaitan dengan manajemen dokumen dan pengarsipan guna meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya. Dengan demikian, mereka dapat memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi dan kemajuan karir yang lebih baik pula.

Dalam kesimpulan, petugas penyalinan dan pengarsipan memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keberlanjutan dan keteraturan dokumen di suatu instansi atau perusahaan. Mereka memiliki tugas untuk menempatkan dan memindahkan bahan-bahan dari arsip, mencetak salinan dokumen, memeriksa keakuratan dokumen, serta mengirim dokumen melalui faksimili. Tingkat pendidikan yang dibutuhkan untuk menjadi petugas penyalinan dan pengarsipan adalah tingkat semi-terampil. Gaji yang diterima oleh petugas penyalinan dan pengarsipan bervariasi tergantung dari tingkat pengalaman dan kemampuan yang dimiliki oleh petugas. Oleh karena itu, pengalaman kerja dan pengembangan kemampuan menjadi faktor penting dalam mencapai tingkat gaji yang lebih tinggi dan kemajuan karir yang lebih baik.



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com