8 Manfaat Organisasi bagi Kehidupan Sosial Anda

Manfaat organisasi bagi kehidupan sosial anda adalah? Temukan di bloghrd.com disini.

Beroganisasi adalah kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia mengingat manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.

Organisasi pada dasarnya merupakan suatu tempat di mana orang-orang berkumpul, bekerja sama secara rasional, sistematis, terkendali, dan memanfaatkan sumber daya (dana, material, lingkungan, metode, sarana, prasarana, data) yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bersama.

Setiap anggota dalam organisasi memegang peranan dan fungsi masing-masing, dengan begitu dapat dilihat dengan jelas bagaimana struktur dari kerja sama tersebut.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari suatu organisasi?

8 Manfaat Organisasi bagi Kehidupan Sosial Anda

8 Manfaat Organisasi bagi Kehidupan Sosial Anda

Berikut adalah beberapa manfaat organisasi yang bisa diperoleh bagi kehidupan sosial.

Mencapai Tujuan yang Diharapkan Bersama

Terbentuknya suatu organisasi tentu memiliki suatu tujuan yang berkaitan dengan keinginan para anggotanya.

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari berorganisasi adalah tercapainya tujuan tersebut dengan lebih mudah. Mengapa demikian?

Karena dalam sebuah organisasi terdapat struktur pembagian kerja serta struktur tata hubungan kerja bagi setiap anggotanya, sehingga meskipun masing-masing  anggota memiliki peran sendiri-sendiri, akan tetapi satu dengan lainnya saling berkaitan, sehingga proses penyelesaian untuk mencapai tujuan tersebut bisa lebih cepat dan mudah.

Masalah Dapat Terpecahkan

Dalam sebuah organisasi, permasalahan adalah hal yang sangat sering terjadi.

Entah karena perbedaan pendapat atau permasalahan dalam segi fiskal sebuah kelompok.

BACA JUGA :  Jalani Work From Home Seru dengan Melakukan 5 Aktivitas Ini!

Pemecahan dari setiap permasalahan yang ada mengajarkan bagaimana harus bersikap dan menyikapi permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat yang lebih kompleks dan majemuk.

Dengan demikian, setiap anggota organisasi diharapkan mampu untuk menyikapi setiap permasalahan yang timbul.

Baca Juga : Definisi, Jenis, Fungsi Struktur Organisasi Adalah Berikut

Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Dalam sebuah organisasi, tentu para anggotanya harus terus menunjukkan perkembangan.

Hal inilah yang akan membuat anggota sebuah organisasi akan terpacu untuk mengembangkan pola pikir menyesuaikan dengan zaman yang terus berkembang.

Selanjutnya, organisasi yang sedang dijalankan tersebut akan semakin menarik dan secara tidak langsung juga akan menambah pengetahuan serta wawasan untuk setiap anggotanya.

Di dalam organisasi Anda setiap orang dapat menginspirasi dan terinspirasi dari wawasan maupun pengalaman hidup orang lain.

Timbulnya Semangat Kerjasama

Mau tidak mau setiap anggota organisasi dituntut untuk ikut serta dalam setiap hal yang berkaitan dengan organisasi tersebut.

Dan dalam setiap hal yang berkaitan dengan orang banyak tentu tidak dapat dibebankan hanya pada satu orang saja, tetapi dibutuhkan kerjasama dari anggota lainnya.

Dengan demikian, manfaat organisasi lainnya dapat memacu semangat anggota untuk saling bekerja sama agar tujuan yang hendak mereka capai bisa terwujud.

Baca Juga : Peranan Fungsi SDM, MSDM, Manajemen Sumber Daya Manusia

Mengembangkan Kemampuan Public Speaking

 

Bagi sebagian orang, memiliki kemampuan dan keberanian untuk berbicara di depan umum merupakan hal yang tidak mudah, butuh waktu yang lama untuk melatih dirinya agar memiliki kemampuan tersebut.

Organisasi merupakan suatu tempat yang tepat bagi seseorang untuk dapat melatih dan mengembangkan kemampuan serta keberanian seseorang terkait public speaking, seperti menyampaikan pendapat, berpidato, dan lain sebagainya.

BACA JUGA :  5 Cara Mengetahui Tempat Investasi Online Terbaik

Berawal dari mampu berbicara di depan sesama anggota organisasi, harapannya kemampuan ini akan terus berkembang ke lingkungan yang lebih luas.

Melatih Jiwa Kepemimpinan

Ada ungkapan yang menyatakan bahwa “setiap orang dari kamu adalah pemimpin dan kamu bertanggung jawab terhadap kepemimpinan”.

Maksud dari pernyataan tersebut adalah bahwa setiap orang pasti akan menjadi seorang pemimpin, baik itu bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain.

Organisasi merupakan suatu tempat di mana jiwa kepemimpinan dalam diri kita bisa terasah, yaitu dengan mengedepankan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi.

Selain itu, dalam suatu organisasi seseorang diajarkan bagaimana cara mengambil keputusan yang bijak dengan tidak merugikan pihak manapun.

Baca Juga : Bagaimana Kualitas Seorang Pemimpin Yang Baik

Membentuk Emotional Intelligent

Organisasi yang dibentuk tidak hanya akan melatih kepribadian kita supaya bisa menjadi lebih baik, namun juga bisa berpengaruh terhadap perkembangan emosi.

Organisasi sebagai lingkungan yang baik akan membentuk emosi yang baik juga.

Dengan emotional intelligent, maka membuat kita bisa bergaul dan menghadapi berbagai sifat atau karakter orang yang berbeda-beda.

Baca Juga : Gaya Kepemimpinan Yang Paling Cocok Untuk Bisnismu

Belajar Membagi Waktu

 

Waktu memang sangat penting untuk semua orang, dan setiap orang bisa sukses jika selalu menghargai waktu yang sudah diberikan.

Organisasi menjadi tempat yang baik untuk belajar agar bisa menghargai waktu dan juga mengatur jadwal dari kegiatan dalam organisasi tersebut.

Manfaat organisasi sangat beragam bagi kehidupan sosial Anda.

Di dalam organisasi, berbagai kesempatan dan peluang terbuka lebar untuk mengembangkan diri Anda menjadi lebih baik.

Bertemu dengan berbagai jenis manusia akan membuat Anda lebih paham bahwa manusia dapat belajar dari kemampuan manusia lainnya.

BACA JUGA :  Tiru 14 Karakter Pemimpin Agar Bisnis Sukses Ini

Dalam sebuah organisasi, tentu dibutuhkan pemikiran yang sistematis dan efisien dalam melakukan berbagai hal termasuk dalam mengatur keuangan.

Organisasi juga membutuhkan sistem keuangan yang baik untuk terus menjaga organisasi tetap berjalan dengan baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published.