Tanggung Jawab, Jobdesk / Job Desk & Tugas Staff Marketing

Mengelola sumber daya manusia yang berkualitas adalah salah satu aspek paling penting dalam keberhasilan sebuah perusahaan. Terkadang, mendapatkan pelamar terbaik untuk mengisi posisi yang dibutuhkan bisa menjadi tugas yang sangat menantang. Untuk mengatasi tantangan ini, penting untuk menyusun job desk yang baik dan menarik. Job desk tidak hanya membantu dalam proses perekrutan, tetapi juga menjadi pedoman bagi karyawan yang baru bergabung. Salah satu posisi yang krusial dalam perusahaan adalah Marketing Staff. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat daftar tanggung jawab, jobdesk / job desk & tugas Staff Marketing yang efektif dan menarik.

Pemahaman Tentang Peran Marketing Staff

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan job desk, sangat penting bagi departemen HRD (Human Resources Department) atau manajemen perusahaan untuk memahami dengan baik peran dan tanggung jawab seorang Marketing Staff. Ini akan membantu dalam menentukan kualifikasi apa yang harus dimiliki oleh calon kandidat dan jenis pekerjaan apa yang akan mereka lakukan.

Marketing Staff memiliki peran yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Mereka adalah ujung tombak dalam mempromosikan produk atau layanan perusahaan kepada pasar. Tugas utama mereka adalah untuk membangun kesadaran produk di pasaran dan meyakinkan konsumen potensial untuk membeli produk atau layanan tersebut. Ini melibatkan berbagai strategi pemasaran, promosi, dan interaksi dengan pelanggan.

Dengan pemahaman yang baik tentang peran ini, HRD dapat membuat job desk yang lebih akurat dan relevan. Mereka juga dapat mencari kandidat yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang akan diemban oleh seorang Marketing Staff.

Langkah-langkah dalam Membuat Daftar Tanggung Jawab, Jobdesk / Job Desk & Tugas Staff Marketing

Langkah-langkah dalam Membuat Daftar Tanggung Jawab, Jobdesk / Job Desk & Tugas Staff Marketing

Sekarang kita akan melihat langkah-langkah konkret yang dapat diambil dalam pembuatan job desk Marketing Staff yang efektif.

1. Tarik Perhatian Pelamar Sejak Awal

Salah satu kunci untuk menarik pelamar berkualitas adalah dengan membuat kalimat tawaran pekerjaan yang sulit ditolak. Kalimat ini harus memberikan gambaran positif tentang posisi Marketing Staff di perusahaan Anda. Sebagai contoh:

“Apakah Anda seorang Marketing Staff berpengalaman yang mencari tantangan baru dan peluang karir yang menggiurkan? Jika Anda adalah seseorang yang kreatif, fleksibel, dan siap beradaptasi dalam lingkungan yang dinamis, maka kami memiliki pekerjaan yang sempurna untuk Anda! Kami sedang mencari seorang Marketing Staff yang antusias dan berkomitmen untuk memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan perusahaan kami.”

BACA JUGA :  Gaji Upah Manajer Produksi Pertanian dan Kehutanan

Kalimat tawaran pekerjaan seperti ini dapat sangat menarik bagi calon pelamar yang bersemangat untuk bergabung dengan tim pemasaran Anda. Ini memberikan gambaran bahwa perusahaan Anda adalah tempat yang menawarkan peluang pertumbuhan dan perkembangan karir yang baik.

2. Tuliskan Hal-hal Umum yang Biasa Dicari Pelamar Dalam Daftar Tanggung Jawab, Jobdesk / Job Desk & Tugas Staff Marketing

Dalam job desk Marketing Staff, Anda harus mencakup informasi umum yang biasanya dicari oleh pelamar. Ini termasuk:

  • Posisi pekerjaan atau job title: Pastikan job title yang Anda gunakan jelas dan ringkas. Anda juga bisa melakukan riset untuk memastikan bahwa istilah “Marketing Staff” adalah istilah yang umum digunakan dalam industri atau jika ada istilah lain yang lebih cocok.
  • Tipe pekerjaan: Apakah ini merupakan pekerjaan penuh waktu, paruh waktu, kontrak, atau magang? Ini harus dijelaskan dengan jelas.
  • Kriteria atau kualifikasi kandidat: Apa yang Anda harapkan dari kandidat yang ideal? Ini termasuk tingkat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan khusus, dan atribut pribadi.
  • Gaji yang ditawarkan: Meskipun gaji mungkin bisa dinegosiasikan, memberikan perkiraan kisaran gaji akan membantu pelamar menilai apakah posisi ini sesuai dengan ekspektasi finansial mereka.
  • Lokasi kantor: Jika perusahaan Anda memiliki beberapa kantor atau cabang, tentukan di mana posisi ini akan ditempatkan.
  • Tentang Perusahaan: Berikan gambaran singkat tentang perusahaan Anda, termasuk sejarah, visi, misi, dan budaya perusahaan.

Semua informasi ini harus ditulis dengan jelas dan mudah dipahami oleh calon pelamar.

3. Tentukan Kriteria Seorang Marketing Staff

Setelah Anda mencakup informasi umum, langkah berikutnya adalah menentukan kriteria yang harus dimiliki oleh seorang Marketing Staff. Kriteria ini akan membantu HRD dalam menyaring pelamar dan memungkinkan para pencari kerja untuk memutuskan apakah mereka memenuhi syarat untuk posisi ini atau tidak.

Beberapa kriteria umum yang diperlukan untuk tanggung jawab, jobdesk / job desk & tugas seorang Marketing Staff profesional meliputi:

  • Penampilan yang menarik: Staff pemasaran sering kali harus berinteraksi dengan pelanggan atau klien potensial, oleh karena itu penampilan yang profesional dan menarik dapat menjadi aset berharga.
  • Kemampuan komunikasi yang baik: Staff pemasaran harus mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tulisan.
  • Kemampuan bernegosiasi: Keterampilan bernegosiasi yang baik diperlukan untuk menutup kesepakatan dan kontrak dengan pelanggan atau mitra bisnis.
BACA JUGA :  Peta Hukum Tenaga Kerja di Dunia - Jam Kerja, Upah Lembur, Cuti hamil

4. Masukkan Kualifikasi yang Dibutuhkan

Kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi Marketing Staff harus dicantumkan secara rinci dalam job desk. Ini adalah bagian yang paling spesifik dan kritis dari job desk, karena akan membantu menyaring pelamar yang sesuai dengan persyaratan perusahaan. Kualifikasi ini harus relevan dengan tugas dan tanggung jawab yang akan diemban oleh Marketing Staff.

Contoh kualifikasi yang sering ditemui dalam tanggung jawab, jobdesk / job desk & tugas Marketing Staff meliputi:

  • Minimal pendidikan SMA Sederajat / D3 semua jurusan: Ini menunjukkan tingkat pendidikan minimum yang diperlukan.
  • Pengalaman minimal 1 tahun: Ini menunjukkan bahwa perusahaan menginginkan seseorang yang telah memiliki pengalaman kerja dalam bidang pemasaran.
  • Menguasai MS Office (Word, Excel, dan Power Point) dan internet: Ini adalah keterampilan teknis yang sering diperlukan dalam pekerjaan pemasaran modern.
  • Kemampuan berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan: Jika perusahaan beroperasi dalam skala internasional atau berhubungan dengan pelanggan berbahasa Inggris, ini bisa menjadi kualifikasi penting.
  • Kemampuan komunikasi yang baik dan proaktif: Marketing Staff harus dapat berinteraksi dengan berbagai pihak, termasuk pelanggan, rekan kerja, dan manajemen.
  • Kemampuan bernegosiasi: Ini penting dalam menutup kesepakatan dan mengelola hubungan dengan mitra bisnis.
  • Dapat bekerja di bawah tekanan, disiplin, dan jujur: Kualifikasi ini mencerminkan karakteristik pribadi yang diharapkan oleh perusahaan.
  • Mampu bekerja secara individu dan dalam tim: Marketing Staff mungkin harus bekerja sendiri pada beberapa proyek, tetapi juga harus dapat berkolaborasi dalam tim.

Kualifikasi ini harus disusun dengan hati-hati untuk memastikan bahwa mereka benar-benar mencerminkan kebutuhan perusahaan dan tidak terlalu membatasi pool pelamar.

5. Menuliskan Tugas dalam Job Desk Marketing Staff

Agar calon pelamar memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang diharapkan dari mereka, penting untuk menuliskan tugas dan tanggung jawab yang akan mereka emban sebagai seorang Marketing Staff. Ini membantu calon pelamar untuk mengukur apakah mereka tertarik dengan pekerjaan ini dan apakah mereka merasa kompeten dalam menjalankannya.

Meskipun tanggung jawab, jobdesk / job desk & tugas seorang Marketing Staff dapat bervariasi tergantung pada industri dan perusahaan, berikut adalah beberapa tugas umum yang seringkali ada dalam pekerjaan Marketing Staff:

  • Mengelola dan mengkoordinasi kampanye pemasaran: Staff pemasaran bertanggung jawab untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengukur efektivitas kampanye pemasaran.
  • Mengembangkan strategi pemasaran: Mereka harus mampu merancang strategi pemasaran yang efektif untuk produk atau layanan perusahaan.
  • Berinteraksi dengan pelanggan atau klien: Marketing Staff sering harus menjalin hubungan dengan pelanggan atau klien potensial, menjawab pertanyaan mereka, dan memberikan informasi tentang produk atau layanan.
  • Menganalisis data dan hasil pemasaran: Mereka harus dapat mengumpulkan dan menganalisis data pemasaran untuk mengevaluasi keberhasilan kampanye dan membuat rekomendasi perbaikan.
  • Mengelola anggaran pemasaran: Ini melibatkan pengelolaan anggaran untuk kampanye pemasaran dan memastikan bahwa pengeluaran tetap dalam batas yang ditentukan.
  • Bekerja sama dengan tim internal: Marketing Staff harus dapat berkolaborasi dengan tim internal lainnya, seperti tim penjualan, tim produk, dan manajemen.
  • Membangun dan menjaga hubungan dengan mitra bisnis: Mereka mungkin perlu menjalin hubungan dengan mitra bisnis, sponsor, atau pihak lain yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran perusahaan.
BACA JUGA :  Gaji Upah Operator Mesin Pengolahan Plastik

Tugas-tugas ini harus diuraikan dengan jelas dalam job desk, dan prioritas serta bobot relatif dari setiap tugas juga dapat disebutkan. Ini akan membantu calon pelamar untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang diharapkan dari mereka jika mereka diterima dalam posisi ini.

Contoh Tanggung Jawab, Jobdesk / Job Desk & Tugas Staff Marketing Yang Baik Benar

Contoh Tanggung Jawab, Jobdesk / Job Desk & Tugas Staff Marketing Yang Baik Benar

Berikut adalah contoh job desk yang dapat Anda gunakan sebagai referensi ketika ingin membuka lowongan untuk posisi Marketing Staff:

Deskripsi Pekerjaan

Mengkoordinasi dan meningkatkan penjualan melalui channel online atau offline. Mengkoordinasikan semua media untuk keperluan promosi dan meningkatkan penjualan. Melakukan strategi pemasaran yang efektif serta berorientasi pada pencapaian dan peningkatan target penjualan. Membangun serta menjaga hubungan dengan mitra bisnis, klien, dan vendor. Mengembangkan produk atau jasa dari perusahaan.

Persyaratan

  • Pendidikan minimal SMA Sederajat / D3 semua jurusan.
  • Pengalaman minimal 1 tahun dalam bidang pemasaran.
  • Menguasai MS Office (Word, Excel, dan Power Point) dan internet.
  • Kemampuan berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan merupakan nilai plus.
  • Kemampuan komunikasi yang baik dan proaktif.
  • Kemampuan bernegosiasi yang baik.
  • Dapat bekerja di bawah tekanan, disiplin, dan jujur.
  • Mampu bekerja secara individu dan dalam tim.

Job desk ini mencantumkan tugas-tugas yang akan diemban oleh Marketing Staff serta kualifikasi yang diperlukan untuk posisi tersebut.

Dengan menggunakan job desk semacam ini, Anda dapat menarik calon pelamar yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Kesimpulan

Membuat daftar tanggung jawab, jobdesk / job desk & tugas Staff Marketing yang baik adalah langkah kunci dalam menarik pelamar berkualitas dan memastikan bahwa calon karyawan memiliki pemahaman yang jelas tentang pekerjaan yang mereka lamar. Job desk yang baik juga membantu HRD dalam proses penyaringan pelamar dan pengambilan keputusan yang tepat dalam rekrutmen.

Dalam proses pembuatan job desk, penting untuk memahami peran Marketing Staff dalam perusahaan Anda dan mencantumkan tugas-tugas dan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat menyusun job desk yang efektif dan menarik bagi calon pelamar. Dengan begitu, Anda dapat membangun tim pemasaran yang kuat dan berkontribusi positif pada kesuksesan perusahaan Anda.

Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com