Laporan Laba Rugi: Definisi, Komponen dan Fungsi - bloghrd.com


Definisi Laporan Laba Rugi 

Setiap usaha pasti dijalankan dengan tujuan akhir untuk mendapatkan laba/keuntungan. Maka dari itu, guna mengawasi kondisi finansial suatu perusahaan diperlukan sebuah acuan. Acuan ini biasanya yang dikenal sebagai laporan laba rugi. Seberapa besar pendapatan dan pengeluaran perusahaan, selain itu pergerakan dalam laporan ini juga diperlukan sebagai bahan evaluasi strategi yang telah dijalankan oleh perusahaan bersangkutan. Maka dari itu harus dibuat sedetail mungkin, serta harus dapat dipertanggung jawabkan. Jika disimpulkan, laporan laba rugi merupakan laporan keuangan yang dibuat secara lengkap oleh departemen keuangan yang berisi keuntungan dan kerugian perusahaan yang nantinya dapat dijadikan sebagai acuan dan sarana evaluasi kebijakan perusahaan dalam periode tertentu. 
Baca Juga:

Fungsi Laporan Laba Rugi

Ada beberapa fungsi dari laporan laba rugi. Apa saja? Simak selengkapnya 

  • Memberikan Informasi Mengenai Keuntungan dan Kerugian Perusahaan 

Sesuai dengan namanya laporan laba rugi berfungsi untuk memberikan informasi mengenai detail keuntungan dan kerugian yang telah diperoleh oleh perusahaan. Mulai dari besarnya keuntungan dan kerugian yg didapat, sumber keuntungan/kerugian, dan faktor lainnya.   

  • Melihat Tren Keuangan Perusahaan 

Setelah mengetahui jumlah keuntungan dan kerugian yang dimiliki perusahaan dan sumbernya, laporan ini juga berfungsi untuk mengetahui tren keuangan perusahaan dari bulan ke bulan atau tahun ke tahun. 

  • Bahan Evaluasi Keuangan 
BACA JUGA :  Bentuk Usaha Tetap: Kenali Ketentuan dan Perhitungan Pajaknya di Sini!

Tahap selanjutnya setelah perusahaan dapat mengidentifikasi keuntungan dan kerugian perusahaan adalah mengevaluasi apakah perusahaan termasuk dalam kategori perusahaan bonafit, jika belum kira-kira langkah apa yang harus dilakukan perusahaan agar tren keuangan dapat meningkat. 

  • Mengatur Langkah Kebijakan Perusahaan 

Setelah mendapatkan gambaran utuh mengenai kondisi perusahaan, manajemen harus mengatur strategi untuk menjalankan kebijakan perusahaan ke depan. Memangkas aspek-aspek yang belum memberi keuntungan secara maksimal, atau memperbanyak produksi serta aktivitas yang memberikan keuntungan lebih pada perusahaan. 

Komponen Utama

1) Pendapatan (Revenue)
Merupakan arus kas masuk perusahaan yang berasal dari kegiatan operasional. Dihitung dengan cara pendapatan kotor – potongan harga/diskon/retur atau tunjangan lainnya.
2) Pengeluaran (Expenses)
Penggunaan arus keluar karena kewajiban dalam sebuah periode karena produksi barang atau pengiriman.
3) Keuntungan (Profit)
Peningkatan ekuitas karena transaksi atau investasi pemilik atau pendapatan.
4) Kerugian (Loss)
Penurunan ekuitas karena transaksi atau beban serta pendistribusian kepada pemilik. 

Komponen Lainnya

Selain beberapa elemen utama diatas ada beberapa jenis laba yang terdapat dalam laporan laba rugi, seperti:

  • Laba kotor: Pendapatan langsung dari penjualan perusahaan dalam suatu periode akuntansi.
  • Laba operasi: Selisih penjualan, biaya dan beban operasi perusahaan.
  • Laba sebelum pajak: Laba yang didapat sebelum pajak penghasilan.
  • Laba bersih: Penjualan bersih atas HPP yang dikurang beban operasional pajak penghasilan.
  • Laba operasi berjalan: aktivitas bisnis dalam periode berjalan setelah pajak dan bunga.  

Contoh Laporan Laba Rugi 

Selain mengelola laporan yang berisi keuntungan dan kerugian, perusahaan untuk mengelola laporan pajak perusahaan dengan cermat. 
Aplikasi Pajak sebagai mitra resmi DJP memberikan Anda fasilitas untuk dapat mengelola pajak secara otomatis sehingga membuat pekerjaan lebih produktif. 
Apa saja fitur-fitur yang dimiliki Aplikasi Pajak? Simak selengkapnya di sini. 
Tertarik untuk menggunakan Aplikasi Pajak? Daftar sekarang.

BACA JUGA :  Break Even Point: Mengenal Titik Impas & Cara Menghitungnya



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com