Daftar Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK Terbaru 2024

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, pinjaman online telah menjadi solusi finansial yang populer dan praktis bagi banyak individu dan bisnis. Dengan berbagai jenis pinjaman online yang tersedia, seseorang dapat memenuhi berbagai kebutuhan finansial mereka dengan mudah.

Keuntungan utama penggunaan pinjaman online meliputi proses yang cepat, syarat yang lebih mudah, fleksibilitas dalam mengajukan pinjaman, kalkulator kredit yang membantu dalam perencanaan, dan beragam produk pinjaman yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, penting untuk selalu mengajukan pinjaman dengan bijak dan memahami persyaratan serta kewajiban yang terkait.

Selain itu, perlu diingat bahwa pinjaman online umumnya tidak dikenai pajak oleh peminjam. Objek pajak dalam hal ini adalah bunga yang diterima oleh pemberi pinjaman. Oleh karena itu, peminjam tidak memiliki kewajiban pajak terkait dengan pinjaman itu sendiri.

Penting bagi calon peminjam untuk memahami dengan baik peraturan perpajakan yang berlaku di wilayah mereka dan jika perlu, berkonsultasi dengan ahli perpajakan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Dengan memahami dengan baik aspek-aspek ini, Anda dapat menggunakan pinjaman online sebagai alat yang berguna dalam mengelola keuangan Anda secara lebih efisien dan efektif.

Definisi dan Latar Belakang Pinjaman Online

Pinjaman Online: Solusi Finansial di Era Digital

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari, termasuk cara kita mengelola keuangan. Salah satu dampak besar dari perkembangan ini adalah munculnya layanan pinjaman online, yang seringkali dikenal sebagai fintech. Pinjaman online adalah fasilitas pinjaman uang yang disediakan oleh penyedia jasa keuangan yang beroperasi secara online. Layanan ini telah menjadi alternatif yang populer bagi masyarakat yang membutuhkan dana tunai tanpa harus mengajukannya secara tatap muka di bank atau lembaga keuangan konvensional.

Mengapa fenomena fintech dan pinjaman online bermunculan dengan begitu pesat? Ini tidak lepas dari perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia yang semakin mengadopsi teknologi dalam segala aspek kehidupan. Internet dan teknologi informasi telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam urusan finansial. Masyarakat kini dapat mengakses berbagai layanan keuangan secara online, mulai dari perbankan hingga investasi, dan tentu saja, pinjaman uang.

Pada masa lalu, ketika seseorang membutuhkan pinjaman, langkah pertama yang harus diambil adalah mendatangi bank atau lembaga keuangan, mengisi berkas-berkas permohonan, dan menjalani serangkaian proses yang terkadang memakan waktu. Namun, dengan munculnya pinjaman online, seluruh proses ini dapat dilakukan secara lebih efisien, cepat, dan praktis. Persyaratan dan prosedur yang dulunya memerlukan pertemuan tatap muka antara pihak peminjam dan pemberi pinjaman kini dapat dilakukan dengan mudah melalui platform online.

Dalam hal ini, fintech atau perusahaan teknologi keuangan berperan penting. Mereka berperan sebagai perantara antara peminjam dan pemberi pinjaman, menyediakan platform online yang memungkinkan individu atau bisnis untuk mengajukan pinjaman dan pemberi pinjaman untuk menyalurkan dana. Salah satu keunggulan utama dari layanan pinjaman online adalah kemudahan akses. Pemohon kredit tidak perlu lagi datang ke kantor bank atau lembaga keuangan fisik. Semua proses dapat dilakukan dari kenyamanan rumah atau kantor mereka, cukup dengan koneksi internet dan perangkat komputer atau smartphone.

Jenis-Jenis Pinjaman Online

Beragam Pilihan untuk Kebutuhan Finansial Anda

Seperti halnya pinjaman konvensional, pinjaman online juga memiliki berbagai jenis, yang dibedakan berdasarkan berbagai faktor seperti jumlah pinjaman, jangka waktu pinjaman, suku bunga, jenis agunan, dan tujuan pembiayaan. Berikut ini adalah beberapa jenis pinjaman online yang dapat diajukan:

1. KTA (Kredit Tanpa Agunan)

KTA adalah singkatan dari Kredit Tanpa Agunan. Ini adalah jenis pinjaman online pribadi yang tidak mensyaratkan agunan atau jaminan atas kredit yang diajukan. Dalam banyak kasus, penyedia aplikasi atau jasa pinjaman dana online mengharuskan pemohon memiliki kartu kredit sebagai salah satu syarat utama pengajuan KTA. KTA umumnya digunakan untuk kebutuhan pribadi seperti biaya pendidikan, perjalanan, atau perbaikan rumah.

2. Kredit Karyawan

Pinjaman karyawan adalah produk yang dirancang khusus bagi karyawan yang aktif bekerja di sebuah instansi, perusahaan, badan usaha, atau lembaga tertentu. Syarat utama untuk pinjaman ini termasuk memiliki SK Pengangkatan sebagai PNS atau Pegawai Tetap, rekomendasi dari pejabat atau atasan yang berwenang, dan slip gaji yang mencukupi.

BACA JUGA :  Mengenal Karakteristik Deposito untuk Investasi Bisnis

3. Kredit Kendaraan

Saat ini, pinjaman untuk membeli kendaraan, baik mobil maupun motor, dapat diajukan secara online. Syarat utama untuk pinjaman ini termasuk slip gaji, memiliki tempat tinggal sendiri, dan membayar uang muka (DP) sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pinjaman ini memberikan kemudahan bagi individu yang ingin memiliki kendaraan tanpa harus membayar sekaligus secara tunai.

4. KPR (Kredit Pemilikan Rumah)

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah adalah fasilitas pinjaman bagi mereka yang ingin membeli rumah dengan cara mencicil. Beberapa perusahaan fintech yang bekerjasama dengan bank juga telah menyediakan fasilitas KPR secara online. Hal ini memudahkan individu untuk memiliki rumah impian mereka dengan lebih cepat dan efisien.

5. Pinjaman Usaha

Pinjaman usaha adalah jenis pinjaman yang digunakan untuk modal usaha. Banyak bisnis kecil dan menengah yang memanfaatkan layanan pinjaman online ini untuk membiayai berbagai aspek operasional mereka, termasuk pembelian stok, peralatan, atau ekspansi usaha.

Setiap jenis pinjaman online ini memiliki karakteristik dan persyaratan yang berbeda-beda. Penting bagi calon peminjam untuk memahami jenis pinjaman yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka serta meluangkan waktu untuk membandingkan berbagai penawaran yang ada.

Keuntungan Menggunakan Pinjaman Online

Manfaatkan Fasilitas Pinjaman Online dengan Bijak

Pertumbuhan pengguna aplikasi pinjaman dana online semakin meningkat dari tahun ke tahun. Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat peningkatan signifikan dalam penggunaan layanan pinjaman online. Pada tahun 2017, terdapat 237.159 nasabah yang mengajukan pinjaman secara online untuk mendapatkan dana segar. Jumlah ini melonjak hingga 581% dari pencapaian tahun sebelumnya, yang mencatatkan 38.105 orang yang mengajukan pinjaman pada tahun 2016.

Fenomena pertumbuhan pengguna pinjaman online ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk banyaknya perusahaan fintech yang menyediakan layanan ini dengan berbagai keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan utama penggunaan pinjaman online:

1. Proses Cepat

Dibandingkan dengan pinjaman konvensional, proses pinjaman online jauh lebih cepat. Ini karena perusahaan fintech banyak menyederhanakan administrasi yang diperlukan. Misalnya, pengiriman dokumen persyaratan, pertanyaan, hingga wawancara nasabah dapat dilakukan tanpa pertemuan tatap muka yang memakan waktu.

2. Syarat Mudah

Dalam lembaga keuangan konvensional, pinjaman biasanya diberikan secara ketat dan mensyaratkan jaminan atau agunan. Seringkali, hal ini memberatkan calon peminjam yang tidak memiliki aset yang cukup untuk digunakan sebagai jaminan. Namun, pada pinjaman online, syarat agunan seringkali tidak berlaku, terutama untuk pinjaman dengan nominal kecil. Ini memungkinkan lebih banyak individu untuk mengakses dana pinjaman sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Fleksibel

Salah satu keunggulan pinjaman online adalah fleksibilitasnya. Pemohon pinjaman tidak perlu mendatangi kantor cabang bank atau lembaga keuangan konvensional. Hanya dengan smartphone dan koneksi internet, Anda dapat mengajukan pinjaman dari mana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini memberikan kebebasan dan kenyamanan yang tinggi dalam mengelola keuangan pribadi.

4. Kalkulator Kredit

Seringkali, seseorang yang berniat mengajukan pinjaman harus frustrasi ketika mengetahui bahwa kemampuan finansial mereka tidak memenuhi syarat untuk mengajukan pinjaman dengan jumlah tertentu. Hal ini bisa terjadi setelah menghabiskan waktu untuk mendatangi kantor cabang bank. Di layanan pinjaman online, hal ini dapat dihindari. Anda dapat memanfaatkan fitur kalkulator kredit untuk mengetahui berapa jumlah dana yang sebenarnya dapat Anda pinjam berdasarkan kemampuan keuangan Anda. Ini membantu Anda untuk membuat keputusan finansial yang lebih bijak.

5. Beragam Produk

Fintech tidak hanya menawarkan satu jenis pinjaman, tetapi beragam jenis produk finansial. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat mengajukan pinjaman untuk berbagai kebutuhan mulai dari keperluan pribadi hingga modal usaha. Kemampuan untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda adalah salah satu keuntungan besar dari layanan pinjaman online.

Dalam menjalani kehidupan finansial yang sehat, penting untuk mengelola pinjaman dengan bijak. Meskipun ada banyak keuntungan dalam menggunakan pinjaman online, perlu diingat bahwa pinjaman adalah tanggung jawab finansial yang harus dipertimbangkan dengan serius. Pastikan Anda memahami persyaratan dan ketentuan pinjaman yang Anda ajukan, serta kemampuan Anda untuk membayar cicilan tepat waktu.

BACA JUGA :  Mengenal Karakteristik Deposito untuk Investasi Bisnis

Tips Mengajukan Pinjaman Online

Panduan untuk Peminjam yang Bijak

Sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman online, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan penawaran terbaik dan menghindari kesalahan yang dapat memengaruhi keuangan Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mengajukan pinjaman online:

1. Tentukan Kebutuhan Anda

Sebelum mengajukan pinjaman, tentukan dengan jelas berapa jumlah dana yang Anda butuhkan. Memahami kebutuhan Anda akan membantu Anda menghindari meminjam uang secara berlebihan, yang pada akhirnya dapat membebani keuangan Anda.

2. Sesuaikan dengan Kemampuan Keuangan

Selalu pertimbangkan kemampuan finansial Anda dalam membayar cicilan pinjaman. Pastikan bahwa cicilan bulanan yang harus Anda bayarkan tidak akan memberatkan keuangan Anda. Ini memerlukan perencanaan keuangan yang cermat.

3. Bandingkan Penawaran

Sebelum memilih aplikasi pinjaman online, lakukan perbandingan setidaknya dengan tiga aplikasi lainnya. Perbandingan ini dapat membantu Anda menemukan penawaran yang paling menguntungkan, seperti suku bunga paling rendah, proses pencairan dana yang cepat, dan syarat-syarat yang paling mudah.

4. Pastikan Penyedia Pinjaman Terdaftar di OJK

Pastikan bahwa penyedia pinjaman online yang Anda gunakan adalah yang resmi dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). OJK adalah lembaga pengawas yang bertanggung jawab untuk melindungi konsumen dalam industri jasa keuangan. Melakukan transaksi dengan perusahaan yang terdaftar dapat memberikan perlindungan tambahan bagi Anda sebagai konsumen.

102 Pinjaman Online Terdaftar di OJK

Berikut adalah daftar pinjaman online resmi yang telah terdaftar dan memiliki izin usaha dari OJK dalam format tabel:

NO NAMA FINTECH WEBSITE STATUS
1 Danamas p2p.danamas.co.id Terdaftar dan Berizin
2 investree www.investree.id Terdaftar dan Berizin
3 Indodana indodana.id Terdaftar dan Berizin
4 amartha amartha.com Terdaftar dan Berizin
5 DOMPET Kilat www.dompetkilat.co.id Terdaftar dan Berizin
6 Boost myboost.co.id Terdaftar dan Berizin
7 TOKO MODAL www.tokomodal.co.id Terdaftar dan Berizin
8 modalku modalku.co.id Terdaftar dan Berizin
9 KTA KILAT www.pendanaan.com Terdaftar dan Berizin
10 Kredit Pintar www.kreditpintar.com Terdaftar dan Berizin
11 Maucash maucash.id Terdaftar dan Berizin
12 Finmas www.finmas.co.id Terdaftar dan Berizin
13 KlikA2C www.klika2c.co.id Terdaftar dan Berizin
14 Akseleran www.akseleran.co.id Terdaftar dan Berizin
15 Ammana.id ammana.id Terdaftar dan Berizin
16 PinjamanGO www.pinjamango.co.id Terdaftar dan Berizin
17 KoinP2P koinp2p.com Terdaftar dan Berizin
18 pohondana pohondana.id Terdaftar dan Berizin
19 MEKAR mekar.id Terdaftar dan Berizin
20 AdaKami adakami.id Terdaftar dan Berizin
21 ESTA KAPITAL FINTEK www.estakapital.co.id Terdaftar dan Berizin
22 KREDITPRO kreditpro.id Terdaftar dan Berizin
23 FINTAG fintag.id Terdaftar dan Berizin
24 RUPIAH CEPAT www.rupiahcepat.co.id Terdaftar dan Berizin
25 CROWDO crowdo.co.id Terdaftar dan Berizin
26 JULO www.julo.co.id Terdaftar dan Berizin
27 Pinjamwinwin pinjamwinwin.com Terdaftar dan Berizin
28 DanaRupiah danarupiah.id Terdaftar dan Berizin
29 Teralite www.teralite.com Terdaftar dan Berizin
30 Pinjam Modal pinjammodal.id Terdaftar dan Berizin
31 ALAMI p2p.alamisharia.co.id Terdaftar dan Berizin
32 AwanTunai www.awantunai.co.id Terdaftar dan Berizin
33 Danakini danakini.co.id Terdaftar dan Berizin
34 Singa singa.id Terdaftar dan Berizin
35 DANAMERDEKA danamerdeka.co.id Terdaftar dan Berizin
36 EASYCASH easycash.id Terdaftar dan Berizin
37 PINJAM YUK www.pinjamyuk.co.id Terdaftar dan Berizin
38 FinPlus www.finplus.co.id Terdaftar dan Berizin
39 UangMe uangme.id Terdaftar dan Berizin
40 PinjamDuit pinjamduit.co.id Terdaftar dan Berizin
41 DANA SYARIAH danasyariah.id Terdaftar dan Berizin
42 BATUMBU www.batumbu.id Terdaftar dan Berizin
43 Cashcepat cashcepat.id Terdaftar dan Berizin
44 klikUMKM www.klikUMKM.co.id Terdaftar dan Berizin
45 Pinjam Gampang www.kreditplusteknologi.id Terdaftar dan Berizin
46 cicil www.cicil.co.id Terdaftar dan Berizin
47 lumbungdana lumbungdana.co.id Terdaftar dan Berizin
48 360 KREDI www.360kredi.id Terdaftar dan Berizin
49 Dhanapala www.dhanapala.id Terdaftar dan Berizin
50 Kredinesia www.kredinesia.id Terdaftar dan Berizin
51 Pintek pintek.id Terdaftar dan Berizin
52 ModalRakyat modalrakyat.id Terdaftar dan Berizin
53 SOLUSIKU www.solusi-ku.id Terdaftar dan Berizin
54 Cairin www.cairin.id Terdaftar dan Berizin
55 TrustIQ trustiq.id Terdaftar dan Berizin
56 KLIK KAMI www.klikkami.co.id Terdaftar dan Berizin
57 Duha Syariah www.duhasyariah.com Terdaftar dan Berizin
58 Invoila invoila.co.id Terdaftar dan Berizin
59 Sanders One Stop Solution sanders.co.id Terdaftar dan Berizin
60 DanaBagus www.danabagus.id Terdaftar dan Berizin
61 UKU ukuindo.com Terdaftar dan Berizin
62 KREDITO kredito.id Terdaftar dan Berizin
63 Adapundi www.adapundi.com Terdaftar dan Berizin
64 Lentera Dana Nusantara www.lenteradana.co.id/lender Terdaftar dan Berizin
65 MODAL NASIONAL www.modalnasional.co.id Terdaftar dan Berizin
66 Komunal P2P www.komunal.co.id Terdaftar dan Berizin
67 Restock.ID www.restock.id Terdaftar dan Berizin
68 TaniFund www.tanifund.com Terdaftar dan Berizin
69 Ringan www.ringan.co.id Terdaftar dan Berizin
70 AVANTEE www.avantee.co.id Terdaftar dan Berizin
71 GRADANA gradana.co.id Terdaftar dan Berizin
72 Danacita www.danacita.co.id Terdaftar dan Berizin
73 IKI Modal www.ikimodal.com Terdaftar dan Berizin
74 IVOJI www.ivoji.id Terdaftar dan Berizin
75 Indofund.id indofund.id Terdaftar dan Berizin
76 iGrow igrow.asia Terdaftar dan Berizin
77 danai.id danai.id Terdaftar dan Berizin
78 dumi minjem.com Terdaftar dan Berizin
79 LAHAN SIKAM www.lahansikam.co.id Terdaftar dan Berizin
80 qazwa qazwa.id Terdaftar dan Berizin
81 KrediFazz www.kredifazz.id Terdaftar dan Berizin
82 Doeku doeku.id Terdaftar dan Berizin
83 AKTIVAKU aktivaku.com Terdaftar dan Berizin
84 danaIN www.danain.co.id Terdaftar dan Berizin
85 indosaku indosaku.id Terdaftar dan Berizin
86 JEMBATANEMAS www.jembatanemas.id Terdaftar dan Berizin
87 edufund www.edufund.co.id Terdaftar dan Berizin
88 gandengtangan www.gandengtangan.co.id Terdaftar dan Berizin
89 PAPITUPI Syariah www.papitupisyariah.com Terdaftar dan Berizin
90 BANTUSAKU bantusaku.id Terdaftar dan Berizin
91 danabijak danabijak.com Terdaftar dan Berizin
92 danafix danafix.id Terdaftar dan Berizin
93 AdaModal www.adamodal.co.id Terdaftar dan Berizin
94 samakita samakita.co.id Terdaftar dan Berizin
95 KawanCicil kawancicil.co.id Terdaftar dan Berizin
96 CROWDE crowde.co Terdaftar dan Berizin
97 KlikCair klikcair.com Terdaftar dan Berizin
98 ETHIS ethis.co.id Terdaftar dan Berizin
99 SAMIR www.samir.co.id Terdaftar dan Berizin
100 UATAS www.uatas.id Terdaftar dan Berizin
101 Asetku asetku.co.id Terdaftar dan Berizin
102 Findaya www.findaya.co.id Terdaftar dan Berizin
BACA JUGA :  Cara Mengelola Biaya Operasional Perusahaan Secara Tepat

Pastikan selalu memeriksa daftar ini sebelum menggunakan layanan pinjaman online untuk memastikan keamanan dan kelayakan.

Manfaat Menggunakan Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

Menggunakan layanan pinjaman online yang terdaftar di OJK memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Perlindungan Konsumen: Perusahaan fintech yang terdaftar di OJK harus mematuhi regulasi yang ketat dalam hal perlindungan konsumen. Ini berarti bahwa peminjam memiliki perlindungan hukum dan mekanisme resmi untuk mengajukan keluhan jika terjadi masalah dengan layanan pinjaman mereka.
  2. Keamanan Data: Perusahaan fintech yang terdaftar di OJK diharuskan memiliki sistem keamanan data yang kuat. Ini membantu melindungi data pribadi dan finansial peminjam dari potensi ancaman keamanan.
  3. Transparansi: Perusahaan fintech yang terdaftar di OJK diharuskan memberikan informasi yang jelas dan transparan kepada peminjam mengenai biaya, bunga, dan persyaratan pinjaman. Ini memungkinkan peminjam untuk membuat keputusan yang lebih informasional.
  4. Kepatuhan Regulasi: Perusahaan fintech yang terdaftar di OJK harus mematuhi regulasi dan undang-undang yang berlaku. Hal ini memberikan keyakinan bahwa transaksi dan layanan pinjaman dilakukan secara sah dan sesuai dengan hukum.
  5. Kepercayaan dan Reputasi: Penggunaan layanan pinjaman online yang terdaftar di OJK juga menciptakan rasa kepercayaan dan reputasi yang baik. Ini karena konsumen tahu bahwa mereka bekerja dengan perusahaan yang diawasi oleh lembaga pengawas yang sah.

Apakah Pinjaman Online Dikenai Pajak?

Pajak dan Pinjaman Online: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Pertanyaan yang sering diajukan oleh calon peminjam adalah apakah pinjaman online dikenai pajak. Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pajak terkait pinjaman diatur dalam Pasal 4 ayat 1 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.

Pasal tersebut menyebutkan bahwa objek pajak adalah penghasilan, yang diterima oleh wajib pajak, baik dari dalam maupun luar Indonesia, yang dapat digunakan untuk konsumsi atau menambah kekayaan wajib pajak. Dalam konteks pinjaman, objek pajak adalah bunga atau bunga pinjaman yang diterima oleh pihak pemberi pinjaman.

Pasal 4 ayat 1 huruf f dari undang-undang yang sama menjelaskan bahwa bunga termasuk premium, diskonto, dan imbalan karena jaminan pengembalian utang. Dengan demikian, pajak yang dikenakan dalam konteks pinjaman adalah pajak atas bunga yang diterima oleh pihak pemberi pinjaman.

Hal ini berarti bahwa debitur atau peminjam tidak memiliki kewajiban untuk membayar pajak atas pinjaman yang mereka terima. Pajak dikenakan pada pihak pemberi pinjaman, yang menerima bunga sebagai bagian dari pendapatan mereka.

Perlu diingat bahwa pinjaman itu sendiri tidak dapat dijadikan sebagai faktor pengurang PPh (Pajak Penghasilan). Oleh karena itu, ketika Anda mengajukan pinjaman online, Anda tidak perlu khawatir tentang kewajiban pajak yang terkait dengan jumlah pinjaman itu sendiri.

Penting untuk selalu memahami dan mematuhi peraturan perpajakan yang berlaku di negara Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau keraguan terkait dengan pajak dan pinjaman online, sebaiknya berkonsultasi dengan seorang ahli perpajakan atau pihak berwenang yang kompeten dalam bidang ini.

Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com