Tips Melakukan Marketing Pemasaran Bisnis Secara Gratis

Bagaimana tips cara melakukan marketing pemasaran bisnis secara gratis?

Bisnis Anda mungkin tidak memiliki anggaran cukup untuk melaksanakan upaya pemasaran atau memang mungkin Anda hanya ingin berhemat.

Jangan khawatir, masih banyak alternatif lain, salah satunya adalah upaya pemasaran bisnis online yang murah atau bahkan gratis.

Sebelum internet ada, bisnis-bisnis hanya terbatas memiliki beberapa cara untuk memasarkan produk mereka dengan harga murah.

Seperti melalui metode mencetak brosur atau mensponsori acara lokal kecil.

Sekarang, ada banyak peluang lewat sarana internet yang berkembang. Anda hanya perlu tahu ke mana dan bagaimana memanfaatkan internet sebagai sarana pemasaran bisnis Anda.

Tips Melakukan Marketing Pemasaran Bisnis Secara Gratis

Tips Melakukan Marketing Pemasaran Bisnis Secara Gratis

 

Berikut adalah tujuh cara untuk mempromosikan bisnis Anda secara online dengan biaya murah atau bahkan gratis:

Gunakan Layanan Aplikasi Google

Mendaftarkan bisnis atau toko Anda di Google Places memungkinkan para pelanggan menemukan lokasi toko Anda dengan mudah lewat mesin pencari Google yang selanjutnya akan tersambung di Google Maps.

Anda juga bisa mendapatkan review dari pelanggan ketika toko Anda sudah terdaftar di Google Places.

Ini penting sebagai acuan evaluasi toko Anda.

Tidak hanya Google Places, ada fitur menarik dari aplikasi Google lainnya seperti Google Analytic dan Google Plus yang berguna bagi kiat pemasaran bisnis Anda.

Baca Juga : Peranan Sosial Media Untuk Meningkatkan Keuntungan Usaha

Manfaatkan Fitur Terkait Pemasaran Lewat Social Media

Social media bukan hanya sebagai alat pembuktian eksistensi belaka.

Kini social media menjadi investasi untuk setiap bisnis. Anda dapat memanfaatkan iklan (paid promote) dan penawaran lainnya untuk kebutuhan pemasaran Anda di Facebook yang juga bisa dihubungkan dengan platform Twitter.

BACA JUGA :  Meningkatkan Loyalitas Konsumen Dalam Persaingan Bisnis

Anda juga bisa memanfaatkan jaringan di LinkedIn baik di tingkat personal ataupun perusahaan atau fitur paid promote di Instagram dapat menjadi alternatif lain untuk membantu bisnis Anda.

Buat Blog Bisnis

Blog tidak hanya membantu perusahaan Anda untuk membangun citra, tetapi merupakan cara Anda untuk terhubung dengan konsumen Anda secara lebih personal.

Namun ingatlah bahwa salah satu kunci utama memanfaatkan blog adalah secara konsisten menjaga aliran artikel Anda diperbarui sesering mungkin.

Jika artikel Anda menyediakan konten yang menarik, blog perusahaan Anda bisa saja masuk di halaman pertama web mesin pencari.

Baca Juga : Alasan Kenapa Harus Menentukan Target Pasar Adalah?

Press Release

Setiap kali bisnis Anda melakukan sesuatu yang layak diberitakan, jangan ragu-ragu untuk menerbitkan press release.

Press release adalah instrumen media yang efektif digunakan untuk membantu menghasilkan publisitas dan pendistribusiannya terkesan gratis.

Ada puluhan situs web atau media kontemporer yang dapat Anda gunakan untuk menerbitkan press release Anda.

Dengan memanfaatkan kiat pemasaran bisnis murah atau bahkan gratis tersebut akan menjadi permulaan yang bagus dan efektif khususnya bagi bisnis startup.

Selanjutnya, Anda tinggal menyiapkan segala keperluan terkait pencatatan dan pelaporan keuangan bagi bisnis Anda.

Nah, diatas adalah tips cara melakukan marketing pemasaran bisnis secara gratis. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!


Leave a Reply

Your email address will not be published.