10+ Rekomendasi Film Wajib Anda Tonton untuk Memotivasi dalam Menjalankan Bisnis - bloghrd.com

Film tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber hiburan, melainkan juga mampu memberikan dorongan motivasi yang berharga dalam kehidupan nyata, terutama dalam menjalankan bisnis. Proses berbisnis seringkali ditemani oleh tantangan dan kesulitan, yang kadang membuat individu terasa rendah semangat. Akan tetapi, hal ini termasuk dalam perjalanan alami yang dialami oleh setiap pengusaha.

Apabila saat ini Anda tengah mengalami penurunan semangat dalam mengelola bisnis, jangan ragu untuk mencoba menonton film-film yang bisa menjadi sumber inspirasi dan pendorong semangat. Berikut beberapa rekomendasi film yang bisa Anda saksikan untuk menghidupkan kembali semangat dan motivasi dalam menjalankan usaha.

Joy (2015)

Salah satu pilihan film yang dapat Anda saksikan untuk menggugah semangat dalam menjalankan bisnis adalah “Joy”. Merupakan film drama komedi biografi asal Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2015 dan disutradarai oleh David O. Russell. Film ini mengisahkan kisah nyata Joy Mangano, seorang pengusaha sukses yang menciptakan dan memasarkan alat pembersih lantai (Miracle Mop).

Produk ini menjadi sangat populer di pasaran Amerika, dan “Joy” menggambarkan perjalanan menginspirasi dari seorang wanita bernama Joy, diperankan oleh Jennifer Lawrence, yang berjuang melalui berbagai tantangan dalam upayanya menjual produknya.

Kisahnya tidak terbebas dari kesulitan; Joy adalah pilar keluarga yang mengalami pasang surut saat berusaha memasarkan produknya. Perjuangannya bukanlah tanpa rintangan, terkadang penjualan produknya menurun drastis dan bahkan diragukan oleh keluarganya. Dia bahkan harus menghadapi kebangkrutan. “Joy” merupakan film yang menghadirkan pelajaran tentang ketekunan dan semangat pantang menyerah saat menghadapi kegagalan.

Film ini bisa menjadi saran yang bagus untuk memotivasi Anda agar tetap tegar dan bersemangat ketika menghadapi tantangan dalam menjalankan bisnis.

The Founder (2016)

“The Founder” adalah sebuah film drama biografi yang diarahkan oleh John Lee Hancock dan diproduksi di Amerika Serikat pada tahun 2016. Film ini menggambarkan kisah nyata perjalanan Ray Kroc dalam mengelola bisnis waralaba restoran cepat saji McDonald’s yang kini telah meraih pengakuan global. Michael Keaton, Laura Dern, dan Nick Offerman adalah aktor utama dalam film ini, yang menghadirkan cerita menarik tentang bisnis franchise McDonald’s dan dipadukan dengan elemen dramatis.

BACA JUGA :  4 Cara Membangun Tim Bermotivasi Tinggi

Tanggal rilisnya pada 7 Desember 2016, “The Founder” menerima pujian dari berbagai kalangan kritikus film. Film ini menghadirkan gambaran komprehensif tentang perjalanan bisnis Ray Kroc yang tidak hanya sukses tetapi juga penuh dengan liku-liku. Melalui karakter Ray Kroc yang diperankan oleh Michael Keaton, penonton diajak untuk memahami tantangan dan kesulitan yang dihadapi dalam menjalankan sebuah usaha besar seperti McDonald’s.

“The Founder” merupakan tontonan yang inspiratif, memberikan wawasan tentang bagaimana dedikasi dan inovasi dapat mengubah sebuah ide sederhana menjadi bisnis yang sukses dan berpengaruh di seluruh dunia.

The Billionaire

“The Billionaire” merupakan sebuah film Thailand yang mengisahkan tentang perjalanan seorang pria dalam mengembangkan bisnis makanan ringan. Disutradarai oleh Songyos Sugmakanan dan diperankan oleh Pachara Chirathivat, film ini menggambarkan kisah Itthipat Peeradechapat, seorang pengusaha Thailand yang sejak usia 16 tahun telah memeluk semangat bisnis, menginvestasikan waktunya dalam permainan daring, dan akhirnya mengambil keputusan berani meninggalkan bangku kuliah demi mengejar impian bisnisnya.

Perjalanan Itthipat tidaklah mudah, dimulai dengan usaha menjual kacang goreng yang tidak selalu berjalan lancar. Namun, dia tidak menyerah dan beralih ke bisnis camilan rumput laut, yang juga menghadapkan dia pada banyak tantangan sebelum meraih kesuksesan. Dalam film ini, karakter utama, Itthipat, digambarkan sebagai seseorang yang berani mengambil risiko dan berkomitmen untuk belajar dari setiap kesalahan yang dia alami.

“The Billionaire” adalah sebuah kisah inspiratif yang mengajarkan bahwa kesuksesan dalam bisnis tidak datang dengan mudah. Film ini menggambarkan pentingnya ketekunan, inovasi, dan semangat pantang menyerah dalam menghadapi rintangan-rintangan bisnis. Melalui cerita Itthipat, penonton diajak untuk memahami bahwa setiap kegagalan merupakan peluang untuk tumbuh dan berkembang menuju kesuksesan.

The Pursuit of Happyness (2006)

“The Pursuit of Happyness” merupakan sebuah film drama biografi yang dirilis pada tahun 2006 dan disutradarai oleh Gabriele Muccino. Film ini mengisahkan perjalanan hidup Christopher Gardner, seorang pria yang memulai usahanya dari nol. Awalnya seorang sales yang menghadapi kesulitan keuangan, Christopher harus membesarkan putranya yang baru berusia lima tahun.

Kisah ini menggambarkan bagaimana Christopher, yang dalam beberapa titik menjadi seorang tunawisma, akhirnya menemukan peluang baru sebagai pialang saham. Di tengah berbagai tantangan yang tak terduga, perjuangan gigih Chris menginspirasi dengan ketekunan dan semangatnya dalam menghadapi keadaan. Melalui film ini, penonton diajak menyaksikan bagaimana ia tidak pernah menyerah pada situasi yang sulit, selalu mengambil peluang yang muncul, dan membangun kepercayaan pada dirinya sendiri.

BACA JUGA :  8 Manfaat Organisasi bagi Kehidupan Sosial Anda

“The Pursuit of Happyness” mengajarkan pentingnya kegigihan, optimisme, dan ketekunan dalam meraih impian meskipun menghadapi keterbatasan dan cobaan. Film ini mengilhami penonton untuk selalu berjuang mencari kebahagiaan dalam setiap langkah perjalanan hidup, tidak peduli seberapa sulit atau tidak pasti jalannya.

Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Indonesia juga memiliki sosok inspiratif yang tak kenal lelah dan terus berjuang menghadapi segala rintangan. Merry Riana, seorang pebisnis dan motivator wanita yang telah dikenal luas di tanah air, menjadi bukti nyata bahwa semangat tak pernah padam. Perjalanan hidupnya yang penuh perjuangan akhirnya terabadikan dalam sebuah karya, “Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar,” yang diangkat ke layar lebar pada tahun 2014.

Dalam film ini, diperankan oleh Chelsea Islan, kita disuguhi kisah hidup Merry Riana yang mengalami liku-liku perjalanan. Awalnya harus meninggalkan keluarganya akibat kerusuhan tahun 1998, Merry Riana kemudian merintis langkah di Singapura. Film ini menggambarkan ketekunan dan semangat tak henti Merry dalam menghadapi segala cobaan. Dalam upayanya mencapai kesuksesan, Merry membuktikan bahwa kegigihan dan tekad yang kuat dapat membawa seseorang menuju puncak kesuksesan.

“Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar” mengingatkan kita akan pentingnya terus berjuang meski di tengah keterbatasan dan kesulitan. Film ini menjadi pengingat bahwa setiap mimpi layak diperjuangkan, dan semangat pantang menyerah adalah kunci meraih kesuksesan.

The Social Network (2010)

Salah satu film biografi drama Amerika Serikat yang tak hanya menghibur, tetapi juga mampu menginspirasi dalam menjalankan bisnis adalah “The Social Network.” Dirilis pada tahun 2010 dan disutradarai oleh David Fincher, film ini menampilkan perjalanan menarik yang memotivasi. Dalam perannya, Jesse Eisenberg menggambarkan kisah hidup Mark Zuckerberg, pendiri Facebook.

Film ini mengisahkan awal mula Facebook tercipta, dimulai dari momen Mark diputuskan oleh kekasihnya dan menciptakan situs Facemash. Dari sini, perlahan namanya semakin dikenal dan dia diundang untuk bekerja sama oleh Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss dalam membangun Harvardconnection.com. Namun, kisah ini tak berakhir di sini, seiring waktu Mark menemukan ide untuk menciptakan Facebook. Meski dihadapkan pada gugatan hukum dari Winklevoss bersaudara, yang mengklaim Mark mencuri ide, film ini memperlihatkan semangat gigih Mark dalam mengembangkan platform sosial yang revolusioner.

BACA JUGA :  Kertas Kerja Audit: Pengertian, Syarat, Tujuan!

“The Social Network” membius penonton dengan dedikasi dan kerja keras Mark dalam menghadapi tantangan dan rintangan untuk mewujudkan visinya. Film ini menjadi pengingat bahwa di balik kesuksesan sebuah inovasi terdapat upaya tak kenal lelah dan semangat pantang menyerah.

Jobs (2013)

Siapa yang tak mengenal sosok legendaris Steve Jobs? Pendiri Apple Inc yang mengubah wajah industri teknologi ini sudah menjadi ikon dunia. Film “Jobs” mengupas kisah inspiratif di balik kesuksesan Apple Inc yang dirintis oleh Steve Jobs. Dalam peran tersebut, aktor berbakat Ashton Kutcher hadir memerankan sosok Steve Jobs.

Film ini memaparkan perjalanan Steve Jobs dalam membangun kerajaan Apple, dari titik nol hingga melejit menjadi perusahaan teknologi terkemuka. Namun, film ini juga menyoroti masa ketika Steve dipecat dari perusahaan yang ia dirikan sendiri. Kendati begitu, kepala teguh Steve tak goyah. Ia mendirikan NeXT Computer, perusahaan IT yang mengembangkan perangkat komputer serta sistem operasi. Keberhasilan NeXT Computer membawanya mengakuisisi studio animasi Pixar dan meraih sukses besar melalui film Toy Story.

Namun, di pihak lain, Apple menghadapi krisis hampir mengarah ke kebangkrutan, dengan beberapa produk gagal di pasaran. Tepat di titik kritis tersebut, Steve kembali ke panggung Apple dan memulai perjuangan heroik untuk mengangkat kembali perusahaan yang hampir jatuh. Kembali mengemban peran sebagai CEO, Steve berhasil mengangkat kembali reputasi Apple dan mencetak sejarah kesuksesan yang terus berlanjut hingga saat ini.

“Jobs” adalah pengingat kuat bahwa semangat dan tekad dalam menghadapi cobaan dan kegagalan adalah kunci sejati meraih kejayaan.

Startup.com (2001)

“Startup.com” adalah film dokumenter yang diproduksi di Amerika pada tahun 2001. Film ini mengulas perjalanan naik turunnya startup GovWorks, yang berhasil mengumpulkan dana sebesar $60 juta dari investor ternama seperti Hearst Interactive Media, KKR, Dana Investasi New York, dan Sapient. Disutradarai oleh D.A. Pennebaker, film ini menawarkan pandangan menarik mengenai tahap awal perkembangan era dot com.

Selain menggambarkan dinamika perkembangan bisnis di era digital, film ini juga menggali konflik pribadi dan bisnis yang dapat merusak sebuah persahabatan. “Startup.com” adalah cerminan unik mengenai bagaimana persahabatan dapat diuji dan tercoreng akibat dinamika yang terjadi dalam perjalanan menjalankan sebuah startup.

***

Inilah beberapa saran film yang dapat menginspirasi Anda dalam semangat memajukan bisnis. Perjalanan bisnis memang memiliki tantangan yang kompleks, tetapi dengan tekad dan usaha yang tak kenal lelah, Anda bisa meraih kesuksesan. Harapannya, film-film di atas mampu memberikan inspirasi agar Anda terus berinovasi dan tak mudah menyerah ketika menghadapi hambatan.


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com