Manajemen Bisnis: Definisi, Fungsi & Komponennya - bloghrd.com



Manajemen bisnis adalah rangkaian proses di dalam kegiatan usaha yang meliputi perencanaan, pengerjaan hingga pengawasan. Tujuannya guna memaksumalkan hasil atau target yang telah disepakati perusahaan. Artikel ini akan membahas definisi hingga komponen dalam manajemen bisnis yang perlu Anda ketahui. Simak selengkapnya!

Definisi Manajemen Bisnis  

Dalam dunia usaha, istilah manajemen bisnis menjadi hal yang umum untuk dibicarakan. Apa sih sebenarnya yang disebut dengan manajemen bisnis? 
Manajemen bisnis merupakan serangkaian proses dalam kegiatan usaha yang meliputi perencanaan, pengerjaan hingga pengawasan dan bertujuan untuk memaksimalkan hasil atau target yang ingin dicapai. Tanpa didukung manajemen bisnis yang baik keuntungan penjualan tentu tidak akan didapatkan. Lalu, apa saja fungsi dan aspek-aspek yang ada di dalamnya? Simak selengkapnya di artikel ini. 

Fungsi Manajemen Bisnis 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa di dalam manajemen bisnis ada serangkaian kegiatan yang memiliki fungsinya masing-masing mulai dari perencanaan hingga pengawasan. Berikut ini beberapa fungsi yang ada dalam manajemen bisnis:

1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan merupakan langkah awal dalam kegiatan bisnis. Untuk membangun bisnis yang menguntungan dibutuhkan perencanaan yang matang. Mulai dari membuat rencana pemasaran, menentukan jenis produk yang ingin dijual & segmentasi pasar, kegiatan promosi yang ditawarkan. Selain itu perencanaan keuangan yang baik sangat diperlukan sebelum memulai sebuah bisnis. Pastikan untuk melakukan kalkulasi yang tepat untuk kegiatan bisnis yang lebih baik. 

BACA JUGA :  Selain THR, Ini Dia Ragam Jenis Tunjangan Karyawan

2. Pengelompokan (Organizing)

Jika perencanaan yang matang sudah dibuat, selanjutnya pengelompokan kerja harus ditentukan. Pengelompokan dibuat agar menciptakan sinergi dalam pekerjaan. Biasanya pembagian pekerjaan dilakukan berdasarkan fungsi masing-masing bagian seperti tim pemasaran, administrasi, logistik dan lain sebagainya. Diharapkan setelah adanya pengelompokan yang jelas, masing-masing bagian tidak perlu melakukan pekerjaan departemen lain dan dapat melakukan peran di bidangnya masing-masing secara maksimal untuk mendukung kemajuan perusahaan. 
Baca Juga: 4 Aplikasi UMKM yang Mampu Mempermudah Manajemen Usaha Anda

3. Sumber Daya (Staffing) 

Sumber daya yang unggul dan tepat guna dibutuhkan untuk mendorong kemajuan sebuah bisnis. Pengaturan sumber daya yang tepat baik itu bahan baku produk, mesin produksi yang digunakan tentu menjadi kunci suksesnya bisnis. Kesalahan dalam penentuan sumber daya tentu dapat menimbulkan kekecewaan pada pihak pelanggan atau membuat kerugian karena perusahaan Anda harus mengganti beberapa sumber daya yang digunakan karena mengalami kerusakan atau sebab lainnya. 

4. Pengaturan (Directing) 

Di dalam sebuah manajemen tentu diperlukan kepemimpinan yang penuh tanggung jawab serta mampu berkolaborasi dengan para karyawan. Pemimpin harus mampu untuk menyemangati karyawan agar dapat bekerja sesuai rencana yang sudah disepakati di awal. Dalam fungsi ini pimpinan sebaiknya turun untuk melihat secara langsung proses kerja timnya. Jika perlu berikan pemahaman saat ada pekerjaan yang tidak sesuai dengan rencana. 

5. Pengawasan (Controlling)

Fungsi pengendalian atau controlling ditujukan agar perusahaan dapat mengevaluasi kinerja dan sumber daya perusahaan. Sehingga kesalahan yang telah terjadi saat melakukan tugas tidak terulang di kemudian hari. Beberapa metode pengawasan yang biasa digunakan seperti routing, scheduling, dispatching dan follow up. 

BACA JUGA :  Prosedur Pencabutan Pengukuhan PKP

Komponen Manajemen Bisnis 

Selain memiliki beragam fungsi di dalamnya, manajemen bisnis memiliki beberapa unsur yang harus dijalankan. Masing-masing komponen memiliki unsur yang berbeda. Berikut ini berbagai komponen yang ada dalam manajemen bisnis: 

1. Manajemen Pemasaran

Pemasaran atau marketing merupakan komponen yang berupa perencanaan dan pengawasan terkait pemasaran produk. Bertujuan agar kegiatan promosi dapat berjalan dengan baik. Komponen pemasaran ini tentu harus diatur dengan baik, karena jika terjadi kesalahan maka produk tidak akan laris dipasaran. Penentuan strategi pemasaran sangat penting agar produk dapat diterima dan menarik perhatian calon konsumen. 

2. Manajemen Produksi 

Merupakan komponen pembuatan produk di perusahaan. Komponen ini meliputi kondisi mesin produksi, operator produksi dan peracikan bahan baku yang digunakan. 

3. Manajemen Distribusi 

Komponen manajemen ini merupakan kegiatan untuk memastikan kegiatan penyaluran produk sudah dilakukan dengan tepat. 

4. Manajemen SDM 

Di balik semua kegiatan produksi, pasti ada Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat secara langsung di dalamnya. Komponen ini bertujuan untuk mengatur SDM yang dimiliki oleh perusahaan. Tanpa pengaturan SDM yang tepat tentunya kegiatan produksi juga tidak akan berjalan dengan baik sehingga menyebabkan target perusahaan sulit tercapai. Peran departemen Human Resources Department (HRD) penting dalam komponen ini.

5. Manajemen Keuangan 

Selain semua kegiatan diatas, komponen ini tentu tidak kalah penting karena pengaturan anggaran di perusahaan menjadi salah satu kunci perusahaan dapat tetap bertahan dan beroperasi dengan baik. 
Baca Juga: e-Billing Pajak, Cara Mudah Buat ID Billing di Aplikasi Pajak

Atur Laporan Keuangan Perusahaan dengan Baik dan Bayar Pajak Usaha Anda di Aplikasi Pajak 

Dalam manajemen bisnis, laporan keuangan yang baik tentu menjadi pendukung sebuah perusahaan dapat bertumbuh secara bonafit.  Laporan keuangan tidak dapat dipisahkan dengan kewajiban pajak. Selain memaparkan informasi keuangan berdasarkan prinsip akuntansi yang telah ditentukan, penting juga untuk mengatur laporan yang berhubungan dengan kepentingan perpajakan. 
Sebagai mitra resmi DJP, Aplikasi Pajak memfasilitasi Anda untuk mengelola pajak secara efisien. Lapor dan bayar pajak kini dapat dilakukan secara terintegrasi di satu aplikasi sekaligus.
Apapun jenis usaha Anda, buat ID billing untuk berbagai jenis pajak lengkap dengan keterangan tertera untuk setiap Kode Jenis Pajak dan Kode Akun Pajak. Anda juga dapat membuat banyak ID Billing dan bayar semuanya sekaligus di Aplikasi Pajak.

BACA JUGA :  Perlukah Perusahaan Melaporkan Pinjaman Luar Negeri Swasta? Cari Tahu di Sini



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com