Pilihan Bisnis saat Memasuki Masa Pensiun - bloghrd.com



Masa pensiun bukanlah halangan bagi kita untuk berhenti bekerja dan menghasilkan uang. Ada berbagai pilihan bisnis/ peluang usaha yang bisa Anda geluti saat pensiun. Akan tetapi saking banyaknya pilihan bisnis, kita sering kali bimbang dalam menentukan pilihan bisnis apa yang cocok bagi kita. Bagaimana caranya memilih jenis usaha yang sesuai dengan kita?
Karakteristik pilihan usaha yang cocok bagi para pensiunan adalah:

  • Sektor usaha yang tidak beresiko tinggi agar masa tua pensiunan tidak berfikir terlalu keras.
  • Sektor usaha tersebut akan lebih baik apabila mudah dioperasikan mengingat kesehatan dan stamina pensiunan sudah tidak seaktif dulu saat masih menjadi karyawan.
  • Sektor usaha yang nilainya akan terus meningkat meskipun didiamkan.
  • Sektor usaha yang sesuai dengan hobby ataupun keahlian Anda akan menjadi nilai tambah, bisnis tersebut bisa membuat Anda lebih enjoy dalam menjalankannya.

Pilihan bisnis apa saja yang sekiranya sesuai dengan karakteristik usaha di atas? Sehingga para pensiunan dapat menjalankannya dengan santai. Peluang bisnis yang cocok dijalankan di masa pensiun meliputi sektor pertanian atau perkebunan, peternakan, pariwisata atau bisnis yang bersifat investasi seperti bisnis property atau jasa penyewaan.
a). Bisnis di sektor pertanian, perkebunan dan peternakan.
Sektor ini merupakan pilihan bisnis yang sangat tepat bagi para pensiunan. Sektor pertanian, perkebunan dan peternakan biasanya disenangi sebagian besar orang tua. Terlebih kebutuhan akan hasil pertanian dan peternakan sangatlah besar, sementara produsen yang ada belum menyerapnya secara maksimal.
Contoh : Bisnis peternakan ayam kampung, beternak lele, membudidayakan ikan hias, bisnis makanan organik, bisnis tanaman hias
b). Bisnis di sektor properti
Pilihan lain yang cocok bagi pensiunan adalah bidang property. Bisnis ini merupakan salah satu dari kebutuhan yang diperlukan oleh banyak orang dan enaknya lagi, Anda dapat menjalankannya dengan santai dari rumah saja. Investasi properti tidak ada ruginya, karena nilai jualnya selalu meningkat setiap tahun. Atau berbisnis kost-kostan dirumah atau lahan kosong yang Anda miliki juga sangat berpeluang, apalagi lokasinya di daerah kampus dan perkantoran pasti akan banyak yang membutuhkannya.
Contoh : Bisnis Kontrakan/ Guest house, Bisnis Kost-kostan, Lahan yang Anda punya bisa dijadikan tempat penitipan kendaraan bermotor.
c). Bisnis di sektor sarana transportasi
Sarana transportasi sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat dewasa ini. Membuka bisnis sarana transportasi juga merupakan pilihan bisnis yang menjanjikan bagi pensiunan. Sama seperti bisnis property, bisnis ini pun dapat Anda jalankan dari rumah saja.
Contoh : Bisnis jasa antar jemput anak sekolah, bisnis penyewaan mobil, motor, sepeda maupun bus
d). Bisnis yang sesuai dengan hobby Anda
Tentunya bisnis ini akan Anda jalankan dengan hati senang karena bisnis jenis ini sesuai dengan hobby Anda. Misalnya Anda senang menulis, Anda bisa mencoba menulis buku atau jika Anda hobby membaca dan mempunyai koleksi buku yang lumayan banyak, Anda bisa memulai bisnis membuka taman bacaan.
Pilihan sekarang ada di tangan Anda, pilihan bisnis apa yang Anda pilih dalam rangka mempersiapkan masa pension Anda. Semoga tips Bloghrd.com dapat membantu dan menginspirasi Anda dalam mengambil keputusan.
Sumber :
Diolah dari berbagai sumber
 
 

BACA JUGA :  Gaji Upah Manajer Hotel

 



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com