Gaji dan Fasilitas yang Didapat Perancang Grafis di Indonesia - bloghrd.com



Mayoritas orang-orang membutuhkan sesuatu yang indah dan sedap untuk dipandang. Desain grafis adalah salah satu ilmu yang mengajarkan bagaimana menciptakan dan memvisualisasikan keindahan-keindahan tersebut pada semua produk yang ada di dunia, menyampaikannya kepada media cetak/elektronik dan menyebarkannya ke segala penjuru.
Peranan perancang grafis begitu besar dalam menuntun pembaca untuk mendapatkan visualisasi, pengertian dan manfaat dari produk yang ditawarkan. Desain grafis yang akan memberi kesan indah dan sedap dipandang. Pekerjaan perancang grafis di media cetak sangatlah komplek, mulai dari penataan foto, penekanan pokok artikel dengan bentuk-bentuk huruf tertentu, merupakan kerja yang rumit dan berperanan. Yang pada akhirnya desain tersebut harus bisa menyampaikan sebuah informasi yang diinginkan oleh produk / klien dalam bentuk rancangan yang menarik.
Lalu, berapa gaji rata-rata yang bisa didapatkan oleh perancang grafis menurut hasil survey?
Bagan 1. Gaji/Bayaran Perancang Grafis rata-rata per bulan dilihat dari tahun pengalaman

Jenis Pekerjaan Tahun Pengalaman
Tidak ada pengalaman (dalam Rupiah) Kurang dari 5 tahun  5 – 10 tahun Lebih dari 10 tahun 
(dalam Rupiah) (dalam Rupiah) (dalam Rupiah)
Perancang Grafis (graphic designer) 1.639.246 1.809.836 – 2.358.053 3.091.438 – 4.198.118 > 4.391.349

Karena pekerjaannya yang kompleks, membutuhkan waktu dan ketekunan yang tinggi, tidak heran apabila gaji yang didapat oleh perancang grafis seharusnya tergolong besar. Akan tetapi, seperti yang ada dalam hasil survey, gaji yang didapat perancang grafis tergolong kecil. Maka dari itu banyak perancang grafis Indonesia sekarang beralih menjadi pekerja freelance, dikarenakan gaji yang dihasilkan jauh lebih besar dibanding menjadi pekerja tetap di sebuah perusahaan.
Lalu apa saja keuntungan yang bisa didapatkan? Berikut adalah bagan-bagan keuntungan/ fasilitas yang bisa didapat dari pekerjaan sebagai perancang grafis :
Bagan 2. Fasilitas dan Keuntungan Pekerjaan
Dari bagan diatas bisa kita simpulkan bahwa tidak banyak fasilitas yang bisa didapatkan oleh perancang grafis. Dari hasil survey, rata-rata orang yang berprofesi sebagai perancang grafis tidak mendapatkan jatah libur, bonus prestasi ataupun pembagian laba. 14% responden mengaku mereka memperoleh fasilitas mobil perusahaan dan 33% responden mendapat bonus akhir tahun.
Semoga informasi dari Bloghrd.com dapat membantu Anda dalam memilih pilihan karir yang tepat. Jangan lupa untuk mengisi Survei Gaji yang ada di Bloghrd.com untuk membantu membuat hasil survey menjadi lebih akurat.
Sumber :

BACA JUGA :  Indonesia - PT. Ching Luh Indonesia - 2013

 
 

 



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com