Apakah yang Dimaksud UMK dan Gaji Pokok Serta Contohnya dalam Bisnis

Apa itu contoh, arti pengertian Gaji Pokok dan UMK adalah? Bedanya dengan UMR adalah? Temukan penjelasan lengkapnya pada bloghrd.com disini.

UMK adalah Upah Minimum yang berlaku di suatu wilayah kabupaten atau kota.

UMK sendiri adalah kependekan dari Upah Minimum Kabupaten/Kota. Penetapan UMK berubah-ubah setiap tahunnya.

Penetapan tersebut ditentukan berdasarkan otonomi daerah masing-masing dan jumlahnya berbeda antara satu kabupaten dengan yang lainnya.

Menurut peraturan menteri tenaga kerja dan transmigrasi no. 7 tahun 2013 tentang upah minimum, UMK ditetapkan dan diumumkan oleh gubernur selambat-lambatnya tanggal 21 November.

Besarnya Upah Minimum Kabupaten/Kota juga harus lebih besar dari Upah Minimum Provinsi.

Apa Itu Contoh, Arti Pengertian Gaji Pokok, UMK Adalah Sebagai Berikut

UMK adalah Upah bulanan terendah karyawan atau pegawai yang terdiri atas upah pokok termasuk tunjangan tetap, yang berlaku di sebuah wilayah kabupaten/kota setelah ditetapkan oleh gubernur.

UMK menjadi patokan bagi perusahaan yang terdapat di wilayah tersebut untuk memberikan gaji kepada karyawan.

Apa itu contoh, arti pengertian Gaji Pokok dan UMK adalah? Bedanya dengan UMR adalah? Temukan penjelasan lengkapnya pada bloghrd.com disini.

Selain itu,dengan adanya UMK, para pelamar juga bisa membuat patokan harga upah kerja dalam suatu perusahaan.

Terutama untuk para fresh graduate yang baru saja akan memulai kerja.

Sedangkan gaji pokok adalah imbalan dasar yang dibayarkan kepada karyawan atau pegawai menurut tingkat atau jenis pekerjaan yang jumlahnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara kedua pihak.

Di beberapa perusahaan, UMK yang diterima oleh karyawan bisa sama dengan gaji pokok tetapi di perusahaan lain bisa juga tidak.

BACA JUGA :  3 Cara Teknologi Membantu Administrasi HR Saat Pandemi

Komponen yang Terdapat dalam UMK

 

Komponen UMK terdiri dari gaji pokok saja atau gaji pokok + tunjangan tetap.

Hal ini tergantung kepada kebijakan perusahaan yang memberikan gaji karena tidak semua perusahaan memiliki ketentuan yang sama antara satu dengan yang lain.

Baca Juga : Besaran Tunjangan Hari Raya dan Pajak Penghasilannya

Contoh Terkait UMK adalah sebagai berikut:

UMK yang ditetapkan gubernur di kota A sebesar Rp 2.000.000 per bulan. Ani dan Budi yang merupakan pemilik usaha akan memberikan upah kepada karyawannya sesuai UMK yang telah ditetapkan yaitu sebesar Rp 2.000.000.

Ani memberikan gaji pokok saja sebesar Rp 2.000.000 kepada karyawannya setiap bulan tanpa tambahan tunjangan lagi.

Sedangkan Budi memberikan gaji pokok sebesar Rp 2.000.000 dan di luar gaji pokok tersebut, Budi memberikan tunjangan transportasi dan kesehatan sebesar Rp 500.000 setiap bulan.

Di perusahaan milik Ani, karyawan telah menerima gaji pokok sebesar Rp 2.000.000. Yang mana menurut peraturan UMK setempat adalah sudah sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Sedangkan pada perusahaan Budi, karyawan menerima gaji pokok sebesar Rp 2.000.000 dan juga tunjangan sebesar Rp 500.000.

Baca Juga : Contoh Menghitung, Cara Perhitungan THR Lebaran

Dalam 2 kasus ini, semuanya sama-sama diperbolehkan karena tidak ada yang melanggar peraturan Upah minimum kabupaten/kota yang ditetapkan dalam wilayah tersebut.

Dengan contoh di atas, Anda bisa mengetahui 2 kasus pemberian gaji yang berbeda satu sama lain tetapi tetap mengikuti peraturan dari UMK yang berlaku.

Hal di atas akan melanggar peraturan jika gaji pokok yang diterima oleh karyawan adalah kurang dari Rp 2.000.000 seperti yang telah ditetapkan di area wilayah tersebut.

Maka dari itu, sebagai pemilik usaha, penting sekali untuk terus cermat terhadap perubahan UMK yang ditetapkan setiap tahunnya.

BACA JUGA :  Apakah Surat Keterangan Kerja & Paklaring adalah dokumen yang sama?

Agar perusahaan tidak melanggar peraturan dan mendapatkan sanksi yang membahayakan perusahaan.

Baca Juga : 5 Aplikasi Slip Gaji Online dengan Fitur Lengkap untuk UKM

Cara Kelola Pengaturan Gaji Pokok Dan UMK Adalah Lebih Mudah Dengan Aplikasi Payroll

Agar mengatur gaji pokok sesuai UMK menjadi lebih mudah, Anda bisa menggunakan software aplikasi payroll yang mudah dioperasikan.

Dengan program aplikasi payroll, gaji pokok akan secara otomatis mengikuti UMK wilayah perusahaan.

Sehingga Anda tidak perlu melakukan pencocokan dan perhitungan secara manual dan menghitung gaji karyawan satu per satu secara manual juga.

Apa itu contoh, arti pengertian Gaji Pokok dan UMK adalah seperti yang telah dijelaskan diatas. Semoga berguna, dan silahkan dibagiken ke media sosial Anda.

Baca Juga : Contoh Cara Membuat Slip Gaji di Excel


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *