Gaji Upah Tenaga Cuci dan Setrika dengan Tangan - bloghrd.com



Pada era modern seperti sekarang ini, teknologi telah mempermudah banyak aspek kehidupan manusia, termasuk dalam hal mencuci dan menyeterika pakaian. Namun, di Indonesia masih terdapat sejumlah orang yang melakukan pekerjaan ini secara manual, tanpa menggunakan mesin cuci atau setrika otomatis. Mereka adalah para pencuci dan penyeterika pakaian dengan menggunakan tangan.

Pekerjaan ini mungkin terdengar sederhana, namun sebenarnya membutuhkan keahlian dan ketelitian yang tinggi. Para pencuci dan penyeterika pakaian dengan menggunakan tangan harus memastikan bahwa pakaian yang mereka tangani benar-benar bersih dan rapi. Mereka harus dapat menghilangkan noda dan kotoran yang menempel pada pakaian, serta menjaga agar pakaian tetap terlihat segar dan bersih.

Selain mencuci dan menyeterika pakaian, para pekerja ini juga melakukan cuci kering untuk pakaian, kain linen, dan barang-barang tekstil lainnya. Mereka menggunakan teknik khusus yang memastikan bahwa pakaian tidak rusak atau luntur selama proses pencucian. Dalam melakukan pekerjaan ini, para pencuci dan penyeterika pakaian dengan menggunakan tangan harus memperhatikan jenis bahan pakaian dan memilih deterjen atau bahan pembersih yang tepat.

Tingkat pendidikan yang dibutuhkan untuk menjadi pencuci dan penyeterika pakaian dengan menggunakan tangan adalah tidak terampil. Meskipun demikian, mereka harus memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup dalam melakukan pekerjaan ini. Mereka harus terlatih dalam mengenali jenis-jenis noda pada pakaian dan mengetahui cara terbaik untuk menghilangkannya. Mereka juga harus memiliki ketelitian dan keahlian dalam menyeterika pakaian sehingga pakaian tetap terlihat rapi dan terawat.

Dalam hal gaji, mayoritas tenaga cuci dan setrika dengan tangan di Indonesia mendapatkan gaji antara IDR2,056,665 dan IDR4,860,418 per bulan pada tahun 2023. Gaji ini tentunya dapat berbeda-beda tergantung pada wilayah, pengalaman kerja, dan kualitas pekerjaan yang dilakukan.

BACA JUGA :  Cuti Bersama dan Hari Libur Nasional

Untuk tenaga cuci dan setrika dengan tangan level pemula, upah bulanan berkisar antara IDR2,056,665 hingga IDR4,063,390. Ini merupakan gaji awal yang diterima oleh para pekerja yang baru memasuki dunia kerja. Meskipun gaji ini tergolong rendah, namun dengan pengalaman dan peningkatan keterampilan, mereka memiliki potensi untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi di masa depan.

Setelah memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun, pendapatan para pencuci dan penyeterika pakaian dengan menggunakan tangan akan berada di antara IDR2,312,112 dan IDR4,581,409 per bulan. Ini menunjukkan adanya peningkatan gaji yang signifikan seiring dengan bertambahnya pengalaman kerja. Dengan kata lain, semakin lama dan semakin mahir seseorang dalam melakukan pekerjaan ini, maka semakin tinggi pula gaji yang akan diterima.

Dalam kesimpulan, pekerjaan sebagai pencuci dan penyeterika pakaian dengan menggunakan tangan masih diperlukan di Indonesia. Meskipun teknologi telah membuat proses mencuci dan menyeterika pakaian menjadi lebih mudah, namun masih terdapat orang-orang yang memilih untuk melakukan pekerjaan ini secara manual. Mereka memiliki keahlian dan pengalaman yang diperlukan untuk membuat pakaian tetap bersih, rapi, dan terawat. Meskipun tingkat pendidikan yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi, namun pekerjaan ini tetap membutuhkan ketelitian dan keahlian yang tinggi. Dalam hal gaji, para pencuci dan penyeterika pakaian dengan menggunakan tangan dapat memperoleh gaji yang cukup lumayan, terutama bagi mereka yang memiliki pengalaman kerja yang lebih lama.



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com