Gaji Upah Resepsionis Hotel - bloghrd.com



Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pekerjaan sebagai penerima tamu hotel. Sebagai seorang penerima tamu hotel, tugas utama yang diemban adalah mendaftarkan tamu-tamu yang datang, menunjukkan ruangan yang akan mereka tempati, memberikan kunci, serta menyediakan informasi mengenai berbagai layanan yang ada di hotel tersebut. Selain itu, penerima tamu hotel juga bertanggung jawab dalam membuat reservasi ruangan bagi tamu-tamu yang membutuhkan, serta mencatat informasi tentang ruangan yang dapat digunakan untuk penempatan tamu-tamu yang akan datang.

Selain bertanggung jawab atas pelayanan kepada tamu, penerima tamu hotel juga memiliki tugas dalam mengurus rekening biaya untuk tamu-tamu yang telah meninggalkan hotel. Hal ini termasuk mencatat biaya-biaya yang telah dikeluarkan oleh tamu selama menginap, seperti biaya makanan, minuman, dan fasilitas tambahan lainnya. Selanjutnya, penerima tamu hotel juga bertugas dalam menerima pembayaran dari tamu-tamu yang akan berangkat, serta memberikan bukti pembayaran kepada mereka.

Untuk menjadi seorang penerima tamu hotel, tingkat pendidikan yang diperlukan adalah tingkat semi-terampil. Hal ini menunjukkan bahwa pekerjaan ini membutuhkan pengetahuan dan keterampilan tertentu dalam menjalankan tugas-tugas yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, seorang penerima tamu hotel juga diharapkan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik dalam berbicara maupun menulis, serta memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris.

Dalam hal gaji, mayoritas resepsionis hotel di Indonesia mendapatkan gaji antara IDR1,832,993 dan IDR3,735,325 per bulan pada tahun 2023. Untuk resepsionis hotel level pemula, gaji bulanan yang diterima berkisar antara IDR1,832,993 hingga IDR3,590,810. Namun, setelah memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun, pendapatan mereka akan meningkat dan berada di antara IDR2,044,373 dan IDR3,996,897 per bulan.

BACA JUGA :  Gaji Upah Juru Tata Usaha Pergudangan

Dengan demikian, menjadi seorang penerima tamu hotel bukanlah pekerjaan yang mudah. Tugas-tugas yang diemban membutuhkan ketelitian, keterampilan komunikasi yang baik, serta kemampuan dalam mengelola informasi dan mengatur waktu. Namun, dengan gaji yang layak dan peluang untuk mengembangkan karir, pekerjaan ini tetap menarik bagi mereka yang tertarik dan memiliki minat dalam bidang perhotelan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pekerjaan sebagai penerima tamu hotel. Semoga informasi ini dapat memberikan gambaran lebih jelas tentang pekerjaan ini dan menjadi acuan bagi mereka yang berminat untuk berkarir di bidang perhotelan. Terima kasih atas perhatian yang diberikan.



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com