Tanggung Jawab, Jobdesk / Job Desk & Tugas Staff Admin Sales

Staff Admin Sales (Administrasi Penjualan) adalah peran yang krusial dalam mendukung departemen penjualan suatu perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk mengelola berbagai tugas administratif yang mendukung efisiensi operasional dan pencapaian target penjualan. Dalam tulisan ini, kita akan menguraikan secara rinci tanggung jawab, job desk / jobdesk, tugas, kualifikasi yang dibutuhkan, serta bagaimana HR dapat menilai kandidat untuk posisi Staff Admin Sales.

Tanggung Jawab, Jobdesk / Job Desk & Tugas Seorang Staff Admin Sales

Tanggung Jawab, Jobdesk / Job Desk & Tugas Seorang Staff Admin Sales

Seorang Staff Admin Sales memiliki beragam tanggung jawab yang mencakup berbagai aspek administratif dalam departemen penjualan. Berikut adalah tanggung jawab utama mereka:

Pengolahan Pesanan

Salah satu jobdesk /job desk & tugas pokok Staff Admin Sales adalah menerima, memproses, dan memastikan kelengkapan pesanan dari pelanggan. Ini melibatkan langkah-langkah seperti verifikasi rincian pesanan, seperti jumlah, harga, dan produk yang dipesan. Staff Admin Sales juga bertanggung jawab untuk memantau status pesanan dan memastikan pengiriman tepat waktu kepada pelanggan.

Pengelolaan pesanan dengan cermat dan efisien adalah penting karena kesalahan atau keterlambatan dalam pengiriman pesanan dapat memengaruhi kepuasan pelanggan dan reputasi perusahaan.

Administrasi Dokumen Penjualan

Staff Admin Sales juga bertanggung jawab untuk mengelola dan menyimpan dokumen-dokumen penjualan dengan rapi dan terorganisir. Ini mencakup dokumen seperti kontrak penjualan, faktur, dokumen pengiriman, dan lainnya. Memastikan bahwa dokumen-dokumen ini tersedia dan mudah diakses adalah penting untuk melacak dan memverifikasi transaksi penjualan.

Pengelolaan dokumen yang efisien juga diperlukan untuk memenuhi persyaratan hukum dan audit internal perusahaan.

Pengelolaan Database Pelanggan

Sebuah database pelanggan yang akurat adalah aset berharga bagi departemen penjualan. Staff Admin Sales bertanggung jawab untuk memasukkan data pelanggan baru, memperbarui informasi kontak pelanggan yang ada, dan memastikan keakuratan dan kelengkapan data pelanggan.

Dengan mengelola database pelanggan yang baik, perusahaan dapat lebih efektif dalam mengirimkan informasi promosi, mengidentifikasi peluang penjualan, dan menjaga hubungan positif dengan pelanggan.

Koordinasi dan Komunikasi Internal

Jobdesk /job desk & tugas Staff Admin Sales berperan sebagai penghubung antara tim penjualan, tim produksi, dan departemen terkait lainnya dalam perusahaan. Mereka memastikan aliran informasi yang lancar antara tim internal untuk memenuhi kebutuhan penjualan.

Koordinasi yang efektif adalah kunci untuk memastikan bahwa pesanan pelanggan diproses dengan benar, stok produk tersedia, dan semua pihak terlibat dalam pencapaian target penjualan.

Penyusunan Penawaran dan Proposal

Dalam beberapa kasus, Staff Admin Sales juga membantu tim penjualan dalam menyusun penawaran atau proposal penjualan kepada pelanggan. Ini melibatkan pengumpulan informasi produk atau jasa, perhitungan harga yang akurat, penyusunan dokumen penawaran yang lengkap, dan pengirimannya kepada pelanggan.

Penyusunan penawaran yang profesional dan komprehensif dapat membantu memenangkan bisnis baru dan mempertahankan pelanggan yang ada.

Pemantauan Persediaan

Jobdesk /job desk & tugas Staff Admin Sales memantau stok produk atau jasa yang tersedia dalam persediaan perusahaan. Mereka berkomunikasi dengan tim produksi atau pengadaan untuk memastikan ketersediaan yang cukup sesuai dengan permintaan pelanggan.

Dalam beberapa kasus, Staff Admin Sales juga dapat membantu dalam melakukan perhitungan stok dan menghasilkan laporan persediaan. Ini penting untuk menghindari kekurangan stok atau kelebihan persediaan yang dapat memengaruhi biaya operasional.

Pendukung Layanan Pelanggan

Sebagai bagian dari departemen penjualan, Staff Admin Sales juga berinteraksi dengan pelanggan. Mereka menangani pertanyaan umum dari pelanggan terkait dengan pesanan, pengiriman, atau faktur. Dalam hal ini, mereka berperan sebagai pendukung layanan pelanggan yang memberikan informasi yang diperlukan atau mengarahkan pelanggan ke tim yang sesuai jika ada permintaan lebih lanjut.

BACA JUGA :  Ketentuan Kerja Malam bagi Pekerja Perempuan

Interaksi dengan pelanggan harus dilakukan dengan sopan dan profesional untuk menjaga citra perusahaan.

Pelaporan dan Analisis

Staff Admin Sales memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan laporan penjualan, menganalisis data penjualan, dan menyusun presentasi atau grafik yang relevan. Mereka menggunakan perangkat lunak seperti spreadsheet atau perangkat lunak CRM (Customer Relationship Management) untuk memproses dan menganalisis data penjualan.

Analisis data penjualan dapat membantu manajemen dalam memantau kinerja penjualan, mengidentifikasi tren, dan membuat keputusan yang lebih baik untuk strategi penjualan.

Kualifikasi Seorang Staff Admin Sales

Untuk menjalankan tugas-tugas yang kompleks dan beragam dalam peran jobdesk /job desk & tugas Staff Admin Sales, seorang kandidat harus memenuhi sejumlah kualifikasi tertentu. Berikut adalah kualifikasi yang biasanya dibutuhkan:

Pendidikan Minimal S1

Kualifikasi pendidikan minimal yang umumnya dibutuhkan adalah gelar sarjana (S1) dalam semua jurusan. Meskipun tidak ada persyaratan khusus terkait jurusan, memiliki latar belakang pendidikan yang relevan dengan bisnis atau administrasi adalah nilai tambah.

Pendidikan tinggi memberikan dasar pengetahuan yang kuat untuk memahami tugas-tugas administratif dan penjualan.

Kemampuan Analisis Data dan Ketelitian

Staff Admin Sales sering kali harus berurusan dengan data penjualan dan dokumen-dokumen yang memerlukan ketelitian tinggi. Kemampuan untuk menganalisis data dengan tepat dan memastikan keakuratan informasi adalah kualifikasi yang penting.

Kandidat harus dapat menunjukkan kemampuan analisis data mereka dalam wawancara atau uji coba.

Mengoperasikan Program Microsoft Office

Seorang Staff Admin Sales harus memiliki kemampuan dalam mengoperasikan program Microsoft Office, terutama Microsoft Excel. Excel sering digunakan untuk mengelola data, membuat laporan, dan melakukan perhitungan harga.

Kandidat yang memiliki sertifikasi atau pelatihan dalam penggunaan perangkat lunak ini memiliki keunggulan.

Terbiasa dengan Data Berbasis Angka

Sebagian besar jobdesk /job desk & tugas seorang Staff Admin Sales berhubungan dengan data berbasis angka, seperti harga produk, jumlah pesanan, dan laporan penjualan. Kandidat harus merasa nyaman dalam beroperasi dengan data angka dan memiliki pemahaman dasar tentang konsep statistik.

Kemampuan untuk bekerja dengan spreadsheet dan perangkat lunak analisis data juga merupakan nilai tambah.

Integritas, Semangat Tinggi, dan Problem Solving

Seorang Staff Admin Sales harus memiliki integritas tinggi, semangat yang kuat, dan kemampuan problem solving yang baik. Mereka seringkali akan berurusan dengan informasi pelanggan sensitif dan harus dapat menjaga kerahasiaan data.

Kemampuan untuk mengatasi masalah dan menemukan solusi dalam situasi yang kompleks juga penting.

Seputar Tanggung Jawab, Job Desk dan Pekerjaan Staff Admin Sales

Seputar Tanggung Jawab, Job Desk dan Pekerjaan Staff Admin Sales

Sekarang, mari kita eksplorasi lebih lanjut apa yang sebenarnya dikerjakan juga jobdesk /job desk & tugas oleh seorang Staff Admin Sales dalam pekerjaan sehari-hari mereka.

1. Pengolahan Pesanan

Salah satu tugas paling penting seorang Staff Admin Sales adalah mengelola pesanan pelanggan. Ini mencakup menerima pesanan dari pelanggan atau tim penjualan, memprosesnya dalam sistem perusahaan, memverifikasi semua rincian pesanan, seperti jumlah, harga, dan produk yang dipesan, serta memastikan pengiriman yang tepat waktu. Staff Admin Sales harus memastikan bahwa setiap pesanan diproses dengan akurat dan efisien untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Selain itu, mereka juga harus mampu memantau status pesanan, termasuk memastikan bahwa barang yang dipesan tersedia dalam stok atau memastikan bahwa barang yang dipesan akan segera diproduksi atau dipasok. Kesalahan dalam pengelolaan pesanan dapat mengakibatkan kekecewaan pelanggan dan kerugian bagi perusahaan.

2. Administrasi Dokumen Penjualan

Staff Admin Sales bertanggung jawab untuk mengelola berbagai dokumen penjualan, seperti kontrak penjualan, faktur, dan dokumen pengiriman. Mereka harus memastikan bahwa dokumen-dokumen ini disimpan dengan rapi, mudah diakses, dan terorganisir sesuai dengan kebijakan perusahaan. Hal ini penting dalam hal audit, serta untuk memudahkan penelusuran dan verifikasi transaksi penjualan.

BACA JUGA :  Gaji Upah Pembuat dan Tukang Reparasi Peralatan Presisi

Mengelola dokumen dengan baik juga dapat membantu perusahaan dalam menghindari perselisihan dengan pelanggan dan memastikan bahwa semua persyaratan kontrak terpenuhi.

3. Pengelolaan Database Pelanggan

Sebuah database pelanggan yang terkelola dengan baik adalah aset berharga bagi departemen penjualan. Staff Admin Sales bertanggung jawab untuk memasukkan data pelanggan baru ke dalam database, memperbarui perubahan informasi kontak pelanggan yang ada, dan memastikan keakuratan dan kelengkapan data pelanggan.

Selain itu, mereka dapat membantu dalam mengumpulkan dan mengorganisir data pelanggan untuk analisis penjualan. Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang siapa pelanggan perusahaan dan apa yang mereka butuhkan, perusahaan dapat merancang strategi penjualan yang lebih efektif dan tepat sasaran.

4. Koordinasi dan Komunikasi Internal

Jobdesk /job desk & tugas Staff Admin Sales berperan sebagai penghubung antara berbagai tim di dalam perusahaan. Mereka harus berkomunikasi secara efektif dengan tim penjualan untuk memahami kebutuhan mereka, dengan tim produksi untuk memastikan stok tersedia, dan dengan departemen lain yang terkait dengan proses penjualan.

Koordinasi yang baik adalah kunci untuk menjaga kelancaran operasi dan memastikan bahwa semua tim berkolaborasi untuk mencapai tujuan penjualan. Staff Admin Sales harus mampu mengidentifikasi masalah atau kendala yang mungkin muncul dan mengkomunikasikannya kepada pihak yang berwenang untuk dicari solusi.

5. Penyusunan Penawaran dan Proposal

Dalam beberapa kasus, Staff Admin Sales juga dapat membantu tim penjualan dalam menyusun penawaran atau proposal penjualan kepada pelanggan. Mereka bekerja sama dengan tim penjualan untuk mengumpulkan informasi produk atau jasa, melakukan perhitungan harga yang akurat, menyusun dokumen penawaran yang lengkap, dan mengirimkannya kepada pelanggan.

Penawaran atau proposal yang baik adalah alat penting dalam memenangkan bisnis baru atau mempertahankan pelanggan yang ada. Staff Admin Sales dapat membantu memastikan bahwa semua informasi yang diperlukan disertakan dalam penawaran dan bahwa dokumen tersebut disusun secara profesional.

6. Pemantauan Persediaan

Jobdesk /job desk & tugas Staff Admin Sales memantau persediaan produk atau jasa yang tersedia dalam perusahaan. Mereka harus berkomunikasi dengan tim produksi atau tim pengadaan untuk memastikan bahwa stok cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Dalam beberapa kasus, Staff Admin Sales juga dapat membantu dalam melakukan perhitungan stok, menghasilkan laporan persediaan, dan memberikan wawasan yang berguna kepada manajemen. Manajemen persediaan yang efektif dapat membantu perusahaan menghindari kekurangan stok atau kelebihan persediaan yang dapat memengaruhi biaya operasional.

7. Pendukung Layanan Pelanggan

Sebagai bagian dari departemen penjualan, Staff Admin Sales juga berinteraksi dengan pelanggan. Mereka mungkin menerima pertanyaan umum dari pelanggan terkait dengan pesanan, pengiriman, atau faktur.

Dalam peran ini, mereka harus menjawab pertanyaan dengan cepat, membantu pelanggan dalam menyelesaikan masalah atau kekhawatiran, dan memberikan informasi yang diperlukan. Kepuasan pelanggan adalah prioritas utama, dan Staff Admin Sales memainkan peran penting dalam menjaga hubungan positif dengan pelanggan.

8. Pelaporan dan Analisis

Jobdesk /job desk & tugas Staff Admin Sales memiliki tanggung jawab untuk menyusun laporan penjualan, menganalisis data penjualan, dan menyusun presentasi atau grafik yang relevan. Mereka menggunakan perangkat lunak seperti spreadsheet atau perangkat lunak CRM (Customer Relationship Management) untuk memproses dan menganalisis data penjualan.

Analisis data penjualan adalah alat penting untuk memahami kinerja penjualan, mengidentifikasi tren, dan membuat keputusan yang lebih baik untuk strategi penjualan. Laporan yang disiapkan oleh Staff Admin Sales juga dapat digunakan oleh manajemen untuk memonitor pencapaian target penjualan dan mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan.

Bagaimana Cara Menilai Kandidat Staff Admin Sales?

Proses rekrutmen untuk posisi Staff Admin Sales harus dilakukan dengan cermat untuk memastikan bahwa kandidat yang dipilih memiliki kualifikasi dan keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan. HR dapat menggunakan berbagai metode untuk menilai kandidat potensial. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menilai kandidat Staff Admin Sales:

BACA JUGA :  Bagaimana Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online & Offline?

1. Kemampuan Administrasi

Pertama-tama, evaluasi kemampuan administratif kandidat. Tanyakan kepada mereka tentang pengalaman mereka dalam mengelola pesanan, mengorganisir dokumen penjualan, dan memproses informasi pelanggan. Anda dapat memberikan situasi hipotetis dan meminta mereka menjelaskan langkah-langkah yang akan mereka ambil dalam mengelola pesanan atau dokumen yang kompleks.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan tugas praktis, seperti menyusun daftar pesanan palsu atau mengelola beberapa dokumen penjualan fiktif, dan kemudian menilai kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas tersebut dengan akurat dan efisien.

2. Kemampuan Komunikasi

Staff Admin Sales harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tertulis. Tanyakan kepada kandidat tentang pengalaman mereka dalam berkomunikasi dengan tim penjualan, pelanggan, dan tim internal perusahaan. Ajukan situasi di mana mereka harus menangani pertanyaan atau masalah komunikasi yang mungkin muncul.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan tes tulisan atau peran bermain di mana kandidat harus berkomunikasi dengan pelanggan melalui email atau telepon dan menilai kemampuan mereka dalam memberikan tanggapan yang jelas dan informatif.

3. Keakuratan dan Perhatian terhadap Detail

Keakuratan dan perhatian terhadap detail adalah kualifikasi yang penting untuk menjalankan jobdesk /job desk & tugas seorang Staff Admin Sales. Tanyakan kepada kandidat tentang pengalaman mereka dalam memastikan keakuratan data dan informasi, terutama dalam mengelola pesanan atau dokumen yang melibatkan angka-angka penting.

Anda dapat memberikan contoh kasus di mana ketelitian sangat penting, seperti mengelola pesanan dengan rincian yang kompleks atau mengorganisir dokumen kontrak yang rumit, dan menilai bagaimana kandidat menangani situasi tersebut.

4. Pengorganisasian dan Pengelolaan Waktu

Seorang Staff Admin Sales harus memiliki keterampilan pengorganisasian yang baik dan mampu mengelola waktu dengan efisien. Tanyakan kepada kandidat tentang metode mereka dalam mengatur prioritas tugas, mengelola deadline, dan mengatasi tuntutan yang berbeda secara efisien.

Anda juga dapat memberikan tugas di mana kandidat harus mengorganisir serangkaian tugas yang kompleks atau mengelola proyek yang melibatkan berbagai tahapan dan batas waktu.

5. Kerja Tim

Staff Admin Sales seringkali harus bekerja dalam tim dan berkolaborasi dengan berbagai anggota tim. Tanyakan kepada kandidat tentang pengalaman mereka dalam berkolaborasi dengan tim penjualan, tim produksi, atau tim lainnya di dalam perusahaan untuk mencapai tujuan penjualan bersama.

Berikan situasi di mana mereka harus bekerja dalam tim virtual atau bekerja dengan anggota tim yang berbeda secara geografis, dan tinjau kemampuan mereka dalam beradaptasi dan bekerja sama dalam berbagai lingkungan tim.

6. Ketekunan dan Kerja Keras

Staff Admin Sales seringkali menghadapi tugas-tugas administratif yang kompleks dan tuntutan penjualan yang berubah-ubah. Tinjau pengalaman sebelumnya yang menunjukkan ketekunan dan kemampuan untuk mengatasi tantangan.

Anda dapat bertanya kepada kandidat tentang situasi di mana mereka harus bekerja dengan deadline yang ketat atau dalam situasi tekanan, dan bagaimana mereka berhasil mengatasinya.

Kesimpulan: Tanggung Jawab, Job Desk & Tugas Admin Sales

Seorang Staff Admin Sales memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung departemen penjualan dan memastikan kelancaran operasional. Tanggung jawab mereka mencakup berbagai aspek administratif, dari pengolahan pesanan hingga pengelolaan dokumen penjualan, database pelanggan, koordinasi tim internal, dan analisis data penjualan.

Kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi ini mencakup pendidikan minimal S1, kemampuan analisis data, kemampuan mengoperasikan perangkat lunak Microsoft Office, keterampilan dalam mengelola data berbasis angka, integritas, semangat tinggi, dan kemampuan problem solving.

Untuk menilai kandidat Staff Admin Sales, HR dapat menggunakan berbagai metode yang mencakup pengujian kemampuan administratif, komunikasi, perhatian terhadap detail, pengorganisasian, kerja tim, dan ketekunan. Dengan seleksi yang tepat, perusahaan dapat memastikan bahwa Staff Admin Sales yang dipilih memiliki kemampuan dan kualitas yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan kesuksesan departemen penjualan.

Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com