Cara Buat Slip Gaji Sendiri, Simak 4 Langkah Mudahnya! - bloghrd.com



Anda yang mampir ke artikel ini mungkin sedang mencari cara buat slip gaji sendiri, namun sebaiknya ketahui dulu apa sih yang dimaksud dengan gaji dan slip gaji sebelum berbicara lebih lanjut mengenai cara buat slip gaji sendiri. Maka simak ulasan selengkapnya, di artikel ini. 

Cara Simpel Buat Slip Gaji Sendiri

Ketika sudah bekerja, gajian pasti jadi hal yang sangat ditunggu-tunggu. Bukti pembayaran saat gaji Anda sudah dibayarkan biasanya menggunakan selembar kertas yang dinamakan slip gaji. Jika Anda merupa kan seorang pengusaha yang memiliki karyawan dan ingin mengetahui cara buat slip gaji sendiri, kami memiliki cara buat slip gaji yang dapat Anda terapkan pada usaha Anda.
Gaji merupakan imbalan yang diberikan perusahaan kepada semua karyawan atas kewajiban yang telah dilakukan kepada perusahaan. Dengan kata lain, gaji juga merupakan penghargaan bagi para karyawan yang telah berkontribusi untuk menjalankan visi perusahaan sesuai dengan bidangnya masing-masing.
Sedangkan slip gaji merupakan catatan ringkas yang berisi rincian hak yang semestinya diperoleh karyawan dalam periode tertentu sekaligus dengan pemotongan iuran wajib bagi karyawan, termasuk iuran BPJS sebagai pengurangan pendapatan bulanan dan potongan pajak yang dikenakan pada gaji karyawan.
Baca Juga: Ini Aplikasi Slip Gaji Online & 8 Manfaatnya 
Selain berisi catatan pendapatan bulanan karyawan, slip gaji juga berfungsi untuk transparansi keuangan agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang seharusnya tidak terjadi. Bagi karyawan, slip gaji juga berfungsi sebagai salah satu faktor pertimbangan pengajuan KPR, listing kendaraan atau kartu kredit karyawan kepada bank atau pihak developer perumahan.
Apa sih yang perlu diperhatikan dalam cara buat slip gaji sendiri? Hal apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat slip gaji sendiri?
Sebelum membuat slip gaji pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu format sebuah slip gaji. Apa saja elemen yang harus ada dalam sebuah slip gaji?

  • Informasi Perusahaan
  • Data Karyawan
  • Rincian Gaji
  • Potongan Gaji
  • Tanggal Dikeluarkannya Slip Gaji
BACA JUGA :  Alamat, Lokasi dan Kontak KPP Pratama Lhokseumawe

Baca Juga: Bingung Bikin Format Slip Gaji? Cari Tahu di Sini!

Cara Buat Slip Gaji dengan Excel 

Setelah mengetahui bagian-bagian apa saja yang  ada dalam slip gaji, pasti akan lebih mudah untuk menerapkan cara buat slip gaji sendiri.

1.Buka Microsoft Excel dan buat tabel 

Cara buat slip gaji dari excel yang pertama adalah membuka program Microsoft Excel. Persiapkan jumlah kolom tabel sesuai dengan format slip gaji yang Anda inginkan. Pastikan Anda sudah mengetahui dan memahami cara mengoperasikan Microsoft Excel untuk standar.

2. Isi Rincian Tabel 

Setelah tabel berhasil dibuat, masukin rincian dari slip gaji pada tabel. Rincian yang dijelaskan di atas, yaitu rincian gaji, bonus, tunjangan, lembur dan lainnya. Pastikan untuk membuat setiap sheet untuk masing-masing keperluan.
Jangan lupa untuk memasukan informasi mengenai perusahaan Anda pada kop slip gaji beserta informasi lainnya.

3. Rumus Slip Gaji 

Saat menggunakan rumus slip gaji excel, pastikan untuk  mengisi tabel dengan rumus VLOOKUP. Perlu diingat, Anda tidak perlu memasukan angka-angka secara manual. Sehingga saat terjadi kesalahan dan adanya perubahan jumlah nominal yang harus Anda masukan, Anda tidak perlu mengganti nominal pada semua tabel. Penggunaan rumus ini tentu akan menghemat waktu dan meminimalisir kesalahan dalam perhitungan.
Baca Juga: Ini 3 Kriteria Perbedaan Upah dan Gaji 

Tidak seperti rumus slip gaji dimana secara otomatis Anda menggunakan rumus VLOOKUP, untuk rumus perhitungan PPh sendiri anda perlu menyesuaikannya dengan ketentuan perpajakan yang berlaku. Berapa persen yang harus dipotong dari total penghasilan. Setelah itu jumlahkan semua penerimaan dengan rumus SUM dikurangi dengan total potongan. Inilah cara mendapatkan gaji bersih karyawan.
Bagaimana, cukup mudah, bukan? Bagi Anda yang sudah menguasai rumus-rumus dasar excel, tentu cara ini sangat mudah, namun bagi Anda yang belum paham rumus dasar excel, Anda dapat melakukan perhitungan gaji secara otomatis di aplikasi PPh 21 Aplikasi Pajak
Selain menghitung gaji bersih, Anda dapat melakukan perhitungan PPh Pasal 21, BPJS untuk karyawan tetap dan tidak tetap hingga pembetulan SPT Masa PPh Pasal 21 secara akurat dan otomatis. a
Gunakan Aplikasi Pajak untuk mengelola Pajak Karyawan atau PPh Pasal 21 Anda secara terintegrasi sehingga kepatuhan perpajakan Anda dapat dikelola dengan lebih mudah. Apa saja yang akan Anda dapatkan saat mengelola pajak karyawan dengan Aplikasi Pajak? Simak selengkapnya, di sini.

BACA JUGA :  Ini Daftar UU yang Mengatur PPN dan Regulasi Terbaru yang Berlaku



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com