Aplikasi Slip Gaji Excel vs Online, Mana Lebih Baik?

Aplikasi Slip Gaji Excel vs Online, Mana Lebih Baik? Temukan jawabannya dengan membaca tulisan di bloghrd.com di sini ya!

Slip gaji merupakan komponen penting yang menjadi bukti atas transparansi perusahaan dalam pembayaran gaji karyawan mereka.

Penting bagi setiap perusahaan untuk menyediakan slip gaji, entah menggunakan aplikasi slip gaji yang menggunakan microsoft excel atau online.

Namun yang pasti slip gaji harus diberikan kepada karyawan bersamaan dengan pelunasan gaji bulanan mereka supaya nilai yang didapatkan karyawan dapat dipertanggungjawabkan.

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada dua jenis program yang menjadi primadona dalam urusan penyediaan slip gaji karyawan yaitu Excel dan aplikasi slip gaji online.

Penggunaan Excel untuk dalam proses penyediaan slip gaji telah lebih lama diadopsi berbagai perusahaan sebelum aplikasi slip gaji online muncul.

Lantas, dari kedua aplikasi tersebut, manakah yang lebih unggul untuk digunakan?

Mari kita bahas perbandingan antara Excel dan aplikasi slip gaji online.

Aplikasi Slip Gaji Excel vs Online, Mana Lebih Baik?

Aplikasi Slip Gaji Excel vs Online, Mana Lebih Baik? Temukan jawabannya dengan membaca tulisan di bloghrd.com di sini ya!

Berikut penjelasannya!

1.   Reliabilitas

Staf HR dan finance dalam sebuah perusahaan pasti memprioritaskan faktor reliabilitas pada aplikasi yang mereka gunakan untuk membuat slip gaji karyawan.

Penggunaan rumus microsoft Excel untuk menyelesaikan slip gaji dengan cepat, mereka membutuhkan medium yang dapat diandalkan dalam urusan data entry hingga penghitungan gaji.

Perhitungan gaji dalam Excel dapat dilakukan menggunakan berbagai formula yang tersedia.

Sayangnya, perhitungan formula dalam Excel sering mengalami kendala penyalinan, apalagi Ketika kita harus menambahkan baris dan variabel lain dalam penghitungan.

BACA JUGA :  Apa Keuntungan Menggunakan Software Absensi Online Bagi Perusahaan Dan Karyawan?

Hal seperti ini tidak akan ditemui saat kita menggunakan aplikasi slip gaji online yang memiliki fitur kalkulasi secara otomatis.

Baca Juga : Berbagai Model Bisnis Baru Menjanjikan di Industri Jasa

2.   Fleksibilitas

Faktor lain yang juga krusial untuk penghitungan gaji dan pembuatan slip gaji adalah kemampuan medium yang digunakan untuk menyesuaikan perubahan yang terjadi.

Lain karyawan pasti lain juga variabel perhitungannya. Apalagi, perusahaan sering memberikan insentif-insentif tambahan kepada karyawan.

Saat isu tersebut terjadi pada perusahaan yang masih mengandalkan perhitungan gaji dan pembuatan slip gaji menggunakan Excel, para staf finance dan HR akan mendapatkan beban yang berat dan waktu mereka akan tersita lebih banyak karena harus menyesuaikan setiap formula dalam Excel.

Sedangkan, perusahaan yang telah mengadopsi sistem slip gaji online hanya perlu melakukan penyesuaian secara keseluruhan dalam aplikasi tersebut sehingga tugas finance dan HR menjadi lebih ringan.

Baca Juga : Alasan Mengapa Payroll Software Dibutuhkan Perusahaan Sekarang?

3.   Akses

Para karyawan seringkali membutuhkan slip gaji untuk berbagai urusan, misalnya urusan pengajuan kredit.

Di era modern ini, karyawan lebih nyaman meminta slip gaji secara digital ketimbang dalam bentuk kertas.

Jika HR dan finance masih menggunakan Excel untuk pembuatan slip gaji, maka mereka harus melakukan distribusi slip gaji digital secara manual melalui e-mail.

Proses inipun akan memakan banyak waktu para staf HR dan finance untuk mengerjakannya.

Adopsi aplikasi slip gaji online dapat memangkas proses tersebut karena arsip digital slip gaji langsung tersedia dalam hitungan detik saat data penggajian dimasukkan.

Selain itu karyawan dapat mengaksesnya melalui aplikasi tersebut kapan saja.

Baca Juga : Manfaat Slip Pembayaran Elektronik Bagi Perusahaan

BACA JUGA :  Cara Menghitung Upah Lembur Karyawan Masuk Kerja di Hari Sabtu Minggu

Adopsi Aplikasi Slip Gaji Online yang Multifungsi

Dengan mempertimbangkan ketiga faktor yang dijelaskan diatas, tentunya para pemimpin perusahaan tidak akan ragu untuk mengadopsi aplikasi slip gaji online.

Mari tinggalkan pembuatan slip gaji secara manual dan memanfaatkan software slip gaji online.

Berbagai proses payroll yang kerap menyita waktu HR dan finance dapat dipangkas dengan produk solusi teknologi aplikasi slip gaji online yang mampu mengotomasi penghitungan gaji dan format slip gaji karyawan.


Leave a Reply

Your email address will not be published.