Minat Bisnis Franchise? Pelajari Dulu Arti Waralaba

Berminat bisnis Franchise? Pelajari dulu deh arti waralaba di bloghrd.com ini! Saat ini berbagai pilihan bisnis sudah banyak sekali ditawarkan, salah satunya adalah bisnis waralaba atau franchise.

Awalnya bisnis waralaba pertama kali dikenalkan sejak tahun 1850-an, ketika seorang penjahit Isaac Singer ingin mendistribusikan mesin jahitnya.

Pada kenyataannya usahanya belum berhasil, namun berkat idenya, usaha waralaba dapat berkembang pesat hingga sekarang.

Setiap tahun, jumlah bisnis waralaba di Indonesia semakin bertambah banyak.

Hal ini tidak terlepas dari banyaknya jumlah sumber daya alam di negeri ini.

Mungkin selain ide berbisnis ternak lele, kamu juga bisa mencoba untuk bisnis waralaba ini ya.

Apa Itu Franchise Atau Arti Waralaba Adalah? Pelajari Disini Ya!

Istilah waralaba atau franchise mungkin saja sudah tidak asing terdengar, namun bagi Anda yang tertarik untuk membuat bisnis jenis ini, yuk pelajari dulu lebih lanjut di sini!

Apa Itu Franchise Atau Arti Waralaba Adalah Pelajari Disini Ya!

Sekilas tentang Bisnis Waralaba

Menurut Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2007, arti definisi waralaba adalah sebagai hak khusus yang dimiliki oleh perseroan atau badan usaha.

Menurut Asosiasi Franchise Indonesia disini, arti franchise atau waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan franchisor (pewaralaba) yang memberikan hak untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu serta meliputi area tertentu.

Pewaralaba atau franchisor orang atau badan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan atau menggunakan ciri khas usahanya.

Orang atau badan usaha yang menerima hak waralaba disebut dengan franchisee.

Jenis-Jenis Bisnis Waralaba Yang Ada Berdasarkan Beberapa Definisi

Jenis-Jenis Bisnis Waralaba Yang Ada Berdasarkan Beberapa Definisi

Berdasarkan jenisnya, bisnis waralaba dibagi menjadi:

  • Berdasarkan Apa yang Ditawarkan
BACA JUGA :  Seluk Beluk Cara Budidaya Lele di Indonesia

Setiap jenis waralaba tentu menawarkan hal-hal yang berbeda tergantung dari apa yang menjadi fokusnya.

Berikut ini adalah jenis waralaba berdasarkan apa yang mereka tawarkan:

  • Produk: Waralaba jenis ini menawarkan produk akhir berupa makanan, minuman, atau barang yang siap pakai. Contohnya adalah KFC, McDonald, Pizza Hut, Cha Time, Dum Dum, dan masih banyak yang lainnya.
  • Jasa: Bentuk jasa dari bisnis waralaba yang sering Anda lihat adalah usaha laundry dengan target anak kos atau ibu-ibu yang tidak sempat menyuci baju sendiri.
  • Gabungan: Ini merupakan gabungan dari jenis waralaba jasa dan waralaba produk secara bersamaan.

Jadi sekarang sudah jelas bukan arti waralaba berdasarkan apa yang ditawarkan?

  • Berdasarkan Tempat Asalnya

Bisnis waralaba tidak hanya marak di Indonesia saja, tetapi juga seluruh dunia. Waralaba berdasarkan tempatnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Waralaba dalam negeri: Jenis waralaba ini dinilai lebih mudah diikuti bagi para pemula karena penggemar produk atau jasanya sudah lumayan banyak sehingga tidak perlu gencar promosi. Contohnya saja Es Teler 77 dan Kebab Baba Rafi.
  • Waralaba luar negeri: Jenis waralaba ini cenderung lebih disukai oleh masyarakat karena sudah memiliki reputasi yang bagus. Misalnya saja KFC, Burger King, atau McDonald yang sering Anda jumpai di sekitar.

Jadi diatas adalah franchise atau arti waralaba berdasarkan tempat asalnya ya.

Menurut IFA, ada empat penggolongan usaha waralaba yang diakui

  • Berdasarkan Ketentuan International Franchise Association (IFA)

Menurut IFA, ada empat penggolongan usaha waralaba yang diakui, yaitu:

  • Product franchise: Jenis waralaba ini sangat memungkinkan produsen untuk memiliki hak mengontrol semua detail yang berhubungan dengan distribusi produk.
  • Manufacturing franchise: Ini merupakan jenis waralaba yang memberikan hak jual kepada badan usaha untuk memproduksi barang setengah dengan syarat menggunakan merek dagang atau merek waralaba yang sudah punya nama.
  • Business Opportunity Ventures: Waralaba ini mewajibkan pemilik bisnis untuk membeli dan mendistribusikan produk dari perusahaan tertentu. Dalam waralaba jenis ini, pelanggan dan rekening bagi pemilik bisnis waralaba sudah disiapkan oleh perusahaan.
  • Business Format Franchising: Ini merupakan jenis waralaba yang memberikan pilihan bagi pemilik bisnis untuk menggunakan merek dagang dari perusahaan. Perusahaan akan memberikan bantuan persediaan barang, dan pemilik bisnis wajib membelinya dan menyediakan royalti sesuai dengan SOP yang berlaku.
BACA JUGA :  5 Cara Memperluas Koneksi Untuk Perluas Jaringan Bisnis

Nah, kalau diatas itu arti waralaba atau franchise berdasarkan ketentuan International Franchise Association (IFA).

Pada dasarnya kesuksesan bisnis waralaba tidak hanya bergantung dari jenis produk yang akan Anda jual saja.

Namun pengelolaan keuangan dan sistem informasi manajemen karyawan di dalam bisnis waralaba sangat penting dan dapat menentukan kemajuan usaha.


Leave a Reply

Your email address will not be published.