Visi dan Misi: Dari Pengertian Hingga Fungsi Dalam Perusahaan

Ketahui tentang pengertian hingga fungsi visi dan misi di dalam perusahaan pada bloghrd.com

Perubahan merupakan hal yang mutlak terjadi pada setiap bidang kehidupan, termasuk didalamnya adalah perubahan yang terjadi pada dunia bisnis.

Oleh karena itu, setiap bisnis atau perusahaan wajib memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan itu sendiri.

Salah satunya adalah dengan memiliki visi dan misi perusahaan yang jelas.

Perubahan pada hakikatnya dapat terjadi secara mendadak, misalnya dengan rencana pemerintah untuk memberlakukan new normal di Indonesia terkait dengan pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Kebijakan ini tentunya dapat memberikan dampak signifikan kepada organisasi atau perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

Dengan perubahan-perubahan yang terjadi baik secara mendadak maupun memang direncanakan, perusahaan harus tetap bisa mempertahankan daya saing agar eksis di dalam dunia bisnis.

Tujuan bersama dan pandangan serta perencanaan di masa yang akan datang, merupakan salah satu langkah perusahaan untuk bisa bergerak dan beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada.

Karenanya visi dan misi memiliki peranan penting dalam mewujudkan hal ini.

Pengertian Visi dan Misi Dalam Lingkup Perusahaan

Pengertian Visi dan Misi Dalam Lingkup Perusahaan

Kata visi dan misi memang sudah tidak asing lagi didengar, baik dalam bidang pendidikan, organisasi, perusahaan, atau bahkan bagi dalam lingkup pribadi. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan visi dan juga misi itu sendiri?

Menurut Hax & Majluf (dalam Calam & Qurniati, 2016) visi merupakan pernyataan yang merupakan sarana untuk:

  • Mengkomunikasikan alasan keberadaan organisasi dalam arti tujuan dan tugas pokok.
  • Memperlihatkan framework hubungan antara organisasi dengan stakeholders (sumber daya manusia organisasi, konsumen/citizen dan pihak lain yang terkait)
  • Menyatakan sasaran utama kinerja organisasi dalam arti pertumbuhan dan perkembangan.
BACA JUGA :  Perbandingan Absensi Manual dan Absensi Digital untuk Perusahaan

Bila diartikan secara umum, visi merupakan sebuah gambaran akan tujuan perusahaan di masa depan atau masa yang akan datang.

Yang kemudian, tujuan-tujuan yang terdapat di dalam misi ini didukung oleh adanya misi perusahaan.

Sedangkan misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus dilakukan persh atau organisasi dalam rangka mewujudkan visi yang ada, atau dapat dikatakan bahwa misi merupakan penunjang terwujudnya suatu visi.

Lebih lanjut Calam & Qurniati (2016) menjabarkan pernyataan dalam misi, harus memiliki 3 (tiga) unsur berikut:

  • Menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh organisasi dan bidang kegiatan utama dari organisasi yang bersangkutan.
  • Secara eksplisit mengandung apa yang harus dilakukan untuk mencapainya.
  • Mengundang partisipasi masyarakat luas terhadap perkembangan bidang utama yang digeluti organisasi.

Baca Juga : Apa Keuntungan Menggunakan Software Absensi Online

Unsur Penting Yang Harus Terkandung Di Dalam Visi dan Misi Perusahaan

Unsur Penting Yang Harus Terkandung Di Dalam Visi dan Misi Perusahaan

Sebagai kunci dan pedoman bergeraknya perusahaan ke arah masa depan yang lebih maju, perumusan visi dan misi juga harus dipikirkan dengan baik.

Visi dan misi haruslah berangkat dari nilai-nilai yang mencerminkan persh atau organisasi itu sendiri, oleh karena itu hal ini harus bersifat unik sehingga juga dapat menjadi identitas bagi perusahaan tersebut.

Baca Juga : Apa Fungsi Utama Software HR Dalam Menjalankan Bisnis Anda?

Agar visi juga misi bisa menjadi pegangan dan ciri daripada perusahaan, terdapat beberapa unsur yang harus terkandung dalam visi dan misi perusahaan yaitu:

  • Unsur stakeholder yang artinya adalah memperhatikan kelompok-kelompok yang termasuk kedalam target dari stakeholder yang terkait dengan perusahaan, baik itu karyawan, pemilik saham, pelanggan dan masyarakat.
  • Unsur cakupan dari visi dan misi itu sendiri, yang dimaksud dengan unsur cakupan adalah bagaimana hal ini bisa mengandung mengandung unsur inti, filsafat, rencana, tujuan serta strategi dari perusahaan itu sendiri. Semakin luas cakupannya, maka akan semakin jelas dan kaya visi dan misi yang di bangun.
  • Unsur penggunaan bahasa dan kalimat yang digunakan dalam visi dan misi perusahaan, dimana penggunaan bahasa dan pemilihan kalimat harus bisa mendorong pihak- pihak penting pada perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama.
BACA JUGA :  Cara Mendaftar SIPP Online dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Fungsi Visi dan Misi Perusahaan

Unsur-unsur penting yang harus terkandung dalam visi dan misi perusahaan, berkaitan dengan fungsi dari hal tersebut tersebut. Secara garis besar, fungsi visi dan misi perusahaan terbagi menjadi 4 (empat) yaitu:

  • Sebagai panduan dalam membuat suatu keputusan dalam perusahaan.
  • Sebagai alat pemersatu perusahaan.
  • Sebagai daya tarik perusahaan terhadap customer.
  • Sebagai alat dalam membentuk kemitraan karena visi dan misi dapat menunjukkan komitmen sekaligus integritas yang dimiliki perusahaan.

Oleh karena itu, penting untuk membuat visi dan misi bagi perusahaan.

Dan dalam proses pembuatannya, harus melihat dan berunsur kepada nilai-nilai dan filsafat yang dianut oleh perusahaan tersebut.

Baca Juga : Fungsi, Jenis, Pengertian Sistem Informasi Manajemen Adalah?

Gunakan Software HRD

Agar visi dan misi dapat dibuat sesuai dengan perusahaan dan menjadi keunikan serta identitas bagi perusahaan itu sendiri, perlu kiranya tim HR sebagai salah satu tim yang berkaitan erat dengan manajemen perusahaan membantu menemukan nilai-nilai apa saja yang dimiliki perusahaan dan dapat digunakan untuk membentuk visi-misi yang sesuai.

Karenanya, penggunaan software HR di perusahaan akan dapat membantu tim HR dalam melakukan pekerjaan administratif yang biasanya membutuhkan banyak waktu dalam pekerjaannya.

Dengan memanfaatkan software HR, maka tim HR bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengerjakan pengembangan visi dan misi perusahaan.

Ada banyak software HRIS dan payroll yang dapat mempermudah Anda dalam mengefektifkan waktu kerja tim HR.

Jadi bisa dipilih sesuai kebutuhan di perusahaan Anda.

Baca Juga : Rumus Excel Lengkap Untuk Permudah Kerja HRD


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *