Cara Mengatasi Angka Pengangguran Yang Semakin Tinggi - bloghrd.com

Masalah pengangguran di setiap negara memang tidak bisa dianggap remeh, termasuk di Indonesia. Berdasarkan catatan dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di tahun 2017 mengalami kenaikan 10 ribu menjadi 7,04 juta orang. Tentu saja hal ini tidak bisa didiamkan begitu saja karena angka pengangguran yang tinggi berpotensi meningkatnya tindak kejahatan.

Pengangguran sangat berkaitan dengan permasalahan ekonomi. Semakin banyak pengangguran tentunya akan membuat tingkat kemiskinan juga meningkat. Oleh karena itulah dibutuhkan cara mengatasi pengangguran yang efektif agar perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Tanah Air dapat tercapai.

Alasan Terjadinya Pengangguran 

Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya pengangguran, yaitu:

Waktu yang Diperlukan untuk Mencari Pekerjaan

Setiap pekerja tentunya memiliki pengalaman dan skill berbeda. Oleh karena itu, mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan sekaligus keahlian memerlukan waktu dan usaha

Perubahan Teknologi

Teknologi selalu mengalami perkembangan setiap waktu sehingga para tenaga kerja perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi tersebut untuk mempercepat pekerjaan serta meningkatkan kualitas dari perusahaan. Umumnya, sebagian besar pekerjaan sudah menggunakan teknologi modern sehingga memerlukan lebih sedikit operator yang membuat permintaan tenaga kerja juga menjadi berkurang. Hal inilah yang kemudian memicu peningkatan terjadinya pengangguran karena perkembangan teknologi yang cepat membuat para pekerja tidak mudah beradaptasi.

Penawaran dan Permintaan Pekerja Tidak Sebanding

Hal ini sering terjadi saat merekrut karyawan. Ketidaksebandingan ini terjadi karena permintaan terhadap tenaga kerja meningkat, sementara permintaan jenis lainnya mengalami penurunan.

BACA JUGA :  Apa Itu Ekonomi Makro, Tujuan dan Ruang Lingkupnya Adalah?

Cara Mengatasi Pengangguran 

Meningkatkan Daya Kewirausahaan

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam mengatasi pengangguran adalah meningkatkan daya kewirausahaan sejak dini. Hal ini akan membantu setiap orang untuk lebih siap dan memiliki sikap kewirausahaan sehingga tidak bingung saat lapangan pekerjaan berkurang.Dengan jiwa kewirausahaan yang tertanam, setiap orang dapat mendirikan sebuah usaha sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk lebih banyak orang. Oleh karena itu, pentingnya menanamkan jiwa kewirausahaan, bahkan sejak masih sekolah.

Memberikan Pelatihan Kerja

Pelatihan kerja (training) adalah salah satu cara efektif untuk mengatasi pengangguran yang merajalela di Indonesia. Usia yang produktif tentunya masih sangat baik untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Program pelatihan ini juga diperlukan bagi orang-orang yang pada dasarnya ingin mengembangkan keterampilan atau hobi sehingga dapat bekerja sesuai passion. Program ini akan membantu membuka peluang untuk memberikan pekerja memadai, baik dari segi kuantitas dan kualitas.

Mengadakan Bursa Kerja

Selanjutnya, Anda bisa menyelenggarakan bursa kerja atau yang biasa dikenal dengan sebutan job fair. Bursa kerja adalah salah satu penanganan pemerintah untuk merekrut lulusan terbaru untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Bursa kerja ini tentunya menjadi sarana yang tepat bagi setiap orang untuk mendapatkan pekerjaan.

Meningkatkan Mutu Pendidikan

Cara selanjutnya yang tidak kalah penting dalam mengatasi pengangguran adalah meningkatkan mutu pendidikan. Ketahuilah bahwa semakin tinggi mutu pendidikan di Indonesia tentunya akan membuat negara semakin maju. Dengan mutu pendidikan yang bagus tentunya akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.
Mutu pendidikan yang bagus membuka peluang bagi setiap orang untuk berinovasi sehingga terciptanya produk atau pelayanan yang semakin berkualitas. Hal ini tentunya akan berdampak positif terhadap angka pengangguran.

BACA JUGA :  Letter of Credit, Pembayaran untuk Transaksi Internasional

Memberikan Informasi Lowongan Kerja

Setiap perusahaan pasti membutuhkan pegawai yang pada akhirnya akan membuka lapangan pekerjaan baru. Salah satu cara untuk mengurangi jumlah pengangguran adalah dengan memberikan informasi lowongan kerja agar masyarakat luas mengetahui sebuah informasi perekrutan karyawan baru. Saat ini, sudah banyak media yang digunakan untuk memberi tahu lowongan pekerjaan, baik di media cetak atau media sosial.Teknologi yang semakin maju tentunya memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi, termasuk lowongan kerja. Jika Anda memanfaatkan media online dengan baik, maka akan mudah bagi para pekerja untuk mengetahui bahwa sebuah perusahaan sedang mencari karyawan baru. Tentunya, cara ini akan membantu mengurangi pengangguran, bukan?

Memperbaiki Kondisi Ekonomi Makro

Pertumbuhan ekonomi akan berpengaruh pada penciptaan lapangan kerja dan memberi dampak positif kepada setiap orang, terutama mereka yang tengah mencari pekerjaan. Pemerintah tentunya perlu memberi perhatian khusus pada sektor industri yang ramah terhadap pencari kerja sehingga membuka lowongan pekerjaan lebih luas.

Transmigrasi

Perpindahan penduduk atau transmigrasi juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi angka pengangguran. Terlalu banyak jumlah penduduk di satu daerah akan membuat lapangan pekerjaan menjadi penuh yang berakibat kurangnya lapangan pekerjaan. Transmigrasi ini bertujuan untuk memindahkan penduduk dari daerah dengan jumlah padat ke daerah yang memiliki penduduk sedikit. Transmigrasi dipercaya sebagai cara yang efektif karena akan menciptakan jumlah masyarakat dan pencari kerja yang seimbang di berbagai daerah.

Sekarang Anda sudah tahu penyebab serta cara mengatasi pengangguran. Tentunya, masalah pengangguran ini menjadi hal yang serius dan perlu diatasi secepat mungkin agar tidak berdampak pada ekonomi di Indonesia. Selain itu, permasalahan pengangguran juga dapat memicu beberapa permasalahan lain bagi semua orang, mulai dari psikologis, kemiskinan, hingga kriminalitas.

BACA JUGA :  Istilah-Istilah keuangan Anti Mainstream yang Perlu Kamu Ketahui!

 


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com