Gaji Upah Pekerja Serabutan - bloghrd.com



Pekerjaan yang tidak tetap seperti membersihkan, mencat, dan merawat gedung, tanah, dan fasilitas, serta melakukan perbaikan-perbaikan kecil, merupakan salah satu jenis pekerjaan yang banyak dilakukan di Indonesia. Biasanya, pekerjaan ini dilakukan oleh orang-orang yang memiliki tingkat pendidikan tidak terampil.

Dalam hal ini, mayoritas pekerja serabutan, yang melakukan pekerjaan semacam ini, mendapatkan gaji antara IDR1,715,394 hingga IDR4,077,873 per bulan pada tahun 2023. Namun, untuk pekerja pemula, gaji bulanan biasanya berkisar antara IDR1,715,394 hingga IDR3,472,259. Jika mereka sudah memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun, pendapatan mereka akan meningkat menjadi antara IDR1,933,159 hingga IDR3,950,830 per bulan.

Pekerjaan serabutan ini memang tidak membutuhkan tingkat pendidikan yang tinggi. Namun, hal ini bukan berarti pekerjaan ini tidak penting atau dianggap remeh. Sebaliknya, pekerjaan ini sangatlah penting dalam menjaga kebersihan dan keteraturan gedung, tanah, dan fasilitas. Tanpa adanya pekerjaan ini, gedung-gedung dan fasilitas-fasilitas umum akan kotor, tidak terawat, dan rusak.

Pekerjaan serabutan juga melibatkan berbagai tugas, seperti membersihkan lantai, mengelola sampah, mencuci jendela, serta melakukan perbaikan-perbaikan kecil. Semua tugas tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menjaga keindahan dan kebersihan gedung serta fasilitas yang ada. Selain itu, pekerja serabutan juga bertanggung jawab untuk merawat tanah di sekitar gedung, seperti menyiram tanaman, memangkas rumput, dan membersihkan halaman.

Meskipun pekerjaan ini tidak membutuhkan tingkat pendidikan yang tinggi, tetapi hal ini tidak berarti pekerjaan ini tidak membutuhkan keterampilan. Pekerja serabutan harus memiliki keterampilan dalam menggunakan alat-alat pembersih dan perbaikan, serta memiliki pengetahuan tentang bahan-bahan yang digunakan dalam pekerjaan ini. Mereka juga harus memiliki kemampuan dalam bekerja secara mandiri dan memiliki kedisiplinan yang tinggi.

BACA JUGA :  Gaji Upah Ahli Terapi Pendengaran dan Terapi Bicara

Selain itu, pekerjaan serabutan juga membutuhkan fisik yang kuat dan daya tahan yang tinggi. Mereka seringkali harus bekerja dalam kondisi yang sulit, seperti panas terik, hujan, atau bahkan dalam ruangan yang sempit dan tidak nyaman. Oleh karena itu, pekerja serabutan harus memiliki kemampuan dalam mengatasi tekanan dan bekerja dengan efisien dalam kondisi yang sulit.

Pekerjaan serabutan juga memberikan peluang bagi mereka yang tidak memiliki tingkat pendidikan tinggi. Dengan pekerjaan ini, mereka dapat mendapatkan penghasilan yang stabil dan mencukupi kebutuhan hidup mereka. Selain itu, pekerjaan ini juga memberikan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri. Dengan pengalaman kerja yang terus bertambah, mereka dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, sehingga dapat mencapai pendapatan yang lebih baik.

Dalam kesimpulannya, pekerjaan serabutan merupakan pekerjaan yang tidak tetap namun memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kebersihan dan keteraturan gedung, tanah, dan fasilitas. Meskipun pekerjaan ini tidak membutuhkan tingkat pendidikan yang tinggi, tetapi pekerja serabutan harus memiliki keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan fisik yang baik. Dengan pekerjaan ini, mereka dapat mendapatkan penghasilan yang stabil dan memadai, serta kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri.



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com