Kupas Tuntas Pentingnya Peran Sales Dalam Perusahaan

Apa pentingnya peran posisi Sales dalam perusahaan? Bisa dibilang sales adalah salah satu posisi penting di perusahaan seperti yang akan diulas oleh bloghrd.com disini.

Perusahaan adalah suatu tempat dimana berkumpulnya faktor-faktor produksi dan tempat terjadinya produksi.

Segala jenis perusahaan, baik itu perusahaan ekstraktif, agraris, industri, perdagangan, maupun jasa memiliki satu unsur yang sama yaitu keuntungan atau laba.

Keuntungan atau laba ini lah yang membantu perusahaan untuk dapat tetap bertahan dan berkembang di dalam dunia bisnis.

Hal ini yang kemudian menjadi salah satu tujuan dan perusahaan yang menggerakkan perusahaan kepada pembentukan visi dan misi yang sesuai.

Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana perusahaan mendapatkan laba dan keuntungan?

Jawabannya adalah sales atau penjualan.

Pada artikel ini, akan hal-hal yang berkaitan dengan sales atau penjualan itu sendiri.

Pengertian Sales Adalah? Apa Peran Sales Dalam Perusahaan?

Pengertian Sales Adalah? Apa Peran Sales Dalam Perusahaan?

Untuk memahami apa itu sales, pertama-tama kita harus memahami terlebih dahulu pengertian dari sales itu sendiri.

Setelah mengetahui bahwa perusahaan adalah tempat berkumpulnya faktor produksi dan tempat terjadinya produksi.

Sales atau penjualan adalah suatu aktivitas atau bisnis menjual produk atau jasa yang telah dibuat dan dibentuk oleh perusahaan.

Dalam proses sales atau penjualan sendiri, penjual atau penyedia jasa akan memberikan suatu komoditas kepada pembeli untuk suatu harga tertentu.

Komoditas sendiri adalah suatu benda nyata yang relatif mudah diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan untuk suatu jangka waktu tertentu dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yang sama.

Jenis-jenis Sales Adalah Sebagai Berikut

Terdapat empat jenis sales pada sebuah perusahaan dalam fungsinya meningkatkan pendapatan perusahaan.

Keempat jenis sales tersebut adalah distribusi, direct, promo, dan campuran direct dan distribusi yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Sales Distribution, yang memiliki tugas utama untuk mendistribusikan barang kepada reseller/outlet/toko yang kemudian menjual kembali barang tersebut kepada masyarakat.
  2. Sales Direction, yang bertugas untuk langsung menjual produk langsung kepada pembeli atau masyarakat sehingga tidak melalui perantara pihak ketiga atau reseller lagi.
  3. Sales Promotion, tugas utama dari sales promotion adalah untuk memperkenalkan produk yang dimiliki perusahaan kepada masyarakat. Tujuannya adalah untuk membangun citra baik terhadap produk dan perusahaan kepada masyarakat yang kemudian dapat meningkatkan penjualan akan produk tersebut.
BACA JUGA :  Jenis dan Ciri-Ciri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Jenis-jenis Sales Adalah Sebagai Berikut

Fungsi Sales Secara Keseluruhan Dalam Perusahaan

Fungsi sales secara umum adalah untuk memenuhi tujuannya untuk meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan laba dan keuntungan bagi perusahaan.

Disini sales memiliki empat fungsi penting di dalam perusahaan.

Yaitu menawarkan produk kepada konsumen, meyakinkan calon pelanggan, mengarahkan sasaran, dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

Informasi ini mungkin akan berguna buat kamu yang mau melamar lowongan pekerjaan sebagai sales, atau HRD yang ingin merekrut karyawan dengan posisi sales.

Fungsi-fungsi sales tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Menawarkan produk kepada konsumen

Sebagai fungsi pertama dari sales pada perusahaan adalah menawarkan produk kepada konsumen, seperti yang dilakukan oleh sales promotion.

Proses ini biasanya dilakukan dengan cara memperkenalkan produk yang dimiliki dan meyakinkan masyarakat tentang manfaat yang dimiliki oleh produk yang perusahaan miliki.

Sehingga masyarakat termotivasi untuk membeli produk tersebut dan terciptanya citra positif terhadap produk yang ditawarkan.

Meyakinkan Calon Pelanggan

Setelah membangun citra positif baik kepada produk yang ditawarkan dan juga perusahaan sendiri kepada masyarakat.

Fungsi sales yang berikutnya adalah meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk yang sudah diperkenalkan sebelumnya.

Hal ini sangat penting agar masyarakat dapat menjadi potensial consumer terhadap produk tersebut.

Mengarahkan Sasaran

Untuk dapat meningkatkan penjualan, tentu sales setelah menawarkan produk kepada konsumen dan meyakinkan calon pelanggan fungsi berikutnya adalah mengarahkan sasaran.

Apa yang dimaksud dengan mengarahkan sasaran dalam sales?

Yang dimaksud dengan mengarahkan sasaran adalah sales mampu mengarahkan produk yang tepat kepada pelanggan atau pembeli yang tepat.

Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Pada dasarnya tujuan dari produksi adalah memenuhi kebutuhan dari pelanggan.

Karena dengan memproduksi sesuatu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau pelanggan maka produk atau jasa yang perusahaan buat akan lebih mudah diterima di masyarakat.

BACA JUGA :  Aplikasi Slip Gaji Excel vs Online, Mana Lebih Baik?

Oleh karena itu sales juga memiliki fungsi untuk menemukan hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Baru kemudian dijadikan dasar dalam memproduksi barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Sales Dalam Perusahaan

Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Sales Dalam Perusahaan

Keempat fungsi-fungsi tersebut tidak akan bisa berfungsi dengan baik jika seorang sales pada perusahaan tidak memiliki skill yang memadai untuk menjalankan fungsi tersebut.

Berikut merupakan skill yang harus dimiliki oleh seorang sales adalah sebagai berikut:

Seorang Sales Harus Tekun

Skill yang harus dimiliki oleh seorang sales adalah ketekunan, kenapa ketekunan lantas menjadi penting untuk dimiliki oleh seorang sales?

Hal ini dikarenakan pekerjaan sebagai seorang sales tidak terlepas dengan hubungan antar sales dan calon pembeli.

Dalam menangani para calon pembeli, salah satu hal yang harus dihadapi adalah penolakkan.

Oleh karena itu, bagi seorang sales penting untuk memiliki ketekunan agar tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Sales Dalam Perusahaan Harus Bisa Mengatur Manajemen Waktu Yang Baik

Skill kedua yang harus dimiliki oleh seorang sales adalah kemampuan untuk memanajemen waktu dengan baik.

Kemampuan untuk mengelola atau memanajemen waktu dengan baik akan banyak memudahkan sales saat harus mengerjakan dan menangani banyak calon pembeli potensial.

Sales Memiliki Rasa Peduli Dan Empati

Kemampuan berikutnya yang harus dimiliki oleh seorang sales adalah kemampuan untuk merasakan empati dari para calon pembeli.

Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pada fungsi sales yang salah satunya adalah mengarahkan sasaran dan memenuhi kebutuhan pasar yang membutuhkan rasa peduli dan empati yang tinggi.

Memahami Dan Bisa Mengikuti Perkembangan Teknologi

Bukan hanya soft skill yang harus dimiliki oleh seorang salestechnical skill juga harus menjadi salah satu kemampuan yang dimiliki oleh seorang sales.

Karena tidak menutup kemungkinan bahwa pada zaman modern seperti ini, teknologi merupakan kebutuhan dasar dari masyarakat.

BACA JUGA :  Isi UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Lengkap

Menguasai teknologi terbaru juga dapat memudahkan pekerjaan sales dalam memasarkan dan memperkenalkan barang atau jasa yang diproduksi perusahaan.

Memiliki Skill Komunikasi Yang Baik

Kemampuan yang paling baik dalam berkomunikasi menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh seorang sales.

Hal ini dikarenakan sebagai sales harus dapat mempresentasikan produk atau jasa yang sudah diproduksi sebelumnya oleh perusahaan.

Kemampuan menceritakan dan menjelaskan produk dengan sangat baik, akan memudahkan sales dalam mengumpulkan calon-calon pembeli yang potensial.

Informasi Yang Harus Dikuasai Sales Dalam Perusahaan

Sebagai sales, informasi merupakan hal inti yang harus Anda kuasai.

Informasi mengenai produk atau jasa, informasi mengenai calon pembeli, maupun informasi mengenai kebutuhan pasar saat ini merupakan ‘senjata’ penting bagi seorang sales dalam menjalankan fungsinya.

Berikut merupakan tiga informasi penting yang harus dikuasai oleh sales:

  1. Product Knowledge, seorang sales harus menguasai informasi tentang produk yang dijualnya baik itu berupa barang maupun jasa.
  2. Price Policy, dalam menjual suatu barang sales tentu tidak dapat begitu saja menetapkan suatu barang karena harus memahami ketentuan-ketentuan tertentu dalam memberikan harga pada suatu barang sebelum menjualnya kepada masyarakat.
  3. Human Relation, dalam melakukan penjualan pendekatan personal dapat memberikan dampak yang cukup signifikan dalam meningkatkan pendapatan. oleh karena itu penting untuk memahami informasi tentang hubungan dengan calon pembeli agar dapat menjual produk melalui pendekatan personal.

Beberapa hal diatas adalah informasi penting tentang sales yang dapat membantu Anda memahami fungsi sales pada kemungkinan tercapainya tujuan perusahaan.

Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan dan keuntungan serta laba bagi perusahaan Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published.