Pengertian, CiriCiri Pasar Persaingan Sempurna Adalah? - bloghrd.com

Definisi dari pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar di mana jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa. Contoh barang yang dijual pada bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara dan kentang.

Pasar persaingan sempurna merupakan pasar di mana penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan.

Permintaan yang terbentuk mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen.

Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan pembeli sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi harga pasar karena sudah ada ikatan batin bahwa antara penjual dan pembeli mengetahui struktur dan informasi yang ada di dalam pasar persaingan sempurna.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian, CiriCiri Pasar Persaingan Sempurna Adalah Berikut

a. Banyak Penjual & Pembeli

Adanya sifat ini, mengakibatkan perilaku penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi keadaan pasar, dengan kata lain mereka hanya sebagian kecil dari unsur pasar secara keseluruhan.

Interaksi antara penjual dan pembeli dianggap sebagai pengikut harga (price taker) yang menyebabkan harga di pasar ini bersifat datum (harganya tetap berapapun jumlah barang yang dijual) karena mekanisme pasar yang menentukan harganya melalui interaksi antara kekuatan permintaan dan penawaran di masyarakat.

b. Kebebasan untuk Membuka dan Menutup Perusahaan (Free Entry and Free Exit)

Artinya adalah tidak terdapat suatu hambatan apabila suatu perusahaan ingin memulai sebuah bisnis baru jika dianggapnya menguntungkan dan menutup usahanya jika ternyata merugikan.

BACA JUGA :  Perbedaan Tenaga Kerja dan Angkatan Kerja dalam Ekonomi

Tidak seperti pasar lain yang mungkin ada keterikatan dalam membuka dan menutup pasar misalnya dengan adanya surat perjanjian.

Dengan kata lain :

  • Perusahaan dapat keluar apabila mengalami kerugian pada saat produk yang dijual tidak dapat bersaing di dalam PPS atau tidak dapat memenuhi kriteria pasar.
  • Perusahaan dapat bertahan di pasar karena merasa mampu menjadi perusahaan penyedia produk dengan kualitas tinggi dengan harga yang sesuai pasar.

Baca Juga : Alasan Kenapa Harus Menentukan Target Pasar Adalah?

c. Barang Bersifat Homogen

Perusahaan menghasilkan barang di mana barang tersebut merupakan pengganti yang sempurna terhadap barang yang diproduksi oleh perusahaan lain dalam semua aspek sehingga produk identik sama atau tidak bisa dibedakan.

Artinya sekalipun Anda membeli di satu perusahaan, kemungkinan besar kualitas dan kuantitasnya akan sama persis dengan perusahaan lain.

d. Penjual & Pembeli Memiliki Pengetahuan yang Sempurna tentang Pasar

Penjual dan pembeli sangat mengetahui betul tentang keadaan pasar dalam hal tingkat harga yang berlaku di pasar dan meliputi setiap perubahannya.

Pengetahuan tentang keadaan ini yang mengakibatkan:

  • Semua sumber daya digunakan sepenuhnya untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.
  • Tidak ada produsen yang menjual barang dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar.
  • Tidak ada konsumen yang membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar

Baca Juga : Perbedaan Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna

e. Mobilitas atau Perpindahan Sumber Ekonomi Cukup Sempurna

Maksudnya adalah tidak ada kesulitan sedikit pun jika sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Pada dasarnya, semua tempat produksi memiliki kesamaan, baik dalam metode pembuatan hingga penjualannya kepada pembeli.

BACA JUGA :  Penjelasan, Jenis-jenis, Contoh Penerapan Pasar Oligopoli Adalah

f. Kebanyakan Perusahaan Kecil

Pasar persaingan sempurna mengandung sebagian besar perusahaan kecil, relatif kecil dibandingkan dengan ukuran keseluruhan pasar.

Hal Ini untuk memastikan bahwa tidak ada satu pun perusahaan yang dapat melakukan kontrol pasar atas harga atau kuantitas.

Jika satu perusahaan memutuskan untuk menggandakan outputnya atau berhenti memproduksi seluruhnya, pasar tidak terpengaruh.

Harga tidak berubah dan tidak ada perubahan dalam kuantitas yang dipertukarkan.

Kelebihan dari pasar persaingan sempurna adalah tidak adanya persaingan di dalam pasar karena barang yang dijual bersifat homogen.

Hal ini juga berpengaruh dalam hal promosi. Penjual tidak perlu melakukan promosi yang besar-besaran karena barang yang dijual homogen.

Selain itu, harga barang di dalam pasar persaingan sempurna juga cukup stabil. Tidak ada kenaikan ataupun penurunan drastis antara satu penjual dan penjual lain.

Sayangnya pasar persaingan sempurna juga memiliki kekurangan.

Pasar persaingan sempurna cukup minim inovasi. Selain itu karena barang yang dijual homogen, pembeli merasa kesulitan memilih barang atau jasa.

Persaingan sempurna juga memberikan ongkos sosial dan distribusi pendapatan yang tidak merata.

Pasar persaingan sempurna dapat menjadi wadah yang bagus bagi Anda yang memiliki bisnis produk atau jasa yang umum dilakukan oleh banyak orang.

Namun yang pasti, kesuksesan bisnis dapat diperoleh di mana pun dan kapan pun asalkan Anda memiliki strategi yang matang.


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com