Job Desk Staff Gudang: Definisi, Tugas, Syarat, Gaji

Peran Penting Staff Gudang dalam Era Digital dan E-commerce, Job Desk, Tugas, Gaji dan Tanggung Jawabnya:

Dalam era digital dan e-commerce yang semakin berkembang, peran staff gudang atau warehouse staff menjadi semakin krusial dalam operasional perusahaan. Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen dan kompleksitas rantai pasokan, staff gudang memiliki tanggung jawab penting dalam memastikan kelancaran sirkulasi produk dari produsen ke konsumen. Dalam artikel ini, kami akan mengulas lebih lanjut tentang pekerjaan staff gudang, termasuk pengertian, peran, dan tanggung jawab mereka yang berperan dalam mendukung operasional perusahaan.

Pengertian Staff Gudang

Staff gudang, yang juga dikenal sebagai warehouse staff, adalah individu yang bertanggung jawab atas operasi gudang dalam suatu perusahaan. Pekerjaan ini seringkali tidak memerlukan pendidikan tinggi atau keahlian khusus, sehingga menjadi salah satu pekerjaan yang dapat diakses oleh berbagai kalangan. Staff gudang umumnya termasuk dalam kategori pekerjaan blue collar, yang lebih menekankan pada keterampilan fisik dan tenaga.

Meskipun pekerjaan staff gudang tidak memerlukan kualifikasi pendidikan yang tinggi, ada beberapa kualitas dan sifat yang penting dimiliki oleh individu yang ingin bekerja dalam peran ini. Beberapa di antaranya adalah kemampuan bekerja keras, ketekunan, rasa tanggung jawab, dan loyalitas terhadap perusahaan. Selain itu, staff gudang harus memiliki kondisi fisik yang prima, karena pekerjaan ini seringkali melibatkan aktivitas fisik yang berat, seperti membongkar muat barang.

Peran Penting Staff Gudang dalam Era Digital dan E-commerce, Job Desk, Tugas, Gaji dan Tanggung Jawabnya:

Terdapat dua jenis staff gudang utama yang dapat diidentifikasi berdasarkan peran mereka dalam sirkulasi barang:

  1. Staff Logistik Proses Pengiriman Produk Jadi: Jenis staff gudang ini bertanggung jawab untuk memastikan produk jadi atau barang siap untuk dikirimkan dari produsen ke penerima akhir. Tugas mereka mencakup menerima, memeriksa, dan memproses pesanan dari konsumen, kemudian mengatur pengiriman produk sesuai dengan permintaan.
  2. Staff Logistik Bahan Baku Produksi: Staff gudang jenis ini bekerja sama dengan pabrik manufaktur tertentu dan bertanggung jawab untuk mengawasi penyimpanan dan keluar-masuknya bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi. Mereka harus memastikan ketersediaan bahan baku yang cukup dan melakukan pemantauan terhadap stok barang.

Kedua jenis staff gudang ini memiliki tanggung jawab yang sama, yaitu memastikan kelancaran sirkulasi barang sesuai dengan permintaan konsumen. Mereka biasanya ditempatkan di divisi gudang dan beroperasi di bawah struktur manajemen gudang yang terorganisir dengan baik.

Struktur Manajemen Gudang

Divisi gudang dalam sebuah perusahaan memiliki struktur manajemen yang dirancang untuk menjalankan operasional sehari-hari. Beberapa posisi penting dalam struktur manajemen gudang termasuk:

  • Kepala Gudang atau Supervisor Gudang: Bertanggung jawab atas pengawasan operasional gudang secara keseluruhan, termasuk pengaturan keluar-masuk barang dari gudang.
  • Staff Gudang atau Leader Gudang: Bertugas untuk mengorganisir dan mengarahkan kegiatan para operator gudang, termasuk pembagian tugas dan pengawasan operasional.
  • Operator Gudang: Melakukan tugas-tugas fisik di gudang, seperti membongkar muat barang, penyimpanan, dan pencatatan barang.
  • Admin Gudang: Bertanggung jawab atas administrasi gudang, termasuk pemrosesan dokumen, pencatatan data, dan pelaporan.
BACA JUGA :  Gaji Upah Operator dan Penyetel Mesin Pengerjaan Logam

Dengan struktur manajemen gudang yang terorganisir, staff gudang dapat bekerja secara efisien dalam memenuhi tanggung jawab mereka.

Job Desk Staff Gudang

Tugas-tugas staff gudang mencakup berbagai aktivitas yang mendukung operasional gudang. Berikut adalah beberapa tugas utama yang termasuk dalam job desk staff gudang:

1. Bertanggung Jawab Atas Bongkar Muat Barang

Salah satu tugas utama staff gudang adalah mengawasi kegiatan bongkar muat barang. Mereka harus melakukan pencatatan dan pengawasan terhadap setiap barang yang dibongkar atau dimuat dari gudang. Pencatatan ini mencakup informasi seperti jumlah barang, nama, jenis barang, serta nama pengirim dan penerima. Waktu pengiriman juga harus dicatat dengan cermat.

2. Menandatangani Surat Penerimaan Barang

Staff gudang juga bertanggung jawab untuk menandatangani surat penerimaan barang. Surat ini dapat berasal dari berbagai pihak, seperti produsen, eksportir, atau pihak yang mengirimkan barang. Penandatanganan surat penerimaan ini merupakan bukti resmi bahwa barang telah diterima oleh gudang dan akan diproses sesuai dengan permintaan.

3. Melakukan Pengecekan Barang di Gudang

Sebagai bagian dari tugas mereka, staff gudang harus secara rutin melakukan pengecekan barang di dalam gudang. Ini mencakup pemeriksaan kualitas dan kuantitas barang yang tersimpan di gudang. Mereka harus memastikan bahwa barang sesuai dengan data yang ada dan tidak mengalami kerusakan. Pengecekan ini juga termasuk memastikan stok barang yang tersedia.

4. Menyiapkan Pengiriman dan Penyimpanan Barang

Staff gudang juga bertanggung jawab untuk menyiapkan pengiriman dan penyimpanan barang. Ini mencakup persiapan alamat tujuan pengiriman, kelengkapan administrasi, penghitungan barang, pengemasan, dan pengangkutan barang. Semua tindakan ini merupakan bagian dari operasional gudang yang harus dilakukan dengan teliti dan efisien.

5. Membuat Laporan Secara Berkala

Pembuatan laporan adalah salah satu aspek penting dari pekerjaan staff gudang. Mereka harus membuat laporan secara berkala yang mencakup berbagai data terkait operasional gudang. Laporan-laporan ini mencakup data mengenai barang yang masuk dan keluar, barang yang rusak, pengembalian barang, dan stok barang yang tersedia. Laporan-laporan ini biasanya dibuat dalam berbagai interval, seperti harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

6. Berkoordinasi dengan Divisi Lain atau Klien

Kerja sama dan koordinasi dengan divisi lain dalam perusahaan, serta dengan klien atau pelanggan, adalah bagian penting dari tugas staff gudang. Mereka harus menjalin hubungan yang baik dengan berbagai pihak yang terlibat dalam rantai pasokan. Ini mencakup berkomunikasi dengan divisi penjualan untuk memahami permintaan pelanggan, berkoordinasi dengan divisi produksi untuk mengatur pengiriman bahan baku, dan menjalin komunikasi yang efektif dengan klien untuk memastikan kelancaran prosedur pengiriman.

BACA JUGA :  Gaji Upah Pembuat Sepatu dan YBDI

Syarat Merekrut Staff Gudang yang Berkualitas

Sebelum memutuskan untuk merekrut staff gudang, perusahaan perlu mempertimbangkan kriteria dan syarat yang dibutuhkan untuk posisi tersebut. Memahami karakteristik calon karyawan yang cocok untuk pekerjaan staff gudang adalah langkah penting dalam memastikan kesuksesan operasional gudang. Berikut adalah beberapa syarat yang perlu dipertimbangkan:

1. Pendidikan

Meskipun pekerjaan staff gudang tidak memerlukan pendidikan tinggi, latar belakang pendidikan calon karyawan masih memiliki relevansi. Pendidikan yang baik dapat memengaruhi kemampuan komunikasi dan pemahaman calon karyawan terhadap proses bisnis perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempertimbangkan pendidikan calon karyawan dalam rangka menjalin komunikasi dengan berbagai divisi perusahaan.

2. Kemampuan yang Dimiliki

Selain pendidikan, kemampuan individu yang ingin menjadi staff gudang juga sangat penting. Kemampuan fisik, seperti kekuatan tubuh dan daya tahan, merupakan faktor yang signifikan dalam pekerjaan ini. Selain itu, kemampuan organisasi, ketelitian, dan kemampuan berkomunikasi juga diperlukan untuk berhasil dalam pekerjaan ini.

3. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja sebelumnya juga dapat menjadi pertimbangan penting dalam merekrut staff gudang. Calon karyawan yang telah memiliki pengalaman kerja dalam posisi yang serupa mungkin akan lebih mudah beradaptasi dan menjadi produktif lebih cepat. Namun, penting untuk mengevaluasi rekam jejak kerja calon karyawan di tempat sebelumnya dan memeriksa referensi mereka.

4. Sifat dan Sikap

Sifat dan sikap individu adalah faktor yang tak kalah penting. Staff gudang harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan dan perusahaan, serta loyalitas yang tinggi. Mereka juga perlu memiliki sikap yang positif, kemauan untuk bekerja keras, dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis.

Kisaran Gaji Staff Gudang

Saat menentukan besaran gaji staff gudang, perusahaan perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi perusahaan dan Upah Minimum Pekerja (UMP) di wilayah tersebut. Besaran gaji staff gudang dapat bervariasi secara signifikan dari satu daerah ke daerah lain. Berikut adalah beberapa contoh kisaran gaji staff gudang di beberapa daerah di Indonesia:

  • Karawang: Kisaran gaji sekitar Rp5.176.179 per bulan.
  • Bekasi: Kisaran gaji sekitar Rp5.137.575,44 per bulan.
  • Jakarta: Kisaran gaji sekitar Rp4.901.798 per bulan.
  • Bogor: Kisaran gaji sekitar Rp4.639.429 per bulan.
  • Surabaya: Kisaran gaji sekitar Rp4.525.479 per bulan.
  • Bandung: Kisaran gaji sekitar Rp4.048.462 per bulan.

Namun, rata-rata gaji staff gudang di Indonesia berkisar sekitar Rp3.412.917 per bulan. Perusahaan perlu mempertimbangkan faktor-faktor ini ketika menetapkan gaji staff gudang sesuai dengan lokasi operasional mereka.

Proses Rekrutmen Staff Gudang

Setelah memahami syarat dan kriteria yang dibutuhkan untuk staff gudang, perusahaan dapat memulai proses rekrutmen. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil dalam proses rekrutmen staff gudang:

1. Pembuatan Lowongan Pekerjaan

Langkah pertama adalah membuat lowongan pekerjaan yang jelas dan informatif untuk posisi staff gudang. Lowongan pekerjaan harus mencakup detail mengenai persyaratan, tanggung jawab pekerjaan, dan kualifikasi yang dibutuhkan.

BACA JUGA :  Gaji dan Fasilitas yang Didapat Analis Kredit (credit analyst) Indonesia

2. Pengiklanan Lowongan

Perusahaan dapat mengiklankan lowongan pekerjaan staff gudang melalui berbagai saluran, termasuk situs web perusahaan, platform rekrutmen online, media sosial, dan papan pengumuman. Penggunaan berbagai saluran pengiklanan akan membantu perusahaan menjangkau sebanyak mungkin calon karyawan berkualitas.

3. Seleksi Calon Karyawan

Setelah menerima lamaran, perusahaan dapat memulai proses seleksi calon karyawan. Proses ini mencakup peninjauan lamaran, wawancara, dan tes kemampuan jika diperlukan. Selama wawancara, perusahaan dapat mengevaluasi kemampuan komunikasi, kualitas fisik, dan sikap calon karyawan.

4. Verifikasi Referensi

Verifikasi referensi dari calon karyawan adalah langkah penting dalam proses rekrutmen. Perusahaan perlu menghubungi referensi yang diberikan oleh calon karyawan untuk memverifikasi rekam jejak kerja dan karakter mereka.

5. Penawaran Kerja

Setelah memilih calon karyawan yang cocok, perusahaan dapat membuat penawaran kerja resmi. Penawaran kerja harus mencakup rincian mengenai gaji, jadwal kerja, dan semua persyaratan yang relevan.

6. Onboarding

Setelah diterima, calon karyawan yang menjadi staff gudang harus menjalani proses onboarding. Ini mencakup pengenalan terhadap perusahaan, pelatihan pekerjaan, dan pengenalan terhadap lingkungan kerja. Onboarding yang efektif akan membantu calon karyawan beradaptasi dengan perusahaan lebih cepat.

Strategi Alternatif untuk Merekrut Staff Gudang

Selain mengiklankan lowongan pekerjaan secara terbuka, perusahaan juga dapat mengambil langkah-langkah tambahan untuk menjaring calon karyawan berkualitas sebagai staff gudang:

1. Referensi dari Karyawan Saat Ini

Perusahaan dapat meminta referensi dari karyawan saat ini. Karyawan yang telah bekerja dengan baik dan memiliki rekam jejak yang kuat dalam pekerjaan staff gudang dapat merekomendasikan calon karyawan potensial.

2. Program Magang

Mengembangkan program magang atau pelatihan sementara untuk calon staff gudang dapat menjadi cara untuk mengevaluasi calon karyawan sebelum membuat penawaran pekerjaan penuh. Ini juga dapat membantu perusahaan melatih individu sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Kemitraan dengan Institusi Pendidikan

Beberapa perusahaan menjalin kemitraan dengan institusi pendidikan atau lembaga pelatihan untuk merekrut calon karyawan staff gudang yang telah menjalani pelatihan khusus. Ini dapat menghasilkan pasokan calon karyawan yang telah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dasar yang relevan.

Kesimpulan

Staff gudang memegang peran penting dalam mengawasi sirkulasi barang dalam perusahaan, terutama dalam era digital dan e-commerce yang semakin berkembang. Meskipun pekerjaan ini tidak memerlukan pendidikan tinggi, staff gudang harus memiliki kualitas fisik yang baik, kemampuan organisasi, dan kemampuan berkomunikasi yang efektif. Dengan mempertimbangkan syarat dan kriteria yang diperlukan, perusahaan dapat merekrut staff gudang berkualitas yang akan mendukung operasional gudang yang sukses.

Ketika merencanakan rekrutmen staff gudang, perusahaan juga perlu mempertimbangkan lokasi operasional dan besaran gaji yang sesuai dengan daerah tersebut. Dengan strategi rekrutmen yang tepat, termasuk memanfaatkan referensi internal dan program magang, perusahaan dapat menarik calon karyawan berkualitas untuk posisi staff gudang. Dalam rangka memaksimalkan efisiensi operasional dan memenuhi permintaan pasar yang semakin tinggi, merekrut dan mempertahankan staff gudang yang kompeten adalah langkah yang sangat penting bagi perusahaan.

Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com