Rekomendasi Software Aplikasi Software Payroll Terbaik Sesuai dengan Sistem Penggajian Indonesia

Dalam memilih software aplikasi payroll terbaik salah satunya adalah yang sesuai dengan sistem gaji di Indonesia. Simak penjelasannya pada bloghrd.com di sini!

Seperti yang kita ketahui bahwa gaji karyawan merupakan salah satu hal penting di perusahaan, gaji atau salary bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi karyawan dan juga calon-calon potensial agar mau bergabung dengan sebuah perusahaan.

Dalam proses penggajian karyawan, biasanya tim SDM sebuah perusahaan akan menggunakan aplikasi payroll. Lantas, bagaimana memilih software aplikasi payroll terbaik yang sesuai dengan sistem gaji di Indonesia?

Sistem payroll sendiri adalah sistem yang dibuat untuk memudahkan proses penggajian karyawan yang juga merupakan pekerjaan rutin tim SDM setiap bulannya, saat ini sistem payroll juga semakin dipermudah dengan penggunaan software penggajian.

Software penggajian juga di kembangkan untuk bisa membantu tim SDM dalam menyelesaikan proses penggajian karyawan secara lebih efektif dan terotomatisasi.

Software aplikasi payroll terbaik haruslah sesuai dengan payroll system yang berlaku di Indonesia agar dapat terimplementasi dan dapat memaksimalkan penggunaannya,

Untuk itu penting bagi pemilik perusahaan dan tim SDM memahami sistem payroll di Indonesia. Hal tersebut tertuang dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Hal penting yang harus dipahami adalah mengetahui hak-hak apa saja yang harus karyawan terima, seperti waktu kerja yang pada rata-ratanya selama 8 jam kerja sehari, menerima upah minimum regional yang sudah ditetapkan pada setiap provinsi, jaminan perlindungan sosial, menerima jatah cuti, hak akan THR dan atau menerima upah kerja lembur.

Hak-hak dasar karyawan tersebut harus selalu diperhatikan pemilik perusahaan atau pun tim SDM sehingga proses penggajian bisa sesuai dengan payroll system yang berlaku di Indonesia dan tidak menyalahi sistem yang telah ada.

Setelah perusahan dan tim SDM memahami hak-hak dasar karyawan yang menjadi inti penting dari sistem payroll di Indonesia, langkah berikutnya adalah memilih aplikasi penggajian yang sesuai dengan sistem payroll di Indonesia.

Hal yang Harus Ada pada Software Aplikasi Payroll Terbaik

Dalam memilih software aplikasi payroll terbaik salah satunya adalah yang sesuai dengan sistem gaji di Indonesia. Simak penjelasannya pada bloghrd.com di sini!

Berikut hal yang harus ada dalam aplikasi payroll

  • Terintegrasi dengan Aplikasi atau Software Akuntansi

Hal ini penting karena payroll adalah beban perusahaan yang harus dibayarkan dan masuk ke dalam laporan keuangan.

Jadi seharusnya program payroll terbaik ini juga bisa terintegrasi dengan aplikasi software akuntansi terbaik.

  • Memiliki Fitur Manajemen Pajak

Dalam komponen gaji, ada yang namanya pajak penghasilan yang harus dibayarkan oleh perusahaan dan karyawan.

Sehingga dengan menggunakan aplikasi payroll, kewajiban Anda untuk membayar pajak dapat ditunaikan.

  • Memiliki Sistem Keamanan yang Baik

Karena aplikasi payroll merupakan berdasarkan mahadata yang tersimpan di internet, maka keamanan software aplikasi payroll terbaik tersebut  harus terjamin.

  • Memiliki Sistem Absensi dan Time Tracking

Penggajian sangat tergantung pada absensi dan juga pelacakan waktu karyawan.

Misalnya lemburan, cuti, dan juga liburan. Semuanya harus terintegrasi dalam satu akun.

  • Software Aplikasi Software Payroll Terbaik Dapat Dikostumisasi

Karena setiap perusahaan memiliki aturan dan regulasi berbeda sehingga diharapkan aplikasi penggajian dapat dikostumisasi sesuai dengan aturan perusahaan bahkan keterbaruan regulasi pemerintah.

  • Dapat Menyimpan Laporan dengan Mudah

Aplikasi payroll haruslah dapat menyimpan laporan penggajian dalam bentuk apapun dan mudah untuk diakses oleh internal perusahaan termasuk karyawan itu sendiri.

  • Software Aplikasi Software Payroll Terbaik Memiliki Zero error

Software aplikasi payroll terbaik harus akurat dan dapat dipercaya sistem operasionalnya.

Baca Juga : Rekomendasi Software Pembayaran Gaji Terbaru Terbaik

Tips Memilih Software Aplikasi Payroll Terbaik

Berikut ini adalah tips cara memilihnya.

1. Tampilan Simpel dan Bahasa Sederhana

Ketika menggunakan aplikasi berasalan menyederhanakan perhitungan payroll yang dilakukan oleh Anda atau karyawan, maka tampilan dari aplikasi harus simpel dan enak dilihat.

BACA JUGA :  Serba-Serbi tentang Undang-Undang Ketenagakerjaan di Indonesia

Pemilihan bahasa yang digunakan juga harus umum dan dimengerti oleh semua karyawan di dalam satu perusahaan.

2. Fitur yang Lengkap Pada Software Aplikasi Payroll Terbaik

Komponen gaji setiap perusahaan bisa saja berbeda, komponen seperti absensi karyawan, jam kerja, pajak, tunjangan lembur dan tunjangan lainnya harus dapat disesuaikan dengan kebijakan setiap perusahaan.

Oleh karena itu, kelengkapan fitur sangat dibutuhkan agar aplikasi dapat digunakan di jenis perusahaan apa saja.

3. Perhitungan Tepat dan Akurat Jika Menggunakan Sofware Aplikasi Payroll Terbaik

Ketika ada berbagai jenis software aplikasi payroll terbaik di Indonesia, dari mulai gratis hingga berbayar, dari manual hingga aplikasi payroll untuk menghitung gaji dengan menggunakan rumus excelpilihlah aplikasi yang memberikan perhitungan akurat dan tepat.

Jangan asal memilih karena gratis atau karena harga yang sangat murah. Pastikan aplikasi yang Anda pilih dapat menghitung gaji karyawan dengan cermat.

4. Keamanan Data Terjamin

Data perusahaan adalah hal yang sangat penting dan bersifat rahasia.

Data yang termasuk karyawan ini jangan sampai mengalami kebocoran dan disalahgunakan.

Oleh karena itu, ketika memilih aplikasi penggajian, keamanan data perusahaan harus dipastikan terjaga dengan aman.

Berarti, aplikasi harus dapat membedakan antara aplikasi untuk karyawan yang berkepentingan dengan sistem payroll, dengan aplikasi yang diakses oleh karyawan yang tidak berhubungan dengan payroll perusahaan.

5. Proses Perhitungan Gaji Cepat dan Update Dengan Menggunakan Software Aplikasi Payroll Terbaik

Selanjutnya, pastikan bahwa aplikasi dapat menghitung gaji karyawan Anda dengan cepat dan selalu uptodate.

 Terlebih untuk perhitungan pajak penghasilan karyawan yang dapat saja berubah sewaktu-waktu.

Perhitungan pajak memang terlihat sederhana, tetapi bisa saja menjadi kesalahan fatal jika tertunda atau salah perhitungan.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Tentang Sistem dan Aplikasi Payroll

Rekomendasi Software Aplikasi Payroll Terbaik Sesuai dengan Sistem Penggajian Indonesia

Rekomendasi Software Aplikasi Payroll Terbaik Sesuai dengan Sistem Penggajian Indonesia
Rekomendasi Software Aplikasi Payroll Terbaik Sesuai dengan Sistem Penggajian Indonesia

Berikut adalah beberapa rekomendasinya.

Xero

Xero ini sebenarnya adalah software akuntansi berbasis cloud yang berguna untuk menjalankan urusan keuangan perusahaan seperti masalah invoice, inventaris, koneksi dengan bank, manajemen pengeluaran, pembayaran tagihan, serta melacak aliran dana.

Xero sudah ada sejak tahun 2006 di Selandia Baru, Xero terus berkembang hingga sudah dipakai di 180 negara. Target market Xero adalah usaha kecil hingga menengah.

Ada beberapa kelebihan dari Xero dibandingkan software lainnya, yaitu pembayaran yang memudahkan untuk dilakukan tiap bulannya, seperti fitur software aplikasi payroll terbaik.

Keamanan software Xero yang dilengkapi oleh beberapa lapis otentikasi sehingga aman dari penipuan dan penggelapan.

Sehingga hingga adanya rincian dan ringkasan finansial yang membuat perusahaan bisa lebih mudah dalam meneliti pengeluaran mereka serta pencatatan aktivitas pengeluaran dan pemasukan yang lengkap untuk menghindari adanya kesalahan.

Harga Xero untuk pasar Indonesia dimulai dari $20/bulan hingga $40/bulan.

Patriot Payroll

Patriot Payroll adalah software aplikasi payroll terbaik yang fitur-fiturnya bisa dipesan sesuai dengan kebutuhan perusahaan kecil hingga menengah.

Sama seperti software pembayaran gaji kebanyakan, Patriot Payroll ini bisa memberikan kemudahan dalam mengurus invoice, masalah akuntansi, sampai proses menghitung gaji para karyawan.

Selain itu, ada pula catatan transaksi sebelumnya, data keuangan, dan yang lainnya.

Perusahaan juga bisa mengatur pembayaran kepada para kontraktor dan vendor sehingga lebih memudahkan. Ada beberapa keuntungan ketika memakai Patriot Payroll.

Dari opsi fitur yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan ekonomi perusahaan untuk mendapatkan harga yang lebih murah, harga software yang jauh lebih murah, mudah digunakan bagi para pemula, hingga keamanan yang kuat karena lapisan firewall yang menjaga data-data perusahaan.

Kemampuan keamanannya pun sudah dites untuk membuktikan kualitasnya.

Baca Juga : Bingung Pilih Aplikasi HRD Terbaik? Catat, Harus Ada 8 Fitur Ini

OnPay

Onpay adalah sebuah software aplikasi payroll terbaik yang memberikan kemudahan dalam pemakaian sehari-hari yang menguntungkan bagi para pengusaha kecil hingga menengah.

Dengan memakai sistem basis cloud, urusan pembayaran, perpajakan, dan pengeluaran keuangan bisa diproses dan dicek dengan mudah.

Ada pula kemudahan untuk memasukkan data tips, reimburse, dan tunjangan lembur.

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan software OnPay yang berbeda dibandingkan para pesaingnya.

Misalnya saja seperti efisiensi manajemen yang membuat para staf lebih mudah dalam memakai OnPay, penggunaan tak terbatas dalam melakukan aktivitas pembayaran tanpa harus bayar biaya tambahan, pemotongan otomatis pajak, dan manajemen dokumen yang cepat dan gampang diatur.

BACA JUGA :  Gaya Kepemimpinan Yang Paling Cocok Untuk Bisnismu

Justworks

Justworks adalahsoftware aplikasi payroll terbaik yang memberikan solusi kepada divisi HR dalam memudahkan proses pembayaran dan masalah-masalah yang berhubungan dengan para staf.

Dengan menggunakan Justworks, maka perusahaan kecil hingga besar bisa melakukan pembayaran otomatis untuk gaji, tunjangan, dan memotong cuti karyawan serta bisa membagi karyawan tergantung dari status mereka di dalam perusahaan.

Ada beberapa keuntungan ketika memilih Justworks sebagai software payroll untuk perusahaan, seperti pembayaran otomatis bahkan untuk karyawan part-time, dashboard karyawan di dalam software yang memudahkan dalam mengecek semua yang berhubungan dengan kepegawaian, hingga mengatur masalah aturan perusahaan dari cuti serta izin sakit.

Baca Juga : Kenapa Perusahaan Sebaiknya Menggunakan Software Payroll

KaryaONE

Software KaryaONE sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur bermanfaat, seperti dashboard yang menarik, manajemen urusan kepegawaian yang mudah, pemotongan pajak otomatis dan bisa dibuka serta digunakan di smartphone.

Karena merupakan buatan Indonesia, sistem KaryaONE tentunya sudah disesuaikan dengan ketentuan yang ada di Indonesia sehingga membantu perusahaan Anda untuk mematuhi peraturan yang berlaku.

Zoho Books

Zoho Books adalah software aplikasi payroll terbaik yang bertema pembukuan untuk memberikan solusi mudah dan cepat dalam mengurusi masalah keuangan.

Target pasar yang biasa memakai jasa Zoho Books adalah perusahaan kecil hingga menengah dan UMKM.

Perusahaan bisa membayar invoice, mendapat pembayaran dari transfer online, mengatur pengeluaran, dan mengatur segala macam transaksi dengan menggunakan Zoho Book.

Ada beberapa keuntungan saat memakai Zoho Books, yaitu pembayaran yang lebih cepat, bisa mengatur dan mengecek aliran uang yang masuk serta keluar, bisa dipakai dengan menggunakan smartphone, serta merupakan bagian dari grup Zoho yang sudah mendunia.

Selain itu, sistem pembayaran yang terintegrasi dengan Paypal semakin membuat Zoho Books layak dipilih.

Talenta

Berangkat dari permasalahan pada tim SDM seperti spreadsheet yang tersebar, penggunaan rumus excel yang cukup rumit, file kertas yang tersebar, proses administrasi yang memakan waktu lama, perhitungan gaji yang masih manual dengan excel untuk karyawan dengan jumlah yang banyak, perhitungan gaji yang rumit, sulitnya menyimpan data karyawan secara terpusat, dan manajemen data kehadiran karyawan yang rumit, Talenta dibuat dan dikembangkan untuk membantu Tim SDM perusahaan mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.

Talenta menawarkan fitur-fitur yang dapat membantu tim SDM perusahaan untuk mengerjakan pekerjaan utama mereka menjadi lebih mudah, termasuk dengan pekerjaan penggajian karyawan.

Terutama untuk perusahaan dengan jumlah karyawan yang mencapai ribuan, tentu akan sangat menyulitkan dan memakan waktu jika sistem payrollnya tidak berbasis online.

Salah satu fitur unggulan Talenta adalah payroll management yang memungkinkan tim SDM perusahaan untuk mengintegrasikan perhitungan payroll secara otomatis.

Hal tersebut juga dapat dikostumisasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau bisnis Anda, aplikasi ini dibuat user friendly sehingga memudahkan Anda untuk mengoperasikannya.

Karena penghitungan pajak bisa menjadi sangat rumit dikerjakan dan memakan banyak waktu, fitur lainnya yang menjadi keunggulan dari Talenta adalah Employee Tax Management yang dapat memudahkan tim SDM untuk menghitung PPh 21 dan PPh 26 secara otomatis yang tentu akan membuat pekerjaan semakin efektif.

Krishand Payroll

Krishand Payroll adalah software yang membantu perusahaan Anda dalam mengelola proses penggajian karyawan.

Mulai dari sistem database pencatatan data pegawai, transaksi lembur, rangkuman absensi, transaksi medical (pengobatan), potongan pinjaman, perhitungan PPh 21 bulanan, sampai proses pelaporan SPT Tahunan PPh 21. Aplikasi Krishand Payroll dapat mengeluarkan e-PaySlip atau slip gaji online, file transfer gaji untuk diupload di sistem e-banking, e-SPT, dan lain-lain.

Program Krishand Payroll telah digunakan oleh ribuan perusahaan dari berbagai jenis bidang usaha, mulai dari perusahaan jasa, dagang dan manufaktur.

Dengan dukungan harga software payroll yang murah dan dilengkapi oleh fitur-fitur bagus dan handal, hal ini menjadikan software Krishand Payroll sebagai pilihan utama bagi banyak staff HRD perusahaan saat memutuskan untuk membeli sistem payroll.

Harga software payroll Krishand sangat murah dan terjangkau untuk semua jenis perusahaan. Karena harga adalah salah satu pertimbangan dalam memilih software aplikasi payroll terbaik yang sesuai dengan sistem penggajian Indonesia.

Kenapa bisa dibilang murah? Karena begitu banyak fitur yang terdapat di dalam software Krishand Payroll dan settingan sistem penggajian sangat fleksibel sehingga cocok digunakan oleh semua jenis perusahaan.

Hanya dengan satu sistem payroll yang sama, software Krishand Payroll telah digunakan oleh ribuan perusahaan yang berbeda.

Selain dijual dengan harga terjangkau, kami juga menyediakan support yang baik bagi para pengguna software Krishand Payroll sehingga program dapat dioperasikan dengan baik dan lancar. Dari berbagai hal tersebut di atas, tak diragukan lagi bahwa software Krishand Payroll merupakan salah satu software payroll terbaik saat ini.

BACA JUGA :  Kupas Tuntas Pentingnya Peran Sales Dalam Perusahaan

Gadjian

Gadjian ini adalah salah satu program payroll yang sistemnya bisa disesuaikan dengan sistem penggajian di Indonesia. Beberapa fitur yang ada pada aplikasi ini adalah:

  1. Mengelola Data Karyawan. Kelola data karyawan di satu tempat, mulai dari ulang tahun, nomor rekening bank, jenjang karir, hingga remunerasi (gaji dan tunjangan lainnya). Punya karyawan kontrak (PKWT)? Gadjian bisa mengingatkan jika kontrak karyawan akan habis.
  2. Pencatatan Absensi Karyawan. Punya mesin fingerprint maupun belum tidak jadi soal. Sistem pencatatan absensi di Gadjian terhubung langsung dengan penghitungan penggajian karyawan. Hitung gaji jadi hemat waktu!
  3. Mengatur Jadwal Shift Kerja. Memantau dan mengelola shift dan jadwal kerja karyawan menjadi ringan dengan Gadjian karena jadwal kerja, shift dan peraturan jam kerja dapat termonitor secara otomatis.
  4. Menghitung Gaji Dan THR. Gadjian menghitung gaji mingguan, bulanan, lembur, THR bahkan bonus dan insentif secara otomatis dan akurat. Formula lembur pemerintah dan hitungan prorata gaji & THR juga sudah terakomodasi.
  5. Pengelolaan Cuti Sakit. Pengajuan sakit dan izin karyawan dapat dicatat dan dihitung secara online di Gadjian. Simple dan paperless.
  6. Mengelola Perhitungan Dan Pencatatan Cuti. Pengajuan dan perhitungan cuti karyawan dikelola secara online dan otomatis. Sistem Gadjian mengakomodasi periode cuti bersama maupun individu, termasuk perhitungan carry forward.

LinovHR

Penggajian atau payroll karyawan pada suatu perusahaan harus dikelola dengan baik dan sistematis oleh manajemen perusahaan. Oleh karena itu, melalui modul Payroll yang ada pada software payroll indonesia LinovHR, admin dapat melakukan kegiatan yang bersifat administratif dengan mudah.

Kegiatan seperti perhitungan payroll, pembayaran gaji berserta komponen-komponennya secara rutin maupun periodik, pengelompokkan payroll berdasarkan jenis karyawan, pembuatan slip gaji, hingga menghasilkan laporan payroll.

Anda juga bisa simpan data bank Payroll dengan Aman Bersama LinovHR. Fitur dalam menu ini berfungsi untuk menyimpan informasi baru data-data Bank yang berkaitan dengan proses payroll perusahaan.

Manfaatkan juga fitur payment method di dalam Payroll Software Berbasis Cloud LinovHR. Di dalam Software Payroll LinovHR terdapat menu Payment Method , dengan menu ini anda dapat menyimpan seluruh metode pembayaran yang digunakan dalam transaksi finansial perusahaan.

Atur komponen payroll penggajian karyawan dengan fitur Payroll Component LinovHR. Anda dapat mengelola komponen payroll yang diterima oleh karyawan seperti gaji pokok, tunjangan transportasi, tunjangan makan, BPJS, jaminan pensiun dan lain sebagainya melalui fitur payroll component pada modul payroll ini.

Kelompokan payroll dengan fitur payroll group LinovHR. Melalui Fitur Payroll Group yang ada pada Payroll Software LinovHR, anda dapat melakukan pengelompokkan payroll yang kemudian dapat anda atur proses pembayarannya, mulai dari periode pembayaran, tanggal pembayaran, metode pembayaran, tax, dan currency.

Membuat Slip Gaji dengan mudah melalui fitur salary slip juga bisa dilakukan. Fitur Salary Slip dalam Software Payroll LinovHR adalah fitur yang dapat digunakan untuk menghasilkan file pdf salary slip atau slip gaji yang siap untuk di download serta di print. Pembuatan Slip Gaji dapat dipilih berdasarkan tahun, periode dan group payroll.

PayrollBozz

PayrollBozz ini adalah sebuah software penggajian karyawan atau payroll online dengan fitur HR yang lengkap, tidak hanya bisa digunakan untuk menghitung penggajian karyawan namun juga tersedia fitur untuk pencatatan absensi karyawan secara online, data pinjaman karyawan, laporan pajak pph21 karyawan dan aplikasi layanan mandiri karyawan.

PayrollBozz juga pernah dikenal sebagai software HRD terbaik yang inovatif karena memberikan terobosan yang memudahkan HRD dan karyawan dalam melakukan kegiatan adminstrasi kepersonaliaan sehingga menghemat waktu, uang dan tenaga.

Software payroll menyediakan harga murah dan juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile di smartphone baik versi iOS maupun Android, dengan adanya aplikasi HRIS di smartphone karyawan pastinya akan memudahkan mereka dalam melakukan pengajuan cuti/lembur/klaim, melihat laporan e-payslip bahkan absensi online (selfie + GPS) apabila karyawan berada di luar kantor. Payrollbozz juga dapat terintegrasi dengan mesin fingerprint / absensi wajah yang tersebar di cabang-cabang. Dengan PayrollBozz, mengelola administrasi HR menjadi mudah dan teratur

***

Nah, diatas adalah software aplikasi payroll terbaik yang bisa Anda gunakan untuk perusahaan Anda, dimana beberapa diantaranya sudah sesuai dengan sistem gaji di Indonesia.

Silahkan pilih yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published.