Langkah Cara Lapor SPT Pajak Tahunan Badan Online 2024

Begini Cara Mudah Lapor SPT Tahunan Online Untuk Pajak Badan Di Tahun 2024:

Dalam upaya untuk mempermudah proses pelaporan pajak, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah mengenalkan sistem e-Filing Online yang memungkinkan wajib pajak badan untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh Badan secara online. Cara lapor SPT Tahunan online badan menjadi pilihan yang lebih efisien dan nyaman bagi perusahaan dan wajib pajak pribadi. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang cara lapor pajak tahunan secara online, apa yang perlu dipersiapkan, serta langkah-langkah yang harus diikuti agar pelaporan pajak tahunan dapat dilakukan dengan lancar dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Prosedur Lapor Pajak Tahunan 2024

Pelaporan pajak merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap badan usaha. Dalam hal ini, SPT Tahunan PPh Badan adalah salah satu bentuk pelaporan yang harus dilakukan setiap tahunnya. Pada tahun 2023, pelaporan pajak tahunan semakin dimudahkan dengan adanya sistem e-Filing, yang memungkinkan wajib pajak untuk melaporkan pajak secara online.

Salah satu keunggulan utama dari cara lapor SPT Tahunan online badan adalah fleksibilitasnya. Wajib pajak dapat menyampaikan SPT Tahunan badan kapan saja dan di mana saja tanpa harus repot-repot datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Selain itu, pelaporan pajak online juga membantu mencegah denda akibat keterlambatan pelaporan, karena pelaporan dapat dilakukan secara real-time melalui website DJP.

Selain efisiensi waktu, e-Filing pajak juga dapat menghemat biaya operasional perusahaan, karena tidak diperlukan lagi perjalanan bolak-balik ke KPP untuk keperluan pelaporan pajak. Meskipun demikian, masih banyak wajib pajak badan yang belum terbiasa dengan cara lapor SPT Tahunan online, dan lebih memilih cara manual untuk melaporkan pajak mereka.

Bagi yang belum terbiasa, pelaporan SPT Tahunan online bisa terasa membingungkan. Namun, dengan memahami langkah-langkah yang perlu diambil dan persiapan yang harus dilakukan sebelum melapor pajak secara online, proses ini dapat menjadi lebih mudah dan efisien.

Dasar Hukum Cara Lapor SPT Tahunan Online Badan 2024

Sebelum kita masuk ke detail tentang cara lapor SPT Tahunan online badan, penting untuk memahami dasar hukum yang mengatur pelaporan pajak ini. Berikut adalah beberapa dasar hukum terkait e-Filing SPT Tahunan PPh Badan:

1. Peraturan Kewajiban e-Filing SPT Tahunan Badan

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah menetapkan kewajiban e-Filing SPT Tahunan PPh Badan melalui PENG-04/PJ.09/2016 tentang Kewajiban Pelaporan Pajak secara Elektronik Bagi Pengusaha Kena Pajak Pengguna e-Faktur. Menurut peraturan ini, wajib pajak badan yang telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang memiliki omzet penjualan di atas Rp 4.8 miliar, wajib melakukan e-Filing SPT Tahunan PPh Badan.

BACA JUGA :  Ketentuan Faktur Pajak Pengganti Diperbarui? Simak Selengkapnya di Sini

2. Dasar Hukum eFiling Aplikasi Pajak

Aplikasi Pajak merupakan salah satu Application Service Provider (ASP) resmi yang disahkan oleh DJP. DJP telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor KEP-193/PJ/2015 yang mengesahkan Aplikasi Pajak sebagai mitra resmi dalam pelaksanaan e-Filing. Dengan pengesahan ini, pelaporan pajak perusahaan melalui Aplikasi Pajak memiliki kekuatan hukum yang mengikat.

3. Panduan Daftar EFIN untuk eFiling Pajak

Sebelum dapat melakukan e-Filing SPT Tahunan online badan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan Electronic Filing Identification Number (EFIN). Caranya, kunjungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat atau KPP tempat perusahaan Anda terdaftar, dan ajukan permohonan aktivasi EFIN pajak.

Permohonan EFIN hanya dapat diajukan oleh pengurus perusahaan dan tidak dapat diwakilkan kepada pihak lain. Setelah mendapatkan EFIN, langkah selanjutnya adalah mengaktivasi EFIN tersebut. Berikut adalah panduan singkat mengenai cara mengaktivasi EFIN:

  • Kunjungi situs DJP Online dan isi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) serta nomor EFIN yang telah Anda peroleh untuk melakukan verifikasi.
  • Setelah Anda berhasil masuk ke halaman verifikasi, pastikan informasi yang tertera sesuai dengan identitas Anda.
  • Selanjutnya, lengkapi data Anda dengan alamat email aktif dan nomor ponsel yang valid. Buatlah password yang kuat, terdiri dari kombinasi angka dan huruf, untuk keamanan akun Anda.
  • Simpan perubahan yang telah Anda lakukan dan tunggu instruksi selanjutnya yang akan dikirimkan ke alamat email yang Anda daftarkan.
  • Setelah Anda menerima email verifikasi, ikuti tautan yang disediakan untuk mengaktivasi akun Anda.

Setelah berhasil mengaktivasi EFIN, Anda siap untuk melakukan eFiling SPT Tahunan online badan tahun 2023.

Persiapan Sebelum Melapor Pajak Badan Online Di 2024

Sebelum memulai proses pelaporan pajak secara online, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh wajib pajak badan. Ini termasuk persiapan dokumen-dokumen yang diperlukan serta pemahaman tentang jenis-jenis formulir SPT yang akan digunakan. Berikut adalah langkah-langkah persiapan yang perlu diikuti:

1. Mempersiapkan Dokumen-dokumen yang Diperlukan Untuk Syarat Cara Lapor SPT Pajak Tahunan Badan Online

Sebelum melakukan eFiling SPT Tahunan online badan, wajib pajak badan harus mempersiapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen ini termasuk:

  • SPT 1771: Formulir SPT ini adalah formulir yang digunakan untuk pelaporan SPT Tahunan PPh Badan.
  • Laporan Keuangan: Laporan keuangan perusahaan selama tahun berjalan juga perlu disiapkan. Laporan keuangan ini akan digunakan sebagai referensi dalam pengisian SPT.
  • Penghitungan Peredaran Bruto & Pembayaran (Khusus Wajib Pajak PP 46): Jika perusahaan Anda termasuk dalam kategori yang harus menghitung peredaran bruto dan pembayaran sesuai dengan ketentuan PP 46, Anda perlu mempersiapkan dokumen ini.
  • Laporan Debt to Equity Ratio & Utang Swasta Luar Negeri (Khusus Wajib Pajak PT yang membebankan Utang): Dokumen-dokumen ini perlu disiapkan jika perusahaan Anda termasuk dalam kategori yang harus melaporkan debt to equity ratio dan utang swasta luar negeri.
  • Ikhtisar Dokumen Induk & Dokumen Lokal (Khusus Wajib Pajak dengan Transaksi Hubungan Istimewa): Dokumen-dokumen ini perlu disiapkan jika perusahaan Anda memiliki transaksi dengan pihak yang memiliki hubungan istimewa.
  • Laporan Penyampaian CBCR (Country by Country Report): Jika perusahaan Anda termasuk dalam kategori yang harus menyampaikan laporan CBCR, Anda perlu mempersiapkan dokumen ini.
  • Daftar Biaya Entertainment (jika ada): Dokumen ini diperlukan jika perusahaan Anda memiliki biaya entertainment yang perlu dilaporkan.
  • Daftar Biaya Promosi (jika ada): Dokumen ini diperlukan jika perusahaan Anda memiliki biaya promosi yang perlu dilaporkan.
  • Khusus Wajib Pajak Migas: Jika perusahaan Anda bergerak di sektor migas, Anda perlu mempersiapkan dokumen laporan tahunan penerimaan negara dari kegiatan hulu minyak dan/atau gas bumi.
  • Khusus Bentuk Usaha Tetap (BUT): Jika perusahaan Anda merupakan Bentuk Usaha Tetap, maka Anda perlu mempersiapkan dokumen SSP PPh Pasal 26 (4) dan pemberitahuan bentuk penanaman modal.
BACA JUGA :  KPP Pratama Kayu Agung

Seluruh dokumen ini perlu diunggah saat melakukan eFiling SPT Tahunan online badan, sehingga penting untuk memastikan bahwa dokumen-dokumen tersebut telah disiapkan dengan baik.

2. Mengisi dan Melengkapi Formulir SPT 1771

Formulir SPT 1771 merupakan formulir utama yang akan digunakan untuk melaporkan SPT Tahunan PPh Badan. Pada formulir ini, Anda akan diminta untuk mengisi berbagai informasi terkait dengan perusahaan Anda, termasuk informasi tentang omzet, biaya-biaya, dan pendapatan perusahaan selama tahun berjalan.

Penting untuk mengisi formulir SPT 1771 dengan cermat dan teliti, karena kesalahan dalam pengisian formulir ini dapat berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari. Pastikan Anda memiliki dokumen pendukung yang diperlukan untuk pengisian formulir ini.

3. Menyiapkan Data Pendukung

Selain dokumen-dokumen fisik yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga perlu menyiapkan data pendukung yang diperlukan dalam proses eFiling. Ini termasuk data-data seperti NPWP perusahaan, EFIN pajak, dan data identifikasi lainnya yang akan digunakan untuk mengakses sistem DJP Online.

4. Memastikan Koneksi Internet yang Stabil Sebelum Lapor SPT Pajak Tahunan Badan Online Di 2024

Pelaporan pajak online membutuhkan koneksi internet yang stabil. Pastikan bahwa koneksi internet Anda dapat mendukung proses eFiling tanpa gangguan. Ini penting agar Anda tidak mengalami kesulitan saat mengakses website DJP Online dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan.

5. Menyiapkan Waktu yang Cukup

Proses eFiling SPT Tahunan online badan memerlukan waktu, terutama jika ini adalah pengalaman pertama Anda. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk melengkapi seluruh proses pelaporan tanpa harus terburu-buru.

Cara Lapor SPT Tahunan Online Badan dengan eFiling DJP Online Di 2024

Cara Lapor SPT Tahunan Online Badan dengan eFiling DJP Online Di 2024

Setelah Anda mempersiapkan semua dokumen dan data yang diperlukan, Anda siap untuk memulai proses eFiling SPT Tahunan online badan. Berikut adalah langkah-langkah secara singkat untuk melaporkan pajak tahunan perusahaan Anda:

1. Masuk ke Akun e-Filing Anda di Halaman DJP Online

Langkah pertama adalah masuk ke akun e-Filing Anda di halaman DJP Online. Anda dapat menggunakan NPWP perusahaan dan EFIN pajak yang telah Anda aktivasi sebelumnya untuk masuk.

2. Mulai Proses Pengisian SPT

Setelah masuk ke akun e-Filing, pilih opsi “Buat SPT” atau opsi yang serupa yang disediakan oleh sistem. Ini akan memulai proses pengisian SPT Tahunan PPh Badan.

3. Isi Formulir SPT

Anda akan diminta untuk mengisi formulir SPT 1771. Pastikan Anda mengisi setiap bagian formulir dengan benar dan lengkap sesuai dengan data perusahaan Anda. Jangan lupa untuk memeriksa kembali setiap entri yang Anda masukkan agar tidak terjadi kesalahan.

BACA JUGA :  KPP Pratama Cileungsi

4. Masukkan Kode Verifikasi

Sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email yang Anda daftarkan. Masukkan kode verifikasi ini untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik akun yang sah.

5. Kirim SPT

Setelah Anda yakin bahwa semua informasi telah diisi dengan benar dan lengkap, klik tombol “Kirim SPT” atau opsi yang serupa yang disediakan oleh sistem. Ini akan mengirimkan SPT Anda ke Direktorat Jenderal Pajak untuk diproses.

6. Verifikasi dan Bayar Pajak (Jika Diperlukan)

Setelah SPT Anda terkirim, Anda akan menerima pemberitahuan mengenai status SPT Anda. Jika ada pajak yang harus dibayarkan, pastikan untuk melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang diberikan dalam pemberitahuan tersebut.

7. Simpan Bukti Pelaporan

Saat Anda telah berhasil melaporkan pajak tahunan secara online, pastikan untuk menyimpan bukti pelaporan sebagai arsip perusahaan Anda. Ini termasuk salinan SPT yang telah Anda kirim dan semua dokumen pendukung yang diperlukan.

Selain melalui e-Filing DJP, wajib pajak badan juga memiliki opsi untuk melaporkan pajak tahunan melalui e-Filing Aplikasi Pajak. Aplikasi Pajak menyediakan berbagai jenis layanan dan fitur yang mempermudah perusahaan dalam mengelola transaksi bisnis dan menjalankan kewajiban perpajakan.

Keuntungan Melaporkan Pajak Secara Online Di 2024

Melaporkan pajak secara online, baik melalui e-Filing DJP maupun Aplikasi Pajak, memiliki sejumlah keuntungan yang signifikan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Efisiensi Waktu

Proses pelaporan pajak secara online memungkinkan wajib pajak untuk menghemat waktu yang sebelumnya digunakan untuk perjalanan ke Kantor Pelayanan Pajak. Semua proses dapat dilakukan dari kenyamanan kantor atau rumah.

2. Pencegahan Denda Keterlambatan

Dengan pelaporan secara online, Anda dapat memastikan bahwa SPT Tahunan PPh Badan disampaikan secara tepat waktu, sehingga menghindari denda akibat keterlambatan pelaporan.

3. Hemat Biaya Operasional

Tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk transportasi atau perjalanan ke KPP. Selain itu, proses pelaporan secara online juga dapat mengurangi biaya administrasi yang terkait dengan cetak-mencetak dokumen fisik.

4. Kemudahan Akses dan Monitoring

Sistem e-Filing memungkinkan wajib pajak untuk mengakses data dan informasi perpajakan mereka dengan mudah. Selain itu, Anda dapat memantau status pelaporan dan pembayaran pajak secara real-time.

5. Akurasi Data yang Lebih Baik

Proses eFiling meminimalkan kesalahan manusia dalam pengisian formulir pajak, sehingga meningkatkan akurasi data yang dilaporkan.

Kesimpulan: Cara Lapor SPT Tahunan Pajak Badan 2024 Secara Online Lebih Mudah

Cara lapor SPT Tahunan online badan tahun 2024 merupakan langkah positif dalam rangka mempermudah dan mempercepat proses pelaporan pajak bagi wajib pajak badan. Dengan adanya sistem e-Filing DJP dan Aplikasi Pajak, wajib pajak dapat melaporkan pajak secara online dengan lebih efisien dan efektif.

Penting bagi setiap perusahaan atau badan usaha untuk memahami dasar hukum, persiapan yang diperlukan, dan langkah-langkah yang harus diikuti dalam pelaporan pajak tahunan secara online. Dengan memahami proses ini, perusahaan dapat memastikan kepatuhan perpajakan mereka, menghindari denda keterlambatan, dan mengoptimalkan proses bisnis mereka.

Selain itu, wajib pajak badan juga dapat memanfaatkan keuntungan-keuntungan dari pelaporan pajak online, seperti efisiensi waktu, hemat biaya operasional, dan akurasi data yang lebih baik. Semua ini dapat berkontribusi pada kelancaran operasi perusahaan dan pemenuhan kewajiban perpajakan yang lebih baik. Dengan demikian, eFiling SPT Tahunan online badan adalah langkah yang tepat menuju perpajakan yang lebih efisien dan modern.

Referensi:

  • PENG-04/PJ.09/2016
  • Surat Keputusan Nomor KEP-193/PJ/2015

Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com