Gaji Upah Pekerja Perikanan Tangkap Di Laut Dalam - bloghrd.com



Pekerja penangkap ikan di laut dalam, seperti nakhoda atau anggota awak kapal nelayan, memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan akan ikan di Indonesia. Mereka bertanggung jawab dalam menangkap ikan di laut dalam yang nantinya akan dijual atau dikirimkan ke pedagang borongan, organisasi pemasaran, atau ke pasar Indonesia.

Dalam menjalankan tugasnya, pekerja penangkap ikan di laut dalam ini umumnya memiliki tingkat pendidikan semi-terampil. Mereka tidak memerlukan pendidikan formal yang tinggi, namun tetap harus memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam menangkap ikan di laut dalam.

Salah satu hal yang menjadi pertanyaan banyak pekerja penangkap ikan di laut dalam adalah tentang gaji yang mereka terima. Untuk itu, ada baiknya kita memeriksa dan memahami besaran gaji yang biasa diterima oleh mereka.

Mayoritas pekerja perikanan tangkap di laut dalam mendapatkan gaji antara IDR2,456,401 dan IDR4,839,804 per bulan pada tahun 2023. Angka ini dapat berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor seperti pengalaman kerja, keterampilan, dan jenis tangkapan ikan yang mereka lakukan.

Bagi pekerja pemula di bidang perikanan tangkap di laut dalam, upah bulanan yang mereka terima berkisar antara IDR2,456,401 hingga IDR4,367,233. Meskipun masih di tingkat pemula, namun mereka tetap mendapatkan gaji yang cukup menjanjikan.

Namun, setelah memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun, pendapatan mereka akan mengalami peningkatan. Pekerja perikanan tangkap di laut dalam dengan pengalaman kerja selama 5 tahun dapat memperoleh pendapatan di antara IDR2,736,224 dan IDR4,593,218 per bulan. Peningkatan pendapatan ini menjadi apresiasi atas pengalaman dan keterampilan yang mereka miliki dalam menangkap ikan di laut dalam.

BACA JUGA :  Program Tunjangan Jaminan Pengangguran BPJS Ketenagakerjaan

Dalam industri perikanan tangkap di laut dalam, tentunya ada risiko dan tantangan yang harus dihadapi oleh pekerja. Mereka harus siap menghadapi cuaca buruk, gelombang tinggi, dan bahaya lainnya yang dapat mengancam keselamatan mereka. Oleh karena itu, tingkat gaji yang mereka terima sebanding dengan risiko dan tantangan yang harus dihadapi.

Selain itu, pekerja penangkap ikan di laut dalam juga harus memiliki pengetahuan tentang keberlanjutan perikanan. Mereka harus memahami pentingnya menjaga kelestarian sumber daya ikan agar dapat terus memberikan hasil tangkapan yang berkelanjutan. Dalam hal ini, pekerja penangkap ikan di laut dalam juga dapat memperoleh pendapatan tambahan melalui program-program konservasi dan pengelolaan sumber daya ikan yang diberikan oleh pemerintah atau organisasi terkait.

Secara keseluruhan, pekerja penangkap ikan di laut dalam memiliki peran yang penting dalam memenuhi kebutuhan akan ikan di Indonesia. Meskipun memiliki tingkat pendidikan semi-terampil, mereka tetap mampu mendapatkan gaji yang cukup menjanjikan. Dengan pengalaman dan keterampilan yang dimiliki, pendapatan mereka dapat meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Namun, pekerja penangkap ikan di laut dalam juga harus siap menghadapi risiko dan tantangan yang ada dalam pekerjaan mereka serta memiliki kesadaran terhadap keberlanjutan perikanan.



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com