Cara Mudah Mendaftar BPJS Secara Online untuk Karyawan UMKM

Berikut ini adalah cara mudah mendaftar BPJS Ketenagakerjaan secara online untuk karyawan UMKM akan diulas oleh bloghrd.com disini.

Berdasarkan peraturan Presiden No. 109/2013 tentang Tahapan Kepesertaan Program Jaminan Sosial, setiap perusahaan diwajibkan untuk mendaftarkan pekerjanya pada BPJS Ketenagakerjaan untuk mengikuti program jaminan kecelakaan kerja, program jaminan hari tua, program jaminan pensiun, dan program jaminan kematian secara bertahap.

Program jaminan tersebut wajib diikuti oleh perusahaan baik korporat maupun UMKM yang berdiri di bawah nama perusahaan resmi.

Jaminan ketenagakerjaan tersebut digunakan sebagai jaminan jika terjadi kecelakaan kerja, sakit, atau bahkan pesangon bagi para karyawan.

Simak cara mudah daftar BPJS Secara Online untuk Karyawan UMKM berikut ini.

Cara Mudah Daftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online untuk Karyawan UMKM

Cara Mudah Daftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online untuk Karyawan UMKM

BPJS Ketenagakerjaan amat sangat bermanfaat tidak hanya untuk karyawan tetapi juga para pemilik usaha.

Ada banyak manfaat untuk pemilik usaha yang mendaftarkan pegawainya dalam BPJS ketenagakerjaan.

Salah satu contoh sederhana adalah jaminan kecelakaan kerja.

Jika terjadi kecelakaan yang mengharuskan bantuan tenaga medis, pemilik usaha tidak perlu lagi bingung untuk mengeluarkan dana karena BPJS ketenagakerjaan sudah menjamin hal tersebut.

Hal lain yang menguntungkan bagi UMKM adalah perlindungan jaminan tersebut bisa dicairkan sehingga setelah pensiun pun para pegawai tetap bisa memiliki pesangon yang mencukupi.

Untuk para UMKM yang sudah dinaungi oleh badan hukum perusahaan, penting sekali untuk mendaftarkan para karyawan dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga : Panduan Lengkap SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Berikut adalah cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan:

  1. Pastikan perusahaan Anda telah terdaftar di dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN maupun Kartu Indonesia Sehat atau KIS karena data tersebut merupakan salah satu syarat mendaftar BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Di awal pengisian data, masukkan alamat sesuai dengan lokasi yang tertera di perizinan usaha milik Anda agar sesuai dengan wilayah kerja kantor cabang BPJS Kesehatan yang terdekat di area Anda.
  3. Isi seluruh data yang diminta dengan tepat dan jelas. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat email yang aktif untuk aktivasi akun BPJS Ketenagakerjaan perusahaan Anda.
  4. Setelah mengisi semua data dengan lengkap, Anda akan mendapatkan email notifikasi dari BPJS Ketenagakerjaan untuk aktivasi. Klik link aktivasi di dalam email Anda dan Anda akan mendapatkan:
    – Lampiran cetak formulir registrasi badan usaha.
    – Kode badan usaha.
    – Nomor rekening pembayaran iuran JKN-KIS berupa virtual account.
    – Hak akses (username & password) aplikasi yang digunakan untuk melakukan pendaftaran karyawan.
  5. Jika proses pendaftaran dan aktivasi sudah selesai, Anda bisa masuk ke website Edabu BPJS untuk menambahkan karyawan di data perusahaan yang terdapat di dalam BPJS Ketenagakerjaan.
BACA JUGA :  Strategi Perusahaan Genjot Produktivitas Karyawan saat WFH

Website Edabu BPJS Ketenagakerjaan bisa diakses melalui https://edabu.bpjs-kesehatan.go.id/Edabu/Home/Login kemudian Anda bisa login dengan username dan password yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

Baca Juga : Ketahui Tentang Peraturan Ketenagakerjaan Di Indonesia

Anda bisa cek data peserta yang tersedia kemudian bisa menambahkan data peserta yang baru dengan mudah.

Kemudahan menggunakan BPJS online ini tentunya membuat para pemilik usaha menjadi lebih lancar menjalankan bisnis.

Anda bisa fokus mengembangkan bisnis dan tidak perlu lagi lama mengantri ke kantor BPJS untuk mendaftarkan peserta atau karyawan baru.

Kelancaran bisnis juga bisa lebih terbantu dengan adanya sistem aplikasi yang juga mengatur sistem payroll dan terintegrasi dengan BPJS.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi melakukan pendataan secara manual.

Baca Juga : Prosedur Pengajuan Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Sistem aplikasi yang sudah terintegrasi dengan BPJS akan secara otomatis mengatur potongan untuk BPJS. Jadi tidak perlu mendata secara manual.

Usaha Kecil Menengah merupakan usaha yang juga memiliki kontribusi kepada negara.

Dengan mendaftarkan karyawan di BPJS ketenagakerjaan, jaminan yang diberikan bisa membuat karyawan lebih percaya terhadap perusahaan Anda.

Semoga informasi cara mudah mendaftar BPJS Ketenagakerjaan secara online untuk karyawan UMKM diatas bisa berguna.

Silahkan dibagikan ke sosial media juga ya.

Baca Juga : 5 Aplikasi Slip Gaji Online dengan Fitur Lengkap untuk UKM


Leave a Reply

Your email address will not be published.