5 Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan Di 2024


Bagaimana Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan Di 2024?

Pada era sekarang, kesehatan adalah aset yang sangat berharga. Oleh karena itu, memiliki jaminan kesehatan adalah hal yang penting untuk memastikan Anda dan keluarga mendapatkan perawatan medis yang baik ketika dibutuhkan. Di Indonesia, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah program jaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat. Setiap anggota BPJS Kesehatan diwajibkan membayar iuran atau tagihan setiap bulan untuk memastikan keanggotaannya tetap aktif.

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan adalah langkah penting dalam memantau status keanggotaan dan memastikan pembayaran iuran Anda berjalan lancar. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk dengan mudah cek tagihan BPJS Kesehatan Anda.

1. Website Resmi BPJS Kesehatan

Salah satu cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk cek tagihan BPJS Kesehatan Anda adalah dengan menggunakan website resmi milik BPJS. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka browser web Anda dan kunjungi website resmi BPJS Kesehatan di sso.bpjs-kesehatan.go.id.
  • Setelah Anda masuk ke halaman utama website, cari dan klik menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan.”
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi dua kolom, yaitu Nomor Kartu dan Tanggal Lahir Anda sebagai pemilik kartu BPJS.
  • Setelah mengisi data tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan kode Validasi yang tertera dan klik tombol “Cek.”
  • Maka, rincian pembayaran Anda akan muncul di layar perangkat elektronik yang Anda gunakan. Rincian tersebut meliputi pembayaran yang telah dilunasi dan tagihan yang belum dilunasi.
BACA JUGA :  Gaji Upah Teller Bank dan YBDI

2. Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan Di 2024 Lewat ATM

Cara lain yang cukup mudah adalah dengan menggunakan mesin ATM bank yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Beberapa bank yang biasanya bekerja sama dengan BPJS Kesehatan antara lain Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Masukkan kartu ATM Anda dan masukkan PIN ATM Anda.
  • Pilih menu “Transaksi Lain.”
  • Pilih “Pembayaran.”
  • Pilih “Lainnya.”
  • Selanjutnya, pilih “BPJS” dan kemudian “BPJS Kesehatan.”
  • Masukkan nomor virtual account BPJS Kesehatan yang Anda terima ketika mendaftar akun.
  • Alternatifnya, Anda juga bisa memasukkan nomor peserta BPJS Kesehatan dengan mengetik 88888 diikuti dengan 11 angka terakhir nomor peserta BPJS Kesehatan Anda.
  • Konfirmasi pembayaran iuran BPJS Kesehatan akan muncul di layar ATM.
  • Jika Anda yakin bahwa tagihan yang ditampilkan sudah benar, pilih “Ya” untuk melanjutkan proses pembayaran.

Meski cara ini dianggap mudah, beberapa orang mungkin merasa cukup merepotkan karena harus mencari atau pergi ke mesin ATM yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan terdekat.

3. Aplikasi Mobile JKN

BPJS Kesehatan memiliki aplikasi resmi yang dapat Anda gunakan untuk memantau status, tagihan, dan kebutuhan lainnya perihal BPJS Kesehatan.

Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store untuk pengguna Android.

Berikut adalah cara cek tagihan BPJS Kesehatan melalui aplikasi resmi BPJS, yang disebut “Mobile JKN”:

  • Install aplikasi “Mobile JKN” dari Google Play Store ke ponsel Anda.
  • Buka aplikasi Mobile JKN dan lakukan login dengan akun BPJS Kesehatan Anda.
  • Pada halaman beranda aplikasi, pilih menu “Tagihan.”
  • Untuk melihat rincian tagihan, pilih “Premi.”
  • Maka, Anda akan melihat tagihan BPJS Kesehatan Anda beserta rincian pembayaran.
BACA JUGA :  Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas Adalah Berikut

4. Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan Di 2024 Lewat SMS Gateway

Jika perangkat elektronik Anda tidak dapat terhubung dengan internet, BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan cek tagihan melalui SMS Gateway.

Anda dapat mengirimkan pesan SMS ke nomor 087775500400 untuk mendapatkan informasi tagihan BPJS Kesehatan Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Kirimkan pesan SMS dengan format sebagai berikut: Tagihan [Nomor Kartu/Nomor Induk Kependudukan (NIK)/Nomor Peserta] ke 087775500400.
  • Contoh: “Tagihan 0000129834756.”

Anda akan menerima balasan SMS yang berisi informasi tagihan Anda, termasuk jumlah tagihan bulanan dan denda jika ada.

5. Layanan Customer Service dan Care Center

Selain metode-metode di atas, Anda juga dapat langsung menghubungi layanan pelanggan BPJS Kesehatan atau Care Center untuk menanyakan tagihan Anda. Nomor layanan pelanggan BPJS Kesehatan adalah 1500 400. Anda dapat menghubungi nomor ini untuk berbicara dengan petugas BPJS Kesehatan yang akan membantu Anda dalam mengecek tagihan dan memberikan informasi yang Anda butuhkan.

Layanan Mobile Customer Service (MCS) juga dapat Anda manfaatkan dengan mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Petugas di sana akan membantu Anda untuk cek tagihan dan memberikan panduan tentang pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Demikianlah berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk cek tagihan BPJS Kesehatan Anda dengan mudah. Pastikan Anda selalu memantau status keanggotaan BPJS Kesehatan dan membayar iuran tepat waktu untuk memastikan bahwa Anda dan keluarga mendapatkan manfaat jaminan kesehatan yang diperlukan. Kesehatan adalah investasi yang sangat berharga, dan BPJS Kesehatan hadir untuk membantu Anda menjaga kesehatan Anda dan orang yang Anda cintai.

Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!

BACA JUGA :  Gaji Upah Pekerja Lantai dan Ubin


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com