Langkah Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan Online 2024

Pentingnya Daftar BPJS Kesehatan Online:

Kesehatan adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan setiap individu. Tidak ada yang ingin mengalami masalah kesehatan yang serius tanpa memiliki akses ke perawatan medis yang memadai. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah penting untuk memastikan bahwa setiap warga negara memiliki akses ke layanan kesehatan yang memadai melalui program BPJS Kesehatan. Program ini adalah langkah signifikan dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Kewajiban Menjadi Anggota BPJS Kesehatan

Salah satu aspek kunci dari program BPJS Kesehatan adalah kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan. Ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa semua orang memiliki akses ke layanan kesehatan yang diperlukan tanpa terkecuali.

Keanggotaan BPJS Kesehatan ini memberikan banyak manfaat, termasuk pembiayaan perawatan kesehatan yang terjangkau, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan biaya medis yang tinggi.

Namun, penting untuk dicatat bahwa keanggotaan BPJS Kesehatan tidak diberikan secara otomatis kepada setiap individu. Anda harus aktif mendaftarkan diri Anda untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan. Proses pendaftaran ini dapat bervariasi tergantung pada apakah Anda adalah peserta mandiri atau karyawan di sebuah perusahaan.

Langkah Cara Daftar BPJS Kesehatan Peserta Mandiri dan Karyawan Secara Online

Pendaftaran BPJS Kesehatan dibagi menjadi dua kategori utama: peserta mandiri dan peserta yang didaftarkan melalui perusahaan tempat mereka bekerja. Mari kita bahas kedua jenis pendaftaran ini secara lebih rinci.

1. Pendaftaran BPJS Kesehatan untuk Peserta Mandiri

Jika Anda adalah peserta mandiri, berarti Anda tidak tergabung dalam program BPJS Kesehatan melalui perusahaan tempat Anda bekerja. Proses pendaftaran untuk peserta mandiri melibatkan beberapa langkah penting:

BACA JUGA :  Cara Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan Yang Mudah

a. Verifikasi Data di Kantor BPJS Kesehatan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendatangi kantor BPJS Kesehatan yang berada sesuai dengan domisili yang tercantum pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda. Di sana, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi data diri Anda dan mendapatkan nomor kartu BPJS.

b. Persiapkan Dokumen Penting

Saat datang ke kantor BPJS Kesehatan, pastikan Anda membawa semua dokumen penting yang diperlukan untuk pendaftaran. Beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan termasuk:

  • Kartu identitas yang masih berlaku (KTP, SIM, atau paspor).
  • Kartu Keluarga (KK) terbaru.
  • Buku nikah jika Anda sudah menikah.
  • Fotokopi buku tabungan sebagai bukti kemampuan pembayaran iuran.
  • Pas foto berukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.

Dokumen-dokumen ini akan digunakan untuk verifikasi identitas Anda dan menyelesaikan proses pendaftaran.

c. Proses Pendaftaran BPJS Kesehatan

Setelah Anda berhasil mendapatkan nomor kartu BPJS, Anda dapat melanjutkan dengan proses pendaftaran BPJS Kesehatan secara online. Ini melibatkan mengunduh aplikasi “Mobile JKN” dari App Store atau Google Play Store. Setelah menginstal aplikasi, Anda dapat melakukan pendaftaran sebagai pengguna mobile.

Isilah semua informasi yang diperlukan, termasuk nomor kartu BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat email, nomor telepon, serta password untuk akun Anda. Pastikan informasi yang Anda masukkan akurat dan sesuai dengan dokumen yang Anda bawa.

Setelah mengisi formulir pendaftaran, Anda akan menerima tautan verifikasi melalui alamat email yang Anda daftarkan. Klik tautan tersebut untuk mengaktifkan akun Anda di aplikasi Mobile JKN.

2. Pendaftaran BPJS Kesehatan untuk Karyawan

Jika Anda adalah karyawan di sebuah perusahaan, proses pendaftaran BPJS Kesehatan akan lebih mudah karena biasanya perusahaan akan mengurusnya untuk Anda. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk pendaftaran BPJS Kesehatan bagi karyawan:

BACA JUGA :  Gaji Upah Pengawas Mesin Pengilangan Minyak Bumi dan Gas Alam

a. Pastikan Perusahaan Terdaftar dalam Program JKN-KIS

Perusahaan tempat Anda bekerja harus terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Jika perusahaan Anda belum terdaftar, Anda harus memastikan bahwa perusahaan tersebut memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku dan mendaftar secara resmi di situs web BPJS Kesehatan.

b. Akses Portal Pendaftaran BPJS Kesehatan Badan Usaha

Setelah perusahaan terdaftar dalam program JKN-KIS, Anda dapat mengakses portal pendaftaran BPJS Kesehatan Badan Usaha (Edabu) melalui https://new-edabu.bpjs-kesehatan.go.id/registrasibadanusaha/.

c. Isi Formulir Pendaftaran Badan Usaha

Pada awal pengisian portal pendaftaran, Anda akan diminta untuk memilih lokasi sesuai dengan izin usaha perusahaan Anda. Selain itu, Anda perlu mengisi seluruh formulir pendaftaran badan usaha atau badan hukum lainnya dan mencantumkan alamat email yang akan digunakan sebagai alamat pengiriman tautan aktivasi.

d. Aktivasi Akun

Sebagai pemohon, Anda akan menerima notifikasi aktivasi melalui email. Selanjutnya, Anda harus mengaktifkan akun Anda melalui tautan yang dikirimkan melalui email tersebut. Proses aktivasi ini akan memberikan Anda akses ke berbagai informasi yang relevan, seperti lampiran formulir registrasi badan usaha, kode badan usaha, nomor rekening virtual account untuk pembayaran iuran JKN-KIS, serta hak akses (username dan password) untuk aplikasi pendaftaran karyawan.

e. Pendaftaran Karyawan

Setelah perusahaan/badan usaha Anda terdaftar dan memiliki akun yang aktif di portal Edabu, Anda dapat memulai pendaftaran karyawan sebagai anggota BPJS Kesehatan Badan Usaha. Langkah-langkahnya meliputi:

  • Masuk ke portal Edabu menggunakan username dan password yang telah Anda terima.
  • Setelah masuk, pilih opsi “Data Peserta” dan kemudian “Tambah Peserta.”
  • Lengkapi data diri karyawan sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Pastikan nomor identitas karyawan benar dan sesuai dengan data yang tercantum dalam Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).
  • Isilah informasi mengenai fasilitas kesehatan yang akan digunakan oleh karyawan. Ini mencakup kota dan provinsi tempat karyawan tinggal, serta klinik peserta yang sesuai dengan domisili karyawan.
  • Pilih “Unit Kerja” dan lengkapi data-data yang diminta. Setelah selesai, simpan data.
  • Setelah data tersimpan, lanjutkan ke tahap persetujuan (“Approval”). Pada menu “Approval,” pilih “Approval Peserta Baru” dan pilih jenis mutasi yang sesuai (biasanya “entri baru”). Klik “Lihat Data” untuk memastikan bahwa data yang telah dimasukkan sesuai. Jika sudah, centang kotak kecil dan klik “Cek & Approval.”
BACA JUGA :  Gaji Upah Guru Kursus Musik

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan berhasil mendaftarkan karyawan sebagai anggota BPJS Kesehatan Badan Usaha. Pastikan untuk selalu membayar iuran BPJS Kesehatan dengan tepat waktu, karena ini akan memastikan bahwa hak-hak karyawan dalam program BPJS Kesehatan terpenuhi dengan baik.

Kesimpulan: Daftar BPJS Kesehatan Online Itu Mudah

Pendaftaran BPJS Kesehatan, baik sebagai peserta mandiri maupun melalui perusahaan tempat Anda bekerja, adalah langkah penting dalam memastikan bahwa Anda dan keluarga Anda memiliki akses ke perawatan kesehatan yang berkualitas.

Dengan mengikuti prosedur pendaftaran yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki keanggotaan BPJS Kesehatan yang sah dan dapat memanfaatkan berbagai manfaat kesehatan yang disediakan oleh program ini.

Penting untuk selalu mematuhi kewajiban membayar iuran BPJS Kesehatan agar Anda dan keluarga Anda tetap terlindungi secara finansial dalam hal perawatan medis yang diperlukan.

Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com