Call Center BPJS Kesehatan: Solusi Layanan BPJS 24 Jam!


Keberadaan call center BPJS Kesehatan, yang kini diwakili oleh nomor 165, merupakan solusi praktis bagi peserta yang membutuhkan informasi, bantuan, atau ingin menyampaikan pengaduan terkait jaminan kesehatan mereka. Dengan layanan ini, Anda tidak perlu lagi repot antre atau terjebak macet hanya untuk mendapatkan informasi terkait BPJS Kesehatan. Layanan pusat panggilan BPJS Kesehatan tersedia 24 jam sehari, memberikan kemudahan dan aksesibilitas yang lebih baik bagi peserta. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menjalani program jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan.

Call Center BPJS Kesehatan 165: Solusi Praktis untuk Berbagai Kendala

Dalam era teknologi yang semakin berkembang, memperoleh informasi atau menyelesaikan berbagai masalah administratif menjadi lebih mudah berkat adanya pusat panggilan atau yang lebih dikenal dengan istilah “call center.”

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sebagai salah satu lembaga penting yang menangani jaminan kesehatan di Indonesia, juga menyediakan fasilitas call center.

BPJS Kesehatan telah memahami bahwa kehadiran call center adalah salah satu solusi yang sangat efisien untuk memudahkan pesertanya dalam mendapatkan informasi dan menyelesaikan berbagai kendala tanpa harus datang secara langsung ke kantor atau instansi terkait.

Dalam artikel bloghrd.com ini, kita akan membahas lebih detail mengenai call center BPJS Kesehatan, yang sering disebut sebagai Care Center 165, beserta berbagai layanan yang dapat diakses melalui nomor tersebut.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kinerja Perusahaan Dengan Risk Management

Perubahan Nomor Care Center dan Tarif Telepon

Sebelumnya, layanan call center BPJS Kesehatan atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dapat diakses melalui nomor 1500 400. Nomor ini dapat dihubungi kapan saja dan terhubung dengan berbagai kantor cabang, sehingga memudahkan peserta yang memerlukan koordinasi atau memiliki keluhan terkait jaminan kesehatan mereka.

Namun, pada tanggal 13 September 2021, BPJS Kesehatan melakukan perubahan penting terkait nomor layanannya. Mereka meluncurkan nomor baru untuk layanan BPJS Kesehatan Care Center, yaitu nomor 165. Perubahan nomor ini bertujuan untuk menyederhanakan nomor telepon yang sebelumnya digunakan.

Saat ini, peserta BPJS Kesehatan yang ingin melakukan pengaduan, mencari informasi terkait kepesertaan, atau mendapatkan bantuan terkait jaminan kesehatan dapat menghubungi layanan Care Center di nomor 165. Layanan ini tetap dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu, memberikan kemudahan bagi peserta BPJS Kesehatan yang ingin mengakses layanan ini.

Terdapat dua opsi tarif yang dikenakan saat menghubungi Care Center BPJS Kesehatan: tarif lokal jika menghubungi melalui telepon rumah atau kantor, dan tarif sesuai dengan provider yang digunakan pada smartphone jika menghubungi melalui perangkat tersebut.

Layanan-layanan di Call Center BPJS Kesehatan

Melalui Care Center 165 BPJS Kesehatan, peserta dapat mengakses berbagai layanan yang dirancang untuk menjawab kebutuhan dan kendala mereka. Berikut adalah beberapa layanan utama yang tersedia:

Layanan VIKA (Voice Interactive JKN)

Layanan VIKA adalah sistem interaktif suara yang memungkinkan peserta BPJS Kesehatan berinteraksi dengan mesin penjawab suara. Dengan menggunakan layanan ini, peserta dapat memeriksa status kepesertaan mereka dan mengetahui informasi terkait tagihan iuran.

Perubahan Data Keanggotaan

Call center BPJS Kesehatan juga memfasilitasi peserta dalam melakukan perubahan data keanggotaan. Ini termasuk perubahan identitas, pemilihan faskes (fasilitas kesehatan), dan kelas rawat. Proses perubahan data dapat dilakukan dengan cepat dan mudah melalui layanan ini.

BACA JUGA :  Strategi Perusahaan Genjot Produktivitas Karyawan saat WFH

Namun, terdapat beberapa persyaratan yang harus diperhatikan. Misalnya, peserta harus telah terdaftar lebih dari 3 bulan di faskes 1 jika ingin pindah faskes. Selain itu, perubahan kelas rawat hanya berlaku untuk peserta mandiri atau PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) yang telah terdaftar sebagai anggota aktif BPJS Kesehatan selama lebih dari 1 tahun di kelas rawat sebelumnya.

Konsultasi Kesehatan

Selain masalah administratif, call center BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan konsultasi kesehatan. Peserta aktif dapat melakukan konsultasi dengan dokter umum terkait penyakit yang mereka alami. Layanan ini tersedia dari hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 7 pagi hingga 8 malam waktu Indonesia Barat.

Layanan Informasi dan Pengaduan Terpadu

Care Center 165 memberikan akses kepada pesertanya untuk mendapatkan informasi terkait BPJS Kesehatan, seperti status kepesertaan, tata cara pembayaran iuran, dan informasi seputar fasilitas kesehatan.

Selain itu, jika peserta ingin menyampaikan pengaduan terkait layanan BPJS Kesehatan, mereka juga dapat melakukannya melalui call center ini. Mereka akan dihubungkan dengan petugas yang berkompeten untuk menyelesaikan masalah atau kendala yang dihadapi.

Layanan untuk Badan Usaha

BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan khusus bagi badan usaha. Layanan ini mencakup panduan tentang cara mendaftarkan badan usaha dan penggunaan elektronik badan usaha (EDABU).

Nomor WhatsApp Resmi Call Center BPJS Kesehatan

Selain layanan Care Center 165, BPJS Kesehatan juga menyediakan nomor resmi yang dapat dihubungi melalui WhatsApp.

Layanan ini dikenal sebagai Layanan CHIKA (Chat Assistant JKN) dan dapat dihubungi di nomor WhatsApp 08118750400.

Melalui nomor WhatsApp resmi ini, peserta BPJS Kesehatan dapat menanyakan informasi terkait jaminan sosial, melaporkan pengaduan, dan meminta bantuan administrasi.

Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!

BACA JUGA :  Ketentuan Cuti Hamil dan Melahirkan Sesuai Undang-Undang


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com