Manfaat Cara Mendaftar SIPP Online BPJS - bloghrd.com

Begini cara mendaftar SIPP Online dan manfaatnya untuk perusahaan akan diulas oleh bloghrd.com.

SIPP Online merupakan kependekan dari Sistem Informasi Pelaporan Peserta Online adalah sebuah website yang digunakan untuk pelaporan peserta secara online.

SIPP Online, merupakan website pelaporan peserta online yang dikembangkan sebagai alat bantu perusahaan untuk melakukan pengelolan data kepesertaan berupa data Perusahaan, data Tenaga Kerja, data upah dan penghitungan iuran secara cepat dan akurat.

Aplikasi ini merupakan inovasi dari SIPP Desktop versi offline yang telah diperkenalkan sebelumnya.

SIPP Online, merupakan solusi bagi perusahaan peserta agar terhindar dari kesulitan pengelolaan administrasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dengan informasi yang terjaga kualitas, validitas dan integritasnya.

Untuk pengguna SIPP Desktop Anda disediakan fasilitas untuk melakukan Upload file output SIPP Desktop melalui fasilitas Upload yang tersedia.

Website ini berfungsi sebagai alat bantu perusahaan dalam melakukan pengelolaan data peserta yang terkait dengan BPJS Ketenagakerjaan.

SIPP online digunakan untuk pendaftaran peserta, mutasi pekerja, memasukkan daftar karyawan baru, laporan gaji atau biaya tenaga kerja bulanan dan pembayaran iuran premi BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Jika sebelumnya BPJS Ketenagakerjaan telah menyediakan platform pelaporan dan pendaftaran peserta secara offline bernama SIPP desktop.

Kali ini SIPP desktop tersebut dikembangkan menjadi SIPP online agar memudahkan pengguna yang hendak mendaftar.

Bahkan SIPP online juga bisa diunduh untuk para pengguna Android via Google Play Store sehingga bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Lalu bagaimana cara mendaftar SIPP Online dan apa saja manfaatnya untuk perusahaan?

BACA JUGA :  PPh Pasal 21 : Wajib Pajak PPh Pasal 21

Cara Mendaftar SIPP Online dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Cara Mendaftar SIPP Online dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Melakukan pendaftaran di SIPP online bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat.

Website tersebut sudah terintegrasi dan keamanannya pun juga terjamin sehingga sebagai pemilik usaha, Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan data perusahaan Anda.

Berikut adalah langkah pendaftarannya:

  1. Buka website SIPP online BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian klik daftar untuk mulai masuk ke halaman.
  2. Isi kolom yang tersedia dengan Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) dan divisi yang dipilih. Kemudian klik next untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  3. Selanjutnya isi kolom untuk data user login dan klik next.
  4. Isi kolom yang tersedia untuk data user KPJ, lalu selesaikan pendaftaran kemudian tunggu email konfirmasi untuk aktivasi akun.
  5. Buka email aktivasi tersebut dari email Anda. Kemudian Anda akan diteruskan ke halaman login SIPP online dan Anda bisa login dengan email yang Anda daftarkan. Jika login berhasil, maka Anda sudah resmi terdaftar dalam SIPP online.

Proses pendaftaran SIPP online cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan data yang diperlukan dan memasukkan setiap data dengan tepat agar proses aktivasi mudah dilakukan.

Baca Juga : Panduan Lengkap SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Manfaat Mendaftar SIPP Online Bagi Perusahaan

Sebagai pemilik usaha, mendaftarkan karyawan Anda pada SIPP online memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:

Memudahkan proses mutasi karyawan.

Pengelolaan karyawan yang berhubungan dengan BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Misalkan saja perpindahan karyawan atau proses mutasi.

Bagian HR tidak perlu lagi untuk pergi ke kantor BPJS dan mengurus secara manual.

Cukup menggunakan SIPP online maka semua proses perpindahan akan segera beres.

Laporan Upah Karyawan yang up to date.

SIPP online akan memberikan data laporan upah karyawan. Laporan tersebut bisa digunakan oleh perusahaan untuk mengisi payroll atau slip gaji karyawan.

BACA JUGA :  UMP Sulawesi Barat

Jika perusahaan memiliki sistem payroll sendiri, maka data yang diberikan oleh SIPP online bisa digunakan sebagai acuan atau pencocokan agar tidak terjadi kekeliruan.

Laporan juga memuat potongan dana iuran untuk BPJS kesehatan sehingga perusahaan tidak perlu melakukan lagi secara manual.

Baca Juga : Prosedur Pengajuan Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Data yang telah terintegrasi.

Data-data perusahaan yang telah dimasukkan ke dalam SIPP online sudah terintegrasi dengan baik oleh sistem BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi Anda tidak perlu melakukan pengisian data untuk sistem payroll Anda secara manual.

Hal ini akan mengurangi kekeliruan penulisan data secara manual.

Menghemat waktu.

Dengan mudahnya melakukan pendataan dan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan secara online, maka akan lebih menghemat waktu untuk Anda.

Ini juga bermanfaat untuk Anda yang memiliki usaha kecil menengah dan disibukkan oleh proses pengembangan bisnis.

Tidak perlu repot-repot lagi mengantri karena SIPP online sudah membantu sebagian besar proses kerja.

Kemudahan SIPP online juga sangat bermanfaat untuk Anda yang menggunakan sistem aplikasi payroll.

Sistem ini akan terintegrasi dengan BPJS Ketenagakerjaan dan akan secara otomatis menghitung biaya potongan BPJS setiap karyawan.

Baca Juga : Cara Mudah Mendaftar BPJS Secara Online

Sudah Tahu Cara Mendaftar SIPP Online, Tapi Masih Ragu Dengan Keamanan Informasinya?

Keamanan Informasi

One Time PIN

PIN (Personal Identification Number) dikirimkan via SMS ke HP dan Email pengguna adalah kode rahasia aktivasi akun SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan sebagai metode challenge-response test untuk memastikan bahwa pengguna yang melakukan registrasi bukan virtual agent

Automatic log out

Jika tidak ada tindakan yang dilakukan lebih dari 5 menit, secara otomatis koneksi akan diputus dari aplikasi SIPP

User ID dan Password

Merupakan kode rahasia dan kewenangan penggunaan yang diberikan kepada Pengguna, yaitu setiap kali login ke SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan harus memasukkan User ID dan Password, dan untuk menghindari penyalahgunaan oleh orang lain saat komputer ditinggalkan dalam keadaan terhubung dengan aplikasi SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan.

BACA JUGA :  Pajak Pensiun: Ketahui Ketentuan & Cara Praktis Menghitungnya

Baca Juga : 5 Aplikasi Slip Gaji Online dengan Fitur Lengkap untuk UKM

Email Konfirmasi

Merupakan email yang dikirimkan ketika registrasi dilakukan yang berisi link aktivasi yang diaktifkan menggunakan One Time PIN saat aktivasi

Firewall

Untuk membatasi dan menjamin hanya Pengguna yang mempunyai hak akses yang dapat masuk ke SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

SSL 128-bit encryption

Seluruh data di SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan dikirimkan melalui protocol Secure Socket Layer (SSL), yaitu suatu standar pengiriman data yang dienkripsi.

Protocol SSL ini akan mengacak data yang dikirimkan menjadi kode-kode rahasia dengan menggunakan 128-bit encryption, yang artinya terdapat 2 pangkat 128 kombinasi angka kunci, tetapi hanya satu kombinasi yang dapat membuka kode-kode tersebut.

Baca Juga : Cara Optimalkan Sistem Absensi Online Di Perusahaan

Nah, diatass adalah cara mendaftar SIPP Online dan manfaatnya untuk perusahaan akan diulas oleh bloghrd.com. Semoga bermanfaat!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com