Muncul Kode Error ETAX-10001 e-Faktur: Penyebab, Solusi

Muncul Kode Error ETAX-10001 pada Aplikasi e-Faktur: Penyebab dan Solusi.

Aplikasi e-Faktur adalah salah satu alat yang penting dalam dunia perpajakan di Indonesia yang disediakan DJP. Namun, seperti halnya dengan perangkat lunak lainnya, e-Faktur juga bisa mengalami kendala teknis. Salah satu kendala yang cukup umum ditemui oleh pengguna adalah Error ETAX-10001.

Dalam artikel bloghrd.com ini, kita akan mengulas lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan Error ETAX-10001 pada e-Faktur, penyebabnya, dan solusi yang dapat diambil untuk mengatasinya.

Apa Itu Error ETAX-10001 pada e-Faktur?

Error ETAX-10001, yang juga dikenal dengan sebutan Error 10001 e-Faktur, adalah jenis kesalahan yang terjadi ketika Anda mencoba untuk login ke aplikasi e-Faktur. Dampak dari error ini adalah Anda tidak dapat mengakses basis data e-Faktur Anda dengan normal. Dalam dunia teknologi, error ini juga sering disebut sebagai “error database.”

Apa Saja Penyebab Error ETAX-10001 pada e-Faktur?

Penyebab munculnya Error ETAX-10001 pada e-Faktur bisa beragam, dan pemahaman yang baik tentang penyebabnya akan membantu dalam menentukan solusi yang tepat. Beberapa penyebab umumnya antara lain:

  1. Korupsi atau Hilangnya File Database: Terkadang, file database yang menyimpan semua data terkait faktur pajak, baik keluaran maupun masukan, bisa mengalami korupsi atau hilang. Hal ini bisa terjadi jika Anda mencoba menyalin (copy) file database saat aplikasi e-Faktur masih berjalan.
  2. Perbedaan Versi Aplikasi e-Faktur dan Database: Kesalahan ini dapat terjadi jika versi aplikasi e-Faktur yang Anda gunakan tidak sesuai dengan versi database yang ada.
  3. Aplikasi Belum Diperbarui: Jika Anda belum memperbarui atau mengupdate aplikasi e-Faktur ke versi terbaru, ini bisa menjadi penyebab Error ETAX-10001.
  4. Folder Database Tidak Sesuai: Dalam beberapa kasus, kesalahan ini disebabkan oleh adanya folder yang tidak sesuai dalam struktur database. Misalnya, terdapat folder selain “ETaxInvoice” yang bukan merupakan bagian dari proses penambahan database.
  5. Masalah pada Server PKP: Jika Anda menggunakan konfigurasi jaringan database, masalah dapat timbul jika server PKP mati atau database belum diatur untuk berfungsi sebagai server.
BACA JUGA :  KSWP: Memahami Pentingnya Konfirmasi Status Wajib Pajak

Apa Solusi untuk Masalah Kode Error ETAX-10001 e-Faktur?

Menghadapi Error 10001 e-Faktur tidak perlu memicu kepanikan. Yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi penyebabnya dan mengambil langkah-langkah yang sesuai untuk mengatasi masalah. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba terapkan:

Periksa Kondisi File Database

Jika file database mengalami masalah, pastikan bahwa dalam aplikasi e-Faktur hanya ada satu folder database yang bernama “ETaxInvoice.” Jika terdapat lebih dari satu folder, coba hapus salah satunya dengan merujuk pada data “modified” di folder tersebut. Folder database yang benar akan berisi file-file seperti log, seg0, tmp, db.lck, README_DO_NOT_TOUCH_FILES, dan service.properties.

Update Aplikasi e-Faktur

Jika masalah munculnya Error ETAX-10001 terkait dengan perbedaan versi antara aplikasi e-Faktur dan database, pastikan Anda menjalankan aplikasi ketika terhubung dengan internet dan melakukan pembaruan database aplikasi.

Periksa Server PKP

Jika kesalahan terkait dengan server PKP yang mati atau masalah dalam konfigurasi jaringan database, pastikan bahwa server PKP berjalan dan aplikasi e-Faktur telah diatur untuk memulai database sebagai server. Anda dapat melakukan ini melalui menu “File” > “Administrasi db (database)” dan menekan tombol “start db sebagai server.”

Dengan memahami penyebab dan solusi untuk Error ETAX-10001 pada e-Faktur, Anda dapat mengatasi kendala ini dengan lebih percaya diri dan menjaga kelancaran proses perpajakan Anda. Selalu ingat untuk memastikan aplikasi e-Faktur Anda dalam kondisi terbaru dan menjaga file database dengan baik agar terhindar dari masalah ini.

Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com