Efektifkah Penerapan Absensi Online Karyawan Pada Perusahaan?

Efektifkah penerapan absensi online karyawan pada perusahaan? Temukan jawabannya di bloghrd.com disini.

Pesatnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi saat ini memberikan dampak yang signifikan terhadap berbaik bidang kehidupan masyarakat.

Laudon berpendapat bahwa perkembangan dari teknologi informasi itu sendiri meliputi perkembangan infrastruktur TI.

Contohnya adalah software seperti software akuntansi dan software hris, hardware, teknologi penyimpanan data dan juga teknologi komunikasi.

Salah satu jenis teknologi penyimpanan data yang diadaptasi oleh banyak perusahaan adalah pengelolaan absensi online.

Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) di berbagai perusahaan telah menerapkan sistem absensi online dengan tujuan memudahkan pekerjaan administrasi dan juga meminimalisir adanya human error pada pengelolaan data kehadiran karyawan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Data Kehadiran Karyawan Pada Absensi Online Karyawan?

Apa Yang Dimaksud Dengan Data Kehadiran Karyawan Pada Absensi Online Karyawan?

Simmona mengartikan absen sebagai suatu pendataan atau pencatatan dari kehadiran karyawan ditempat kerja.

Bagian dari pelaporan aktivitas suatu perusahaan yang berisi sebuah data-data kehadiran karyawan yang disusun dan diatur sedemikian rupa, sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan.

Namun jika diartikan secara umum, data kehadiran karyawan adalah sebuah data yang menunjukkan kehadiran karyawan pada kurun waktu tertentu.

Data kehadiran karyawan ini biasanya menyimpan data waktu masuk dan pulang karyawan.

Data ini kemudian digunakan sebagai salah satu acuan daripada proses payroll karyawan pada perusahaan.

Baca Juga : Pentingnya Aplikasi Absensi Terintegrasi Absen Fingerprint

BACA JUGA :  Tapera: Definisi, Syarat dan Pajak yang Dikenakan

Apa Manfaat dari Data Kehadiran Karyawan Pada Absensi Online Karyawan?

Data kehadiran karyawan bukan hanya menyajikan data waktu masuk dan pulang karyawan, namun juga dapat menunjukkan frekuensi ketidakhadiran karyawan, tingkat disiplin dan juga sistem waktu kerja yang harus diterapkan oleh perusahaan.

Karena pada dasarnya, data kehadiran karyawan memiliki berbagai manfaat yaitu:

  • Bahan pertimbangan dalam melakukan promosi pada karyawan, manfaat ini berkaitan dengan melakukan penilaian terhadap tingkat kedisiplinan karyawan yang sedang dipertimbangankan untuk mendapatkan promosi pekerjaan.
  • Memperjelas hak dan kewajiban bagi kedua bela pihak, baik perusahaan maupun karyawan. Hal ini berkaitan dengan waktu kerja karyawan, karena pada dasarnya penghitungan gaji juga berkaitan dengan jumlah waktu kerja karyawan. Begitupun dengan hal yang diterima perusahaan, karena dengan melihat data kehadiran karyawan perusahaan dapat menilai produktivitas karyawan dalam bekerja.
  • Acuan untuk menerapkan sistem jam kerja yang sesuai dengan ritme kerja karyawan, hal ini berkaitan dengan data kehadiran karyawan yang dapat menunjukkan waktu kerja yang paling efektif bagi setiap karyawan.

Baca Juga : Apa Keuntungan Menggunakan Software Absensi Online Bagi Perusahaan?

Bagaimana Menilai Keefektifan Absensi Online Karyawan pada Perusahaan?

Berdasarkan manfaat yang dapat diberikan data kehadiran karyawan bagi manajemen sumber daya manusia di perusahaan, beberapa perusahaan melihat pentingnya penerapan sistem online pada absensi karyawan.

Tentu saja penerapan sistem absensi online pada perusahaan harus dibarengi dengan keefektifan yang bisa diberikan sistem ini.

Beberapa cara yang dapat menilai keefektifan absensi online karyawan adalah dengan beberapa cara berikut:

  • Fleksibilitas

Salah satu nilai yang menjadi tolak ukur keefektifan dari penerapan sistem absensi online adalah fleksibilitas, pertanyaan apakah sistem tersebut dapat diterapkan pada berbagai situasi dan sistem kerja karyawan.

BACA JUGA :  Cara Praktis Lakukan Penyesuaian Perhitungan PPh 21 Karyawan Resign

Misalnya seperti apakah sistem absensi ini bisa digunakan pada sistem kerja work from home selain daripada sistem kerja konvensional di kantor.

Baca Juga : Contoh Rumus Excel If untuk Absensi Karyawan

  • Praktis

Ketidakefektifan pengelolaan data karyawan biasanya terlihat dari proses yang panjang pada penerapan aturan jadwal kerja dan shift karyawan.

Oleh karena itu, sistem absensi online harus dapat menjadi solusi dari permasalahan ini.

Baca Juga : 5 Aplikasi Slip Gaji Online dengan Fitur Lengkap untuk UKM

  • All-in-one

Selain pada keefektifan pengelolaan data karyawan, sistem absensi online dapat dikatakan efektif bila sistem tersebut terintegrasi dengan berbagai fitur lain seperti proses payroll dan memberikan kemudahan dalam proses pengajuan cuti karyawan.

Dimana semua fitur tersebut telah terintegrasi secara otomatis pada satu sistem yang sama dengan absensi online.

Baca Juga : Panduan Lengkap SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com