Kenapa Perusahaan Sebaiknya Menggunakan Software Payroll, Kelebihan Juga Kekurangannya

Kenapa perusahaan sebaiknya menggunakan software program payroll? Apa kelebihan juga kekurangan jika menggunakan aplikasi software payroll? Blog HRD akan mengulasnya dengan lengkap ya.

Teknologi berkembang seiring dengan berkembangnya kebutuhan-kebutuhan inti berbagai pihak, baik untuk pemenuhan kebutuhan personal maupun kebutuhan perusahaan.

Pada bidang Human Resource, teknologi bukan lagi hal baru dalam membantu mengembangkan sebuah tools yang bertujuan untuk kemudahaan atau mengefektifkan waktu kerja.

Seperti software HR yang sengaja di kembangkan untuk membantu tim SDM dalam mengelola data karyawan dari sebuah perusahaan.

Khususnya pada perusahaan-perusahaan menengah ke atas yang biasanya memiliki karyawan lebih dari 1000 orang. Tentu ini tidak bisa dikerjakan hanya dengan rumus microsoft excel saja.

Karena terdiri dari berbagai divisi atau unit yang ke semuanya harus dapat di manajemen dengan baik untuk dapat menghasilkan performa yang baik pula.

Mulai dari data karyawan sampai proses pembayaran gaji dengan sistem payroll yang sudah disesuaikan dengan peraturan perusahaan dapat diintegrasikan dan dikerjakan secara otomatis oleh software HR.

Kenapa Perusahaan Sebaiknya Menggunakan Software Payroll, Apa Kelebihan Juga Kekurangannya?

Kenapa Perusahaan Sebaiknya Menggunakan Software Payroll, Apa Kelebihan Juga Kekurangannya?

Salah satu software yang cukup berguna dan patut Anda pertimbangkan untuk bisa digunakan dan diimplementasikan pada perusahaan Anda adalah aplikasi payroll.

Karena seperti yang diketahui bahwa proses payroll melibatkan banyak unsur.

Misalnya seperti gaji pokok, perhitungan kehadiran, denda karyawan, maupun benefit lainnya.

Benefit karyawan seperti uang lembur yang harus diterima karyawan merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan karena berkaitan dengan kesejahteraan dan hak yang harus didapatkan karyawan dari perusahaan.

Dapat dibayangkan proses payroll yang dilakukan secara manual akan memakan banyak waktu dan menjadikan pekerjaan tim SDM Anda menjadi tidak efektif.

Apalagi proses payroll merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap bulannya dan setiap karyawan memiliki jumlah Take Home Pay yang berbeda-beda.

Dengan fitur-fitur yang dimiliki software payroll, tim SDM pada perusahaan Anda akan lebih mudah mengerjakan proses payroll itu sendiri dan dapat mengefisienkan waktu dengan lebih baik.

Namun seperti hal lainnya, aplikasi payroll yang akan digunakan di perusahaan Anda juga memiliki kelebihan dan kelemahan yang menyertainya.

Agar lebih memudahkan Anda menentukan apakah akan menggunakan software payroll atau tidak pada perusahaan Anda, pada artikel kali ini akan dijabarkan kelebihan dan kekurangan dari penggunaan aplikasi payroll pada bisnis atau perusahaan Anda.

BACA JUGA :  Besaran Tunjangan Hari Raya dan Pajak Penghasilannya

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Payroll

Pertama-tama yang akan dibahas adalah nilai-nilai ‘Plus’ atau kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi payroll.

Misalnya seperti efisiensi tenaga kerja, efisiensi waktu dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang dapat Anda rasakan langsung keuntungannya jika menggunakan software payroll.

Kelebihan Menggunakan Software Payroll

a. Efisiensi Tenaga Kerja

Jika biasanya pada tim SDM sebuah perusahaan diperlukan setidaknya 4 sampai 5 orang di dalam tim payroll untuk dapat mengelola maupun menangani proses payroll, dengan program payroll Anda dapat mengefisiensikan tenaga kerja pada perusahan Anda.

Dengan menggunakan software payroll, perhitungan yang sudah terstandarisasi dengan sistem akan dilakukan secara otomatis.

Hal ini juga dapat meminimalisir kemungkinan kesalahan yang mungkin terjadi karena human error jika perhitungannya dilakukan secara manual.

Jadi selagi program payroll melakukan perhitungan secara otomatis untuk mendapatkan data yang akurat dan lengkap, tim SDM Anda dapat menangani hal lainnya seperti menganalisis kebutuhan-kebutuhan lain yang mungkin dibutuhkan oleh karyawan pada perusahaan Anda.

b. Efisiensi Waktu

Selain dapat melakukan efisiensi pada jumlah tenaga kerja dan meminimalisir kemungkinan kesalahan yang terjadi jika proses payroll dilakukan secara manual, penggunaan software payroll pada tim SDM perusahaan Anda dapat juga memberikan manfaat berupa efisiensi waktu kerja.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa proses payroll sendiri terkait dengan berbagai unsur penting lainnya seperti data absensi karyawan, jumlah lembur karyawan dan belum lagi payslip yang harus dikeluarkan untuk setiap karyawan.

Salah satu fitur penting aplikasi payroll yang dapat membantu Anda dalam hal ini adalah kemampuan untuk mengintegrasikan semua data-data penting tersebut untuk kemudian digunakan sebagai perhitungan pada proses payroll setiap karyawan.

c. Dapat Disesuaikan Dengan Kebutuhan Perusahaan

Mungkin salah satu kekhawatiran Anda bila menggunakan aplikasi payroll untuk perusahaan Anda adalah bahwa sistem yang sudah ada di software payroll tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Namun nyatanya hal ini tidak harus menjadi kekhawatiran Anda, karena beberapa program payroll memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Kekurangan Menggunakan Program Payroll

Seperti juga hal lainnya, aplikasi payroll juga memiliki hal yang mungkin bisa dikatakan nilai ‘minus’ jika menggunakan program payroll tersebut.

Seperti kebanyakan program payroll yang tersedia merupakan software berbayar yang harga software payroll tersebut tidak bisa dibilang murah.

BACA JUGA :  Format Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Dan Alternatif Sistem Online Untuk Izin Karyawan

Sehingga Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk bisa menggunakannya, sedangkan mungkin Anda baru hanya ingin mencoba untuk bisa memahami proses kerja dari aplikasi payroll tersebut.

a. Software Payroll Berbayar

Beberapa harga software payroll Indonesia yang tersedia saat ini merupakan software berbayar.

Ini artinya Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk bisa menggunakan program payroll tersebut.

Hal ini mungkin menjadi masalah khususnya bagi Anda yang baru mau mencoba software payroll tersebut.

Namun, hal ini dapat diatasi dengan kesempatan untuk dapat mencoba gratis program payroll yang Anda inginkan.

3 Software Payroll Berbayar yang Bisa Anda Coba Gratis!

Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan program aplikasi payroll, sebuah tools atau alat berbasis digital yang diciptakan untuk bisa membantu tim SDM dalam melakukan proses pembayaran karyawan pada sebuah perusahaan atau bisnis berdasarkan pada sistem payroll yang berlaku di Indonesia maupun di perusahaan atau bisnis Anda.

Khususnya perusahaan-perusahaan atau bisnis yang memiliki karyawan mencapai 500 orang atau lebih, proses payroll yang dilakukan rutin setiap bulannya pasti akan banyak menyita waktu tim SDM di perusahaan atau bisnis Anda.

Belum lagi perhitungan pada proses payroll melibatkan banyak aspek, seperti kebijakan pemerintah dan perusahaan.

Salah satu aspek penting lainnya dalam proses payroll adalah perhitungan absensi karyawan, dalam menentukan jumlah yang harus diterima karyawan setiap bulannya tim SDM harus menghitung jumlah jam kerja karyawan yang dapat didapatkan dari data absensi atau kehadiran karyawan.

Data absen juga dapat membantu menghitung jumlah denda atau potongan yang harus dibayarkan karyawan kepada perusahaan.

3 Software Payroll Berbayar yang Bisa Anda Coba Gratis!

Karena itu, banyak software payroll yang juga dapat mengelola data absen karyawan yang dapat langsung diintegrasikan ke dalam perhitungan sehingga memudahkan tim SDM untuk melakukan proses payroll setiap bulannya.

Hal ini tentu juga dapat meminimalisir tingkat kesalahan yang mungkin terjadi karena human error yang mungkin saja terjadi jika menggunakan proses manual.

Meskipun banyak kemudahan yang dapat diberikan oleh program payroll, mungkin masih banyak dari Anda yang ragu untuk beralih dari proses yang manual ke proses digital dengan aplikasi payroll.

Salah satunya bisa jadi karena harga software payroll di Indonesia tidak bisa juga dikatakan murah, apalagi juga jika Anda belum benar-benar mencobanya.

Karena itu, beberapa aplikasi payroll memberikan masa trial gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk memahami proses dan penggunaan dari software payroll itu sendiri.

BACA JUGA :  Ketahui Tentang Peraturan Ketenagakerjaan Di Indonesia

Berikut beberapa software payroll berbayar yang bisa Anda coba gratis.

  • Talenta

Dimulai dari kesadaran akan kebutuhan bisnis yang beragam, Talenta dibuat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut dan membantu tim SDM dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia dengan menggunakan berbagai fitur yang disediakan Talenta.

Mulai dari administrasi hingga penggajian karyawan bisa dilakukan secara otomatis dan sudah terintegrasi di dalam software Talenta.

Karena fitur-fitur seperti sistem payroll yang terintegrasi, pembayaran payroll otomatis, perhitungan pajak dan gaji, perhitungan absensi dan lembur karyawan, dan proses permintaan cuti karyawan yang bisa diproses secara digital dan lebih simpel.

Talenta memberikan kesempatan untuk Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang software ini dan memahami proses bagaimana cara menggunakannya, hanya dengan membuat akun untuk dapat mencoba software ini secara gratis.

  • KaryaOne

Sebagai kesadaran bahwa Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi kemajuan perusahaan, software KaryaOne dibuat untuk membantu proses pengelolaan SDM secara lebih simple.

KaryaOne adalah aplikasi atau software yang berbasis cloud sehingga memungkinkan Anda atau tim SDM di perusahaan atau bisnis Anda mengelola data secara lebih cepat, mudah dan akurat dengan fitur-fitur yang dimilikinya.

Untuk memudahkan Anda dalam memahami dan mencoba software yang satu ini, KaryaOne memberikan kesempatan mencoba software ini secara gratis selama 30 hari hanya dengan membuat akun pada software ini.

  • Gadjian

Dengan kemudahan yang ditawarkan berupa mengelola data karyawan, mencatat data karyawan, memantau dan mengelola pola kerja, menghitung penggajian dan THR karyawan.

Memudahkan pengajuan sakit dan izin karyawan, pengolahan data cuti karyawan, mencatat pinjaman karyawan, penghitungan PPh 21 dan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan karyawan secara otomatis, serta menyediakan portal karyawan software ini dapat membantu kegiatan administrasi pada perusahaan Anda secara otomatis dan akurat.

Beberapa aplikasi payroll ini memberikan kesempatan bagi Anda yang tertarik untuk mencoba tetapi masih ragu karena software ini merupakan salah satu software payroll berbayar, Gadjian dapat Anda gunakan secara gratis selama 14 hari dalam versi demo.

Beberapa software payroll di atas bisa Anda coba secara gratis, hal ini akan membantu Anda dalam menentukan software payroll yang seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan.

Nah, beberapa hal diatas merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan software payroll, dan beberapa yang bisa anda coba gratis sebelum mulai menggunakannya.

Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam menentukan apakah perusahaan Anda akan mulai menggunakan software payroll pada perusahaan Anda.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.