Apa itu e-Nofa? Bagaimana Cara Mendapatkannya? Cek Disini! - bloghrd.com



Apa itu e-Nofa? Fungsinya buat apa? Daripada bingung, simak penjelasan dari artikel tentang Nomor Seri Faktur Pajak Elektronik berikut ini yuk!

Untuk mendapatkan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP), Pengusaha Kena Pajak (PKP) harus mengakses kanal online resmi Direktorat Jenderal Pajak yang bernama e-Nofa. Namun sebelum melakukan pengajuan permintaan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh PKP. Di sini, akan membahas mengenai syarat serta cara melakukan permintaan NSFP melalui e-Nofa online.

Apa Itu e-Nofa?

e-Nofa adalah website untuk mengajukan permohonan Nomor Seri Faktur Pajak online yang dibuat DJP untuk mempermudah PKP meminta NSFP yang sebelumnya dilakukan secara manual.
Sedangkan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) adalah salah satu syarat pembuatan faktur pajak. Seperti disebut di atas, nomor seri ini dapat diminta secara online melalui e-Nofa.

Dasar Hukum Nomor Seri Faktur Pajak

NSFP merupakan nomor seri yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk Pengusaha Kena Pajak (PKP). Nomor tersebut diterbitkan melalui mekanisme khusus penomoran faktur pajak.
Kode dan nomor seri faktur berjumlah 16 digit yang berupa angka, huruf, atau kombinasi keduanya. Sesuai ketentuan DJP, 16 digit ini terdiri dari:

  • Kode transaksi pada 2 digit pertama.
  • Kode status 1 digit.
  • Nomor seri faktur 13 digit.

Sebagai dasar hukum penerbitan NSFP, DJP menerbitkan Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER-04/PJ/2020. Peraturan tersebut memuat berbagai hal tentang penomoran faktur mulai dari bentuk dan ukuran, cara pengisian, prosedur pemberitahuan, cara pembetulan hingga pembatalan.
Sementara Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-08/PJ/2020 tentang Tata Cara Penyelesaian Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak, dijadikan acuan untuk permohonan kode aktivasi dan password. Selain itu, surat edaran ini juga memuat tata cara permintaan, pengembalian, dan pengawasan NSFP.
Baca Juga: Kenali Arti di Balik 13 Digit Nomor Seri Faktur Pajak di Sini! 

BACA JUGA :  KPP Pratama Jakarta Pasar Minggu

Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Menurut PENG-4/PJ.02/2014

Pengumuman ini dikeluarkan Ditjen Pajak untuk menjawab pertanyaan seputar tata cara permintaan Nomor Seri Faktur Pajak.
Berdasarkan pengumuman tersebut, berikut ini tata cara pembetulan dan penggantian, dan tata cara pembatalan faktur pajak dan perubahannya:

  • PKP harus membuat faktur pajak dengan Kode dan NSFP, yaitu terdiri dari 16 digit yang terdiri dari dua digit Kode Transaksi, satu digit kode status, dan 13 digit nomor faktur pajak yang ditentukan DJP.
  • NSFP dapat diperoleh PKP sesuai tata cara yang telah ditentukan. Contoh: untuk tahun 2016, nomor faktur pajak akan dimulai dari 000.16.00000001 dan seterusnya.
  • Nomor faktur pajak yang digunakan untuk penerbitan faktur pajak dalam tahun yang sama dengan dua digit tahun penerbitan yang tertera dalam NSFP.

Jumlah Nomor Seri Faktur Pajak yang Bisa Diminta Wajib Pajak

Jumlah nomor faktur pajak yang bisa diminta wajib pajak tergantung dari jumlah invoice atau faktur komersial yang diterbitkan dalam 3 bulan terakhir.

Persyaratan Penggunaan Aplikasi Nomor Seri Faktur Pajak Online

Persyaratan menggunakan aplikasi permintaan nomor seri faktur pajak online adalah sebagai berikut:

  1. Pengguna adalah wajib pajak yang telah dikukuhkan sebagai PKP dan memiliki akun PKP. PKP adalah pengusaha yang memiliki perusahaan dengan omzet di atas Rp 4,8 miliar per tahun. Pengusaha yang memiliki perusahaan di bawah omzet tersebut dapat memilih menjadi PKP atau non-PKP.
  2. Memiliki kode aktivasi dan password yang diberikan DJP.
  3. Memiliki sertifikat elektronik/digital yang sebelumnya telah diajukan ke KPP tempat wajib pajak terdaftar dan disetujui oleh DJP. Masa berlaku sertifikat elektronik adalah 2 tahun sejak diberikan. PKP boleh meminta sertifikat elektronik baru sebelum kedaluwarsa.
BACA JUGA :  KBLI: Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menentukan Klasifikasinya

Cara Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Online pada e-Nofa Online

Kini untuk semakin memudahkan wajib pajak, selain di KPP tempat PKP dikukuhkan juga dapat dilakukan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak online melalui e-Nofa Online.
e-Nofa pajak adalah aplikasi yang disediakan DJP untuk melakukan permintaan nomor faktur pajak secara online. Caranya adalah dengan mengakses situs e-Nofa pajak dari DJP di Anda juga wajib memiliki sertifikat elektronik.
Berikut ini langkah-langkah melakukan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak online, yang dimulai dari mengimpor/download sertifikat elektronik e-Faktur, kemudian mengakses situs e-Nofa Online.
Baca Juga: e-Nofa Online: Permohonan Nomor Seri Faktur Pajak Online 

I. Cara Download Sertifikat Elektronik e-Faktur

Untuk dapat melakukan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Online di situs e-Nofa, wajib pajak harus mengunduh sertifikat elektronik terlebih dahulu melalui browser (perambah internet) masing-masing. Berikut ini langkah-langkah untuk unduh sertifikat elektronik e-faktur.
I.A. Browser Chrome
Berikut ini, langkah-langkah download sertifikat elektronik pada browser Chrome.

  1. Masuk ke menu “Pengaturan/Settings“, pada kanan atas layar.
  2. Pada daftar “Pengaturan”, klik “Pengaturan Lanjutan/Advanced Settings“ di bawah
  3. Lalu, klik “Kelola Sertifikat/Manage Certificates“
  4. Selanjutnya, klik “Impor” dan ikuti langkah-langkahnya.

I.B. Browser Firefox
Berikut ini, langkah-langkah download sertifikat elektronik pada browser Firefox.

  1. Klik tombol “Pilihan/Options“, pada menu kanan atas layar.
  2. Pilih menu “Lanjutan/Advanced” dan klik tab “Sertifikat/Certificates“.
  3. Selanjutnya, pada tab “Sertifikat Anda/Your Certificates“, klik “Import“.

II. Meminta Nomor Seri Faktur Pajak pada e-Nofa Online

Setelah selesai mengimpor sertifikat elektronik Anda, masuk situs e-Nofa pajak untuk meminta Nomor Seri Faktur Pajak online.

  1. Masuk situs e-NOFA pajak : https://efaktur.pajak.go.id/pkp/home
  2. Klik “Permintaan NSFP”
  3. Pilih sertifikat elektronik Anda yang baru saja Anda impor dari browser Internet Anda
    Pilih sertifikat elektronik yang baru saja Anda unduh/impor
  4. Lakukan permintaan rentang Nomor Seri Faktur Pajak Anda
BACA JUGA :  KPP Pratama Jakarta Duren Sawit

Kesimpulan

Ini hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan permintaan nomor seri faktur pajak online :

  • Persyaratan penggunaan aplikasi NSFP online :
    • Pengguna sudah dikukuhkan sebagai PKP dan memiliki akun PKP.
    • Memiliki kode aktivasi dan password.
    • Memiliki sertifikat elektronik dari KPP.
  • Cara Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Online pada e-NOFA Pajak adalah :
    • Download sertifikat elektronik pada browser Anda.
    • Akses situs e-NOFA online :
    • Klik tombol “Permintaan NSFP” untuk meminta rentang Nomor Seri Faktur Pajak Anda.

Referensi:
Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER-04/PJ/2020
PENG-4/PJ.02/2014



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com