Personalia/Sumber Daya Manusia (SDM) - Gaji, Pendapatan, dan Tanggung Jawab - bloghrd.com



Untuk menunjang segala aktifitas organisasi atau perusahaan agar dapat berjalan secara efisien diperlukan adanya unit/departemen yang mengurus berbagai masalah yang terjadi di ruang lingkup perusahaan dan karyawannya. Departemen yang biasa mengurus sumber daya manusia (SDM) adalah departemen SDM/personalia atau dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan istilah Human Resources Department (HRD). Jadi dapat dipastikan bahwa setiap perusahaan, khususnya perusahaan berskala besar sangat membutuhkan keberadaan departemen SDM/personalia.
Berikut adalah posisi pekerjaan yang ditawarkan oleh departemen SDM/personalia :
Dalam departemen SDM biasanya terdapat 3 (tiga) bagian. Setiap bagian mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda pula.
1. Rekrutmen dan Seleksi
Bagian ini mengurus proses persiapan, perekrutan dan seleksi karyawan baru.
2. Pengembangan dan Pelatihan
Bagian ini bertanggung jawab melakukan pelatihan bagi karyawan baru agar tenaga kerja yang ada dapat lebih menguasai dan menjadi ahli di bidangnya masing-masing.
3. Kompensasi dan Tunjangan
Bagian ini berperan dalam memberikan kompensasi dan tunjangan yang sesuai bagi karyawan. Pemberian kompensasi dan tunjangan yang sesuai akan memikat dan memotivasi karyawan untuk bekerja lebih baik.
Anda mulai tertarik bekerja di bidang manajemen sumber daya manusia? Jangan lupa mengetahui gaji/pendapatan yang bisa Anda peroleh jika anda menggeluti profesi ini. Berikut adalah perkiraan gaji rata-rata pegawai dan manajer SDM menurut survey : Gaji profesi pegawai dan manajer SDM rata-rata per bulan berdasarkan tahun pengalaman kerja
 

Jenis Pekerjaan                                    Tahun Pengalaman Kerja
Tidak ada pengalaman (dalam Rupiah) Kurang dari 5 tahun (dalam Rupiah) 5 – 10 tahun (dalam Rupiah) Lebih dari 10 tahun (dalam Rupiah)
Pegawai Personalia 2.845.493  2.864.622 – 2.936.119 4.398.820 – 4.657.768 > 4.758.043
Manajer Sumber Daya Manusia  6.100.291 6.381.074 – 7.224.922 7.503.251 – 8.822.775 > 9.064.235
BACA JUGA :  Gaji Upah Pedagang Keliling dan Asongan (Selain Makanan)

 
Fresh graduate dari jurusan Psikologi sangat cocok untuk mengisi posisi awal sebagai Staff personalia. Gaji yang didapat lumayan besar untuk ukuran fresh graduate. Seiring berjalannya waktu, apabila Anda diangkat menjadi manajer Personalia/SDM, Anda dapat mengantongi gaji Rp. 6.000.000 sampai Rp. 12.000.000
Angka yang cukup menarik bukan? Ketahui perkiraan gaji profesi – profesi lain dengan menggunakan fasilitas Cek Gaji dan jangan lupa membantu Bloghrd.com menyempurnakan hasil cek gaji yang lebih akurat dengan mengisi Survei Gaji.
Sumber :
Survei Gaji
 
 

 



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com