Apa Itu Aplikasi Pcare / Primary Care BPJS Kesehatan?

Primary Care BPJS Kesehatan adalah aplikasi yang dirancang untuk mendukung pelayanan kesehatan di tingkat pertama, terutama di FKTP. Aplikasi ini membantu dalam proses pendaftaran, penegakan diagnosis, pengobatan, dan manajemen data pasien.

Dengan penggunaan aplikasi ini, BPJS Kesehatan berharap dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS. Meskipun aplikasi ini hanya dapat digunakan oleh fasilitas kesehatan yang telah resmi mendaftar dan mendapatkan akses, manfaatnya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan adalah nyata.

Ke depannya, aplikasi ini dapat terus diperbarui dan ditingkatkan untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi peserta JKN-KIS dan petugas kesehatan di tingkat pertama. Dalam era teknologi informasi seperti sekarang, pemanfaatan aplikasi seperti Primary Care BPJS Kesehatan merupakan langkah positif dalam pengembangan sistem kesehatan nasional yang lebih efisien dan terjangkau.

Apa Itu Primary Care BPJS Kesehatan?

Primary Care BPJS Kesehatan adalah sebuah aplikasi yang dirancang oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Aplikasi ini berfungsi sebagai alat yang membantu dalam mengelola pelayanan pasien di tingkat pertama dalam sistem jaminan kesehatan nasional. Artikel ini akan mengulas lebih mendalam tentang aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan, termasuk penggunaannya, tujuan, dan manfaatnya.

Aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan: Memudahkan Pelayanan di Tingkat Pertama

Primary Care BPJS Kesehatan, atau sering disingkat sebagai Pcare BPJS Kesehatan, pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014. Aplikasi ini merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kesehatan di tingkat pertama.

BACA JUGA :  Kompensasi saat PHK – Hitung Uang Pesangon

Tingkat pertama dalam sistem kesehatan merujuk kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang meliputi puskesmas, klinik pratama, dokter keluarga, dan unit kesehatan lainnya yang menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan ini berbasis web, yang berarti pengguna harus terhubung ke internet untuk mengaksesnya. Untuk penggunaan yang lancar, dianjurkan memiliki koneksi internet dengan kecepatan minimal 512 kbps.

Tujuan Utama Primary Care BPJS Kesehatan

Aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan memiliki beberapa tujuan utama dalam penyediaan layanan kesehatan. Berikut adalah beberapa tujuan tersebut:

  1. Mempermudah Pendaftaran Pasien: Salah satu fitur utama aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mempermudah pendaftaran pasien di FKTP. Dengan menginput nomor kartu BPJS Kesehatan, seluruh data pasien akan muncul secara otomatis. Hal ini menghemat waktu dan mengurangi risiko kesalahan administrasi.
  2. Penegakan Diagnosis: Aplikasi ini membantu petugas kesehatan di FKTP dalam menegakkan diagnosis penyakit pasien. Informasi medis pasien dapat diakses dengan mudah, termasuk riwayat kunjungan sebelumnya.
  3. Terapi dan Pengobatan: Primary Care BPJS Kesehatan juga mendukung penanganan terapi dan pengobatan. Petugas kesehatan dapat mencatat informasi tentang jenis kunjungan, keluhan pemeriksaan fisik, dan tindakan medis yang diberikan.
  4. Pelayanan Laboratorium: Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengelola pelayanan laboratorium di FKTP. Hasil tes laboratorium pasien dapat dicatat dan diakses melalui aplikasi ini.

Penggunaan Primary Care BPJS Kesehatan

Penggunaan aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan tidaklah rumit, namun, ada beberapa tahapan yang perlu diikuti untuk mengakses aplikasi ini dengan benar:

  1. Login: Pertama, pengguna harus mengunjungi situs web resmi Primary Care BPJS Kesehatan. Di halaman tersebut, pengguna akan diminta untuk memasukkan username dan password yang diberikan oleh FKTP tempat mereka bekerja. Selain itu, pengguna juga harus mengisi captcha yang tersedia.
  2. Halaman Utama: Setelah berhasil login, pengguna akan diarahkan ke halaman utama aplikasi. Halaman ini berisi indeks mengenai pasien yang terdaftar.
  3. Entri Data: Pada halaman utama, pengguna memiliki dua opsi utama: pendaftaran dan pelayanan. Jika pengguna adalah pasien yang datang berobat, mereka harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Ini melibatkan pengisian beberapa informasi, seperti jenis kunjungan, keluhan pemeriksaan fisik, dan tekanan darah.
  4. Pelayanan: Setelah pendaftaran, pengguna dapat melanjutkan ke menu pelayanan. Di sini, pengguna diminta untuk mengisi informasi tambahan, seperti terapi dan diagnosis. Setelah semua data terisi, pengguna dapat menyimpannya.
  5. Melihat Data Pasien: Pengguna dapat mengakses data pasien yang sudah terdaftar, termasuk riwayat kunjungan, jumlah kunjungan, jenis kunjungan, dan penyakit terbanyak yang diderita pasien.
  6. Menu Tools: Aplikasi ini juga menyediakan menu “Tools” yang memungkinkan pengguna untuk mengubah password mereka. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses LUPIS BPJS untuk melihat dan mengedit jumlah pekerja di FKTP tempat mereka bekerja.
  7. Data Administrasi: Menu akun memungkinkan pengguna untuk mengakses data administrasi dan keluar dari aplikasi jika sudah selesai menggunakannya.
BACA JUGA :  Gaji Upah Pelebur dan Pencetak Inti Logam

Apa Itu FKTP?

Sebelum lebih jauh membahas tentang Primary Care BPJS Kesehatan, penting untuk memahami konsep FKTP. FKTP adalah singkatan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. FKTP memiliki peran sebagai “gatekeeper” dalam sistem jaminan kesehatan nasional, termasuk dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Peran utama FKTP adalah menangani diagnosis penyakit yang lebih sederhana dan umum. FKTP mencakup puskesmas, klinik pratama, dokter keluarga, dan unit kesehatan lainnya yang berperan sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat. FKTP dapat menangani 144 diagnosis penyakit yang umumnya dapat ditangani dengan baik di tingkat pertama.

Jika seorang peserta JKN-KIS memerlukan perawatan yang lebih kompleks atau spesialis, FKTP akan merujuk pasien tersebut ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Di FKRTL, pasien akan mendapatkan penanganan yang lebih komprehensif sesuai dengan kebutuhan medisnya. BPJS Kesehatan akan menanggung biaya pengobatan di FKRTL dengan catatan pasien mengikuti prosedur yang berlaku dan tindakan medis didasarkan pada indikasi medis yang jelas.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi PCare BPJS Kesehatan

Penggunaan aplikasi PCare BPJS Kesehatan memiliki beberapa keuntungan yang signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat utama menggunakan aplikasi ini:

  1. Pendaftaran Cepat dan Akurat: Aplikasi ini memungkinkan pendaftaran pasien menjadi cepat, mudah, tepat, dan akurat. Dengan memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan, seluruh data pasien akan muncul dengan cepat dan akurat di perangkat elektronik yang digunakan oleh petugas kesehatan.
  2. Manajemen Diagnosis yang Lebih Baik: Petugas kesehatan dapat dengan mudah mengelola diagnosis penyakit pasien karena data riwayat medis pasien dapat diakses dengan cepat. Hal ini memungkinkan penegakan diagnosis yang lebih akurat.
  3. Akses yang Mudah: Aplikasi ini dapat diakses di mana saja dan kapan saja selama terhubung dengan internet. Ini memungkinkan petugas kesehatan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pasien di berbagai lokasi.
  4. Rujukan yang Cepat: Jika seorang pasien membutuhkan perawatan lanjutan, aplikasi ini dapat membantu dalam menentukan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang sesuai dan sesegera mungkin.
  5. Penggunaan yang Mudah Dipahami: Aplikasi ini dirancang dengan antarmuka yang mudah dipahami, sehingga petugas kesehatan dapat dengan cepat menguasai penggunaannya.
  6. Integrasi Data Pasien: Data pasien terintegrasi dengan baik, yang memungkinkan petugas kesehatan untuk memberikan pengobatan atau tindakan medis yang sesuai dengan kebutuhan pasien.
BACA JUGA :  Tips untuk Sukses Wawancara Kerja

Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com