Strategi Perusahaan Genjot Produktivitas Karyawan saat WFH

Seperti apa strategi perusahaan genjot produktivitas karyawan saat WFH?

Berikut ini beberapa tips dari bloghrd.com yang dapat diaplikasikan oleh para pemimpin perusahaan untuk menaikkan produktivitas para pekerja di yang sedang menjalani WFH.

Sistem Work from Home (WFH) yang memungkinkan para karyawan untuk menunaikan segala pekerjaan yang diberikan oleh kantor di rumah saja sedang marak diaplikasikan oleh berbagai perusahaan.

WFH merupakan jalan keluar yang tepat untuk dilakukan di masa wabah Covid-19 sedang merebak saat ini atau pandemi lain yang mungkin terjadi nanti.

Selain menjamin kesehatan para pegawai, penerapan sistem WFH terhadap aktivitas bisnis di perkantoran juga menjadi bentuk dukungan para pemimpin perusahaan kepada pemerintah untuk menekan penyebaran virus mematikan tersebut.

Adopsi sistem WFH tentunya memunculkan kekhawatiran dari para pemimpin perusahaan.

Kekhawatiran paling utama dari sistem ini adalah lesunya produktivitas para karyawan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari rasa tidak nyaman hingga lingkungan dan fasilitas yang tidak mendukung karyawan untuk bekerja dengan optimal.

Setiap pemimpin perusahaan harus menemukan jalan untuk membakar semangat para pegawainya untuk tetap produktif, dan berpikir positif di masa pandemi saat ini.

Strategi Perusahaan Genjot Produktivitas Karyawan saat WFH

Strategi Perusahaan Genjot Produktivitas Karyawan saat WFH

Berikut ini, ada 4 tips strategi yang dapat diambil perusahaan untuk menaikkan moral para karyawannya yang sedang bekerja di rumah.

 Tingkatkan Interaksi Digital dengan Karyawan

Salah satu faktor yang membuat rasa tidak nyaman saat bekerja dari rumah adalah rendahnya interaksi yang terjadi dengan rekan kerja lainnya.

Di masa pandemi ini, para karyawan terpaksa berdiam diri di rumah untuk menjaga diri dari penularan virus Corona.

Semakin lama berada di rumah, tingkat kebosanan juga akan semakin tinggi, sehingga membuat para karyawan penat dan tidak dapat melaksanakan kewajiban pekerjaannya dengan optimal.

BACA JUGA :  5 Aplikasi Slip Gaji Online dengan Fitur Lengkap untuk UKM

Untuk menanggulangi hal tersebut, divisi HR dan pemimpin di perusahaan harus berinisiatif untuk meningkatkan interaksi dengan karyawan mereka melalui teknologi.

Setiap manajer dan team leader perlu menjadwalkan pertemuan digital rutin dalam waktu yang ditentukan.

Cara ini akan membuat karyawan tidak merasa sendirian dalam bekerja sehingga dapat mengobati kebosanan yang mereka rasakan.

Jadwalkan Aktivitas Bersama

Tidak hanya terbatas pada meeting digital, para pemimpin perusahaan juga dapat mengagendakan kegiatan bersama dengan karyawan mereka melalui video conference call.

Beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan adalah senam digital bersama, bermain game online bersama, hingga kelas inspirasi.

Berbagai kegiatan seru tersebut dapat dijadwalkan oleh para manajer di setiap divisi dengan tujuan mempererat kerja sama sekaligus mengurangi tekanan yang dirasakan oleh para karyawan yang harus terkurung di rumah di masa pandemi.

Ukuran Kinerja yang Jelas & Insentif Tambahan

Ada baiknya bagi para staf HR untuk menyusun key performance indicator (KPI) yang telah disesuaikan dengan sistem WFH.

Kejelasan KPI yang telah disesuaikan untuk setiap tugas akan membuat para karyawan merasa lebih nyaman saat bekerja dari rumah.

Selain itu, perusahaan juga dapat memberikan insentif tambahan bagi para pekerjanya yang mampu menunjukan performa bagus meski harus bekerja dari rumah.

Dukungan berupa Partner Teknologi Terbaik

Fondasi dari sistem WFH adalah teknologi, mulai dari internet, perangkat elektronik, hingga software yang dipakai untuk pengumpulan dan analisa data bisnis.

Pastikan karyawan Anda nyaman dengan setiap teknologi yang dipakai saat WFH.

Dengan demikian, kinerja mereka akan tetap terjaga.


Leave a Reply

Your email address will not be published.