Aplikasi Bisnis Untuk Mengoptimalkan Program Work From Home

Apa saja aplikasi bisnis untuk mengoptimalkan program Work From Home? Simak di bloghrd.com disini.

Misalnya sistem HRIS dengan Absensi online menjadi salah satu hal yang dibutuhkan perusahaan untuk tetap dapat melakukan kontrol terhadap waktu kerja dan kehadiran karyawan pada perusahaan menerapkan work from home kepada karyawannya.

Secara umum, work from home dapat diartikan sebagai cara kerja karyawan yang memiliki fleksibilitas tinggi karena bekerja bisa dilakukan dimana saja dan tidak harus di kantor.

Namun, jika dikaitkan pada kebijakan social distancing atau PSBB dalam rangka menekan persebaran COVID-19 maka work from home merupakan kebijakan dimakan karyawan dapat mengerjakan pekerjaannya di dalam rumah agar dapat menghindari munculnya kerumunan.

Cara kerja karyawan dari sebelumnya di kantor dan kemudian berubah menjadi bekerja di rumah, tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Namun diatas kelebihan dan kekurangan tersebut, tim HR perusahaan harus dapat mengoptimalkan program work from home ini agar kinerja karyawan tetap dapat terjaga.

Kelebihan Program Work From Home

Aplikasi Bisnis Untuk Mengoptimalkan Program Work From Home

Cara kerja work from home memiliki beberapa kelebihan yaitu:

Work Life Balance

Program work from home memungkinkan karyawan untuk bekerja lebih fleksibel sehingga memungkinkan karyawan untuk meyeimbangkan antara kehiduapan kantor dan juga pekerjaan atau biasa disebut work life balance.

Karena pada dasarnya, tempat kerja dan waktu kerja karyawan dapat diatur sendiri sesuai dengan kebutuhannya, meskipun begitu tim HR harus tetap dapat melakukan kontrol terhadap waktu kerja karyawan melalui aplikasi bisnis dengan fitur absensi online.

Menurunkan Biaya Operasional Kantor

Kelebihan lain dari work from home bagi perusahaan adalah menurunnya biaya operasional, hal ini dikarenakan perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kebutuhan operasional gedung seperti listrik maupun internet sehingga biaya operasional kantor dapat menurun.

BACA JUGA :  Manfaat Mengelola Manajemen Administrasi Karyawan Dengan Bantuan Teknologi

Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Stres kerja merupakan suatu kondisi ketidakseimbangan psikis dan fisik yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja karyawan, sedangkan produktivitas karyawan merupakan faktor penting peningkatan pendapatan perusahaan.

Cara kerja work from home dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja karyawan karena dapat meminimalisir faktor penyebab stres yang salah satunya adalah kemacetan di jalan.

Kekurangan Program Work From Home

Selain kelebihan cara program work from home, program ini juga memiliki kekurangan yaitu sulitnya melakukan monitoring pekerjaan karyawan.

Memonitoring pekerjaan karyawan dalam program work from home tentu lebih sulit dibandingkan melakukannya saat karyawan bekerja di kantor.

Meski begitu, hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan memanfaatkan beberapa aplikasi online yang memungkinkan pekerja dan perusahaan mengoptimalkan program work from home tersebut.

Aplikasi Bisnis Untuk Mengoptimalkan Program Work From Home Untuk dapat mengoptimalkan program work from home ada beberapa aplikasi bisnis yang bisa digunakan, seperti:

Aplikasi Bisnis Tim HR Modern

Ada banyak Software HR berbasis cloud di Indonesia yang bertujuan untuk menjadi solusi dari masalah-masalah perusahaan dalam hal administrasi HR seperti absensi online, permintaan cuti, lembur, reimbursement, dan payroll.

Karena aplikasi modern ini berbasis cloud maka aplikasi ini dapat diakses dimana saja untuk memudahkan tim HR dalam melakukan administrasi meskipun sedang tidak berada di kantor.

Perangkat Kolaborasi Perusahaan: G Suite

G Suite merupakan aplikasi bisnis gabungan beberapa produk milik Google seperti email, pembuatan dokumen, presentasi, pengelolaan dan penyimpanan data, dan banyak lagi yang berbasis cloud sehingga dapat diakses dimana saja dan memudahkan kolaborasi antar karyawan dalam melakukan suatu pekerjaan.

Aplikasi Pembayaran Pajak Online

Aplikasi pajak online yang terpercaya karena telah terdaftar sebagai Application Service Provider (ASP) resmi dari Direktorat Jenderal Pajak bisa bantu permudah mengurus perpajakan perusahaan Anda.

BACA JUGA :  7 Rekomendasi Aplikasi Jadwal Kerja Shift Terbaik Gratis Ataupun Berbayar!

Karena persebaran COVID-19 serta demi mengoptimalkan program work from home perusahaan dan karyawan harus tetap menjalankan kewajiban seperti membayar pajak yang saat ini dapat dilakukan secara online.

Fitur Absensi Online Pada Aplikasi Bisnis Yang Bisa Mengoptimalkan Program Work From Home

Data kehadiran karyawan merupakan data yang penting yang harus dikumpulkan tim HR setiap bulannya, data ini dapat digunakan sebagai acuan perhitungan payroll, lembur, dan jatah cuti setiap karyawan.

Untuk dapat mengoptimalkan program work from home, berikut merupakan fitur yang harus dimiliki aplikasi bisnis software HR untuk dapat melakukan absensi online:

Fitur Absensi Mobile Pada Aplikasi Bisnis

Untuk mengoptimalkan program work from home, fitur absensi online pertama yang harus dimiliki software HR adalah fitur absensi mobile berbasis GPS yang disertai dengan fitur selfie.

Sehingga tim HR dapat memonitor keterlambatan, jam istirahat, dan ketidakhadiran karyawan meskipun sedang menjalankan program WFH.

Fitur Pengelolaan Jam Kerja Untuk Karyawan Shifting

Dengan fitur pengelolaan jam kerja, tim HR dapat menetapkan aturan jadwal kerja untuk setiap karyawan khususnya pada perusahaan yang menerapkan shifting pada jam kerja karyawannya.

Fitur Rekapitulasi Absensi Dengan Payroll Pada Aplikasi Bisnis

Fitur yang sangat penting bagi tim HR dalam mengoptimalkan program work from home yang harus dimiliki software HR adalah fitur rekapitulasi absensi dengan payroll.

Karena tim HR membutuhkan laporan bulanan kehadiran setiap karyawan untuk kemudian terintegrasi dengan payroll secara otomatis.

Ketiga fitur tersebut dapat ditemukan pada aplikasi bisnis HRIS modern yang hadir dengan berbagai solusi HR.


Leave a Reply

Your email address will not be published.