Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah Di 2024

Mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan merupakan hal yang penting bagi setiap peserta program jaminan sosial ini. Salah satu komponen penting dari BPJS Ketenagakerjaan adalah Jaminan Hari Tua (JHT). Jaminan Hari Tua ini merupakan dana tabungan yang akan diberikan kepada peserta pada saat mencapai usia pensiun atau dalam situasi tertentu. Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, mari pahami lebih dalam mengenai apa itu Jaminan Hari Tua.

Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan

Jaminan Hari Tua (JHT) adalah salah satu program jaminan sosial yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan. Program ini memberikan jaminan kepada peserta yang telah mencapai usia pensiun atau dalam keadaan tertentu, seperti pensiun dini, cacat total, atau meninggal dunia. Dana Jaminan Hari Tua berasal dari iuran bulanan yang dibayarkan oleh peserta dan juga oleh perusahaan tempat peserta bekerja.

Iuran Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan dibagi menjadi dua bagian:

  1. Iuran dari Pekerja: Sebesar 2% dari upah atau gaji peserta akan dipotong setiap bulan dan menjadi kontribusi peserta sendiri.
  2. Iuran dari Perusahaan: Sebesar 3,7% dari upah atau gaji peserta akan ditanggung oleh perusahaan. Ini merupakan salah satu komponen dari perhitungan PPh 21 yang dilakukan oleh staf HR perusahaan.

Perlu dicatat bahwa untuk peserta yang bukan penerima upah, seperti pekerja mandiri atau pebisnis tanpa badan usaha, besaran iuran berdasarkan pada nominal tertentu dan dipilih sesuai dengan penghasilan masing-masing. Begitu juga untuk pekerja migran Indonesia, besaran iuran JHT berbeda-beda.

Setelah mengetahui apa itu Jaminan Hari Tua dan bagaimana perhitungan iurannya, selanjutnya kita akan membahas cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah langkah penting untuk memantau dana Jaminan Hari Tua Anda. Ada beberapa cara yang dapat Anda pilih untuk melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Berikut adalah tiga cara terkini yang dapat Anda gunakan:

1. Melalui Aplikasi BPJSTKU

Aplikasi BPJSTKU merupakan aplikasi resmi yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk memudahkan peserta dalam mengakses informasi terkait dengan program Jaminan Hari Tua dan program lainnya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Download dan Install Aplikasi: Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi BPJSTKU. Aplikasi ini tersedia di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Pastikan Anda mengunduh aplikasi yang resmi.
  • Buat Akun: Setelah berhasil menginstal aplikasi, buka aplikasi tersebut dan Anda akan diarahkan untuk membuat akun BPJS Ketenagakerjaan. Anda perlu menyediakan alamat email yang aktif dan membuat PIN yang akan digunakan untuk login.
  • Login ke Akun: Setelah akun dibuat, login ke akun Anda dengan menggunakan email dan PIN yang telah Anda buat sebelumnya.
  • Lihat Saldo JHT: Setelah berhasil login, Anda akan melihat beberapa menu dalam aplikasi BPJSTKU. Pilih menu ‘Lihat Saldo’, dan Anda akan dapat melihat rincian saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Anda.
BACA JUGA :  8 Menteri Perempuan Di Kabinet Kerja Jokowi - JK

Aplikasi BPJSTKU ini memudahkan peserta untuk memantau saldo JHT mereka secara berkala. Selain itu, Anda juga dapat mengakses informasi lainnya terkait dengan program BPJS Ketenagakerjaan.

2. Melalui Situs Online Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Selain melalui aplikasi, Anda juga dapat memeriksa saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Mendaftarkan Akun: Langkah pertama adalah mendaftarkan akun Anda di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Kunjungi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs untuk mendaftarkan akun terlebih dahulu.
  • Isi Form Pendaftaran: Anda akan menemukan ‘Form Pendaftaran Pengguna’ dengan dua kolom yang perlu diisi. Pada kolom ‘Segmen’, pilih ‘Penerima Upah (PU)’, dan masukkan email Anda pada kolom ‘Email’. Pastikan untuk mencantumkan email aktif. Lalu, klik ‘Kirim’.
  • Verifikasi Akun: Anda akan menerima email berisikan kode aktivasi akun. Masukkan kode aktivasi pada halaman verifikasi akun. Lalu klik ‘Verifikasi’.
  • Isi Informasi Data Pengguna: Selanjutnya, isi ‘Informasi Data Pengguna’ dengan identitas diri Anda yang sebenarnya dan nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) milik Anda. Setelah melengkapi semua kolom dengan benar, klik ‘Kirim’.
  • Login ke Akun: Setelah berhasil melakukan registrasi, kembali ke situs yang sama untuk login. Masukkan alamat email dan PIN yang telah didaftarkan, kemudian pilih ‘Login’.
  • Lihat Saldo JHT: Setelah login, Anda akan melihat beberapa pilihan menu pada layar PC atau laptop Anda. Pilih menu ‘Lihat Saldo JHT’, dan Anda akan dapat melihat rincian saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat mengakses informasi saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Pastikan bahwa Anda telah mendaftarkan akun dengan benar dan menjaga kerahasiaan email dan PIN Anda.

3. Mengunjungi Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Terdekat

Selain menggunakan cara online yang telah dijelaskan di atas, peserta BPJS Ketenagakerjaan juga dapat mengecek saldo JHT mereka dengan cara offline, yaitu dengan mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Berikut adalah langkah-langkah Cek Saldo ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan:

  • Persiapkan Dokumen: Sebelum pergi mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, pastikan Anda telah mempersiapkan sejumlah dokumen yang diperlukan. Dokumen yang biasanya diminta termasuk Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda.
  • Kunjungi Kantor Cabang: Temukan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan lokasi Anda dan kunjungi kantor tersebut.
  • Ajukan Permintaan untuk Cek Saldo: Saat Anda tiba di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, cari petugas yang bertugas dan sampaikan tujuan kedatangan Anda, yaitu untuk melakukan pengecekan saldo Kartu Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan.
  • Serahkan Dokumen: Petugas kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan akan meminta Anda untuk menyerahkan dokumen yang diperlukan, seperti KTP dan Kartu BPJS Ketenagakerjaan. Pastikan Anda memberikan dokumen yang valid.
  • Proses Permintaan: Setelah mendapatkan dokumen yang diperlukan, petugas kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan akan memproses permintaan Anda.
  • Menerima Hasil: Setelah proses selesai, petugas akan memberikan hasil berupa informasi saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Anda.
BACA JUGA :  Gaji Upah Teknisi dan Asisten Fisioterapi

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat melakukan pengecekan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan dengan mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Pastikan Anda membawa dokumen yang diperlukan dan memeriksa jam operasional kantor cabang sebelumnya.

4. Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan via Aplikasi JMO

Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) merupakan alat yang sangat berguna bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah mengecek saldo JHT. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan cek saldo JHT melalui aplikasi JMO:

  • Unduh Aplikasi JMO: Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi JMO pada smartphone Anda. Aplikasi ini tersedia di Play Store untuk pengguna Android dan di App Store untuk pengguna iOS. Setelah berhasil mengunduh, instal aplikasi tersebut di smartphone Anda.
  • Registrasi atau Login: Setelah menginstal aplikasi JMO, Anda perlu melakukan registrasi jika Anda belum memiliki akun. Jika sudah memiliki akun, cukup login menggunakan alamat email dan kata sandi yang telah Anda daftarkan sebelumnya.
  • Masuk ke Menu Jaminan Hari Tua (JHT): Setelah berhasil login, buka aplikasi JMO dan temukan menu “Jaminan Hari Tua” atau “JHT.”
  • Pilih Menu “Cek Saldo”: Setelah masuk ke menu JHT, cari opsi “Cek Saldo” dan pilihlah opsi ini.
  • Masukkan Nomor Kartu Peserta KPJ: Aplikasi akan meminta Anda memasukkan nomor Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan (KPJ) yang ingin Anda cek saldonya. Pastikan Anda memiliki nomor KPJ yang benar untuk melakukan pengecekan saldo.
  • Pilih KPJ yang Ingin Dilihat Saldo JHT-nya: Jika Anda memiliki lebih dari satu nomor KPJ terkait dengan berbagai pekerjaan atau perusahaan yang berbeda, Anda perlu memilih KPJ mana yang ingin Anda lihat saldo JHT-nya.
  • Tampilkan Saldo JHT: Setelah memilih nomor KPJ, aplikasi akan menampilkan saldo JHT secara detail beserta data lain yang relevan yang terkait dengan jaminan hari tua Anda.
BACA JUGA :  Contoh Kekurangan Gunakan Form Lembur Karyawan Manual

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengecek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Anda melalui aplikasi JMO. Aplikasi ini memudahkan peserta dalam mengakses informasi mengenai jaminan hari tua mereka.

5. Cek Saldo Melalui SMS

Selain melalui aplikasi dan portal resmi, peserta BPJS Ketenagakerjaan juga dapat melakukan pengecekan saldo JHT dengan mengirimkan SMS ke nomor 2757. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Aplikasi SMS: Buka aplikasi pesan teks (SMS) pada smartphone Anda.
  • Ketik Format SMS: Ketikkan format SMS berikut: Daftar(spasi)Saldo #Nomor KTP#Tanggal Lahir (DD-MM-YYYY)#Nomor Peserta#Email (jika ada). Misalnya, “Daftar Saldo #1234567890123456#01-01-1980#9876543210#[email protected]“.
  • Kirim SMS: Setelah mengetik format SMS dengan benar, kirimkan SMS tersebut ke nomor 2757.
  • Terdaftar dan Cek Saldo: Anda akan menerima SMS balasan yang berisi saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Anda setelah proses pendaftaran melalui SMS berhasil. Setelah itu, Anda dapat mengirimkan SMS dengan format “SALDO(spasi)nomor peserta” dan kirimkan ke 2757 untuk mengecek saldo JHT kapan saja.

Dengan cara ini, peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mungkin tidak memiliki akses internet atau smartphone dapat tetap melakukan pengecekan saldo JHT dengan mudah melalui SMS.

Kesimpulan: Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Sekarang Lebih Mudah

Mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, terutama saldo Jaminan Hari Tua (JHT), merupakan langkah penting untuk memantau dana yang akan Anda terima di masa pensiun nanti. Program Jaminan Hari Tua adalah salah satu program jaminan sosial yang memberikan jaminan kepada peserta yang telah mencapai usia pensiun atau dalam situasi tertentu.

Ada tiga cara yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan:

  1. Melalui Aplikasi BPJSTKU: Dengan mengunduh dan menggunakan aplikasi resmi BPJSTKU, Anda dapat dengan mudah memeriksa saldo JHT Anda.
  2. Melalui Situs Online Resmi BPJS Ketenagakerjaan: Anda juga dapat mengakses informasi saldo JHT melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan setelah mendaftarkan akun Anda.
  3. Mengunjungi Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Terdekat: Jika Anda lebih suka berinteraksi langsung dengan petugas BPJS, Anda dapat mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Pilihlah metode yang paling nyaman bagi Anda untuk memantau saldo JHT Anda. Ingatlah bahwa program Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu bentuk perlindungan sosial yang penting untuk masa depan keuangan Anda, sehingga penting untuk selalu mengawasi perkembangannya.

Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com