Gaji Upah Buruh Pertanian - bloghrd.com



Buruh pemungut hasil ladang pertanian adalah pekerja yang bertanggung jawab dalam melakukan tugas-tugas rutin dan sederhana dalam produksi hasil-hasil pertanian di ladang Indonesia. Mereka melakukan berbagai aktivitas seperti memanen buah-buahan, mengumpulkan kacang-kacangan, biji-bijian, serta memetik sayuran di ladang.

Tingkat pendidikan yang dimiliki oleh buruh pemungut hasil ladang pertanian adalah tidak terampil. Hal ini menunjukkan bahwa pekerjaan ini dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa membutuhkan kualifikasi pendidikan yang tinggi. Meskipun begitu, peran mereka dalam proses produksi hasil-hasil pertanian sangat penting dan tidak bisa dianggap remeh.

Dalam pekerjaan mereka, buruh pemungut hasil ladang pertanian dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

1. Buruh penuai/ pemungut hasil panen: Mereka bertanggung jawab dalam memanen hasil pertanian seperti padi, jagung, atau tanaman lainnya yang siap dipanen. Tugas mereka meliputi memotong tanaman, mengumpulkan hasil panen, dan menyusunnya dalam tumpukan atau keranjang.

2. Pembantu petani ladang: Mereka membantu petani dalam melakukan berbagai aktivitas di ladang, seperti membersihkan lahan, menyiangi gulma, atau menggemburkan tanah. Mereka juga dapat membantu dalam proses penanaman bibit tanaman.

3. Pembantu petani pohon dan semak belukar: Tugas mereka adalah merawat pohon dan semak belukar di ladang. Mereka melakukan pemangkasan, penyiraman, dan pemupukan untuk menjaga kesehatan tanaman.

4. Pemetik Sayuran: Pekerja ini bertugas memetik sayuran yang telah matang di ladang. Mereka harus cermat dalam memilih sayuran yang baik dan matang untuk dikumpulkan.

BACA JUGA :  Tanggung Jawab, Jobdesk / Job Desk & Tugas Staff Shopkeeper

5. Pemetik buah, pemetik kacang: Mereka bertugas memetik buah-buahan seperti apel, mangga, atau kacang-kacangan seperti kacang tanah. Mereka harus teliti dalam memilih buah atau kacang yang sudah matang agar kualitasnya tetap terjaga.

6. Pemetik hazelnut: Pekerja ini khusus bertugas memetik hazelnut, salah satu jenis kacang yang banyak digunakan dalam industri makanan dan minuman. Hazelnut biasanya digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan cokelat, selai, atau minuman kopi.

Tugas-tugas buruh pemungut hasil ladang pertanian ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Mereka harus memastikan bahwa hasil pertanian yang mereka kumpulkan dalam kondisi yang baik dan berkualitas. Selain itu, mereka juga harus bekerja dengan efisien dan cepat agar produksi pertanian tidak terhambat.

Meskipun pekerjaan ini tergolong sederhana, namun buruh pemungut hasil ladang pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga ketahanan pangan di Indonesia. Tanpa mereka, proses produksi pertanian tidak dapat berjalan dengan lancar dan hasil pertanian tidak dapat dinikmati oleh masyarakat.

Dalam hal gaji, Anda dapat melakukan pengecekan untuk mengetahui besaran gaji yang diterima oleh buruh pemungut hasil ladang pertanian. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang mungkin Anda ingin cek gajinya:

1. Buruh penuai/ pemungut hasil panen
2. Pembantu petani ladang
3. Pembantu petani pohon dan semak belukar
4. Pemetik Sayuran
5. Pemetik buah, pemetik kacang
6. Pemetik hazelnut

Dengan melakukan pengecekan gaji, Anda akan mendapatkan informasi yang akurat mengenai besaran upah yang diterima oleh para buruh pemungut hasil ladang pertanian. Hal ini dapat membantu Anda dalam menentukan kebijakan yang adil terkait dengan upah pekerja tersebut.

Dalam melakukan pengecekan gaji, pastikan Anda merujuk pada sumber yang terpercaya dan mengikuti aturan yang berlaku. Gaji buruh pemungut hasil ladang pertanian dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti wilayah, jenis pekerjaan, dan perusahaan tempat mereka bekerja.

BACA JUGA :  Gaji Upah Mekanik dan Tukang Reparasi Mesin Pertanian dan Industri

Sebagai kesimpulan, buruh pemungut hasil ladang pertanian adalah pekerja yang melakukan tugas-tugas rutin dan sederhana dalam produksi hasil-hasil pertanian di ladang Indonesia. Meskipun tingkat pendidikan mereka tidak terampil, peran mereka dalam proses produksi sangat penting. Dalam mencari informasi mengenai gaji buruh pemungut hasil ladang pertanian, pastikan Anda merujuk pada sumber yang terpercaya dan mengikuti aturan yang berlaku.



Ikuti terus bloghrd.com untuk mendapatkan informasi seputar HR, karir, info lowongan kerja, juga inspirasi terbaru terkait dunia kerja setiap harinya!


Putri Ayudhia

Putri Ayudhia

Putri Ayudhia adalah seorang penulis konten SEO dan blogger paruh waktu yang telah bekerja secara profesional selama lebih dari 7 tahun. Dia telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk menulis konten yang berkualitas, SEO-friendly, dan relevan dengan bidang HR dan Psikologi. Ayudhia memiliki pengetahuan yang kuat dalam SEO dan penulisan konten. Dia juga memiliki pengetahuan mendalam tentang HR dan Psikologi, yang membantu dia dalam menciptakan konten yang relevan dan berbobot. Dia memiliki keterampilan dalam melakukan riset pasar dan analisis, yang membantu dia dalam menciptakan strategi konten yang efektif.
https://bloghrd.com